Hal dan barang yang penting ketika traveling

Post

Traveling traveling waktunya traveling !

 

Traveling itu merupakan hal yang wajib nih bagi orang-orang yang butuh refreshing,karena dengan traveling kita tidak hanya menghilangkan penat dari rutinitas kerjaan tapi banyak manfaat yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.  Banyak hal yang saya temui ketika traveling ke tempat tertentu mulai dari situasi baru,adat istiadat baru dan peraturan baru. Ketika kita masuk ke suatu daerah otomatis kita harus mengikuti peraturan dan adat istiadat di tempat itu. Selain itu, ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika kita mempersiapkan perjalanan ke suatu tempat supaya perjalanan yang kita buat atau rencanakan tidak menjadi berantakan, nah saya akan berbagi pengalaman saya mengenai hal apa saja sih yang harus disiapkan dan dibawa untuk sebuah perjalanan.

MEMAHAMI TEMPAT TUJUAN
Sebelum kita memulai traveling ke suatu tempat kita harus memahami terlebih dahulu tempat yang akan kita kunjungi tersebut, seperti situasi,adat istiadat,atau destinasi wisata yang ada di tempat tersebut. Karena jika kita tidak memahami tempat wisata tersebut akan semakin kesulitan ketika melakukan traveling seperti belum terbiasanya berada di tempat tersebut.
untuk mengantisipasi hal tersebut saya biasanya mencari-cari info tentang tempat yang akan kita kunjungi melalui media internet,koran,ataupun bertanya kepada orang yang sudah pernah pergi ke tempat tersebut. Nah mungkin kalian juga bisa meniru hal ini.

fb_img_14878273505672042
Gambar sumber : amamosviajar.com

MEMPUNYAI RENCANA KEDUA
Rencana memang tidak akan selalu berjalan mulus,ketika kita merencanakan pergi ke suatu tempat tetapi ada hal yang mengharuskan kita mengubah rencana tersebut maka kita harus siap mengubahnya, bayangkan saja jika kita sudah memepersiapkan segalanya dengan baik bahkan kita sudah melakukan perjalanan ke tempat tersebut  tapi ketika diperjalanan kita mendapatkan informasi bahwa misalnya tempat tersebut sedang mengalami bencana,apakah kita akan melanjutkan perjalanan tersebut? Atau kah kita akan pulang begitu saja? Tentu hal ini sangat tidak diinginkan terjadi oleh seorang traveler maka dari itu kita diharuskan membuat rencana untuk memilih tujuan destinasi cadangan sebelum memulai perjalanan. Jangan seperti pengalaman saya ketika traveling ke daerah Bandung,waktu itu dikarenakan tidak sabar ingin cepat sampai sehingga saya tidak memikirkan hal-hal yang seperti ini. Hingga ketika saya berada di tengah perjalanan,saya mendapatkan info bahwa tempat yang saya tuju sedang tidak bisa di kunjungi. Kalau sudah seperti kejadian saya repot jadinya,dan hanya ada pilihan terakhir yaitu pulang. Semoga kalian bisa belajar dari pengalaman saya.

images-51
Gambar sumber : Luxuritour.us

PACKING BARANG YANG RAPIH DAN SEPERLUNYA
Tentunya ketika kita traveling sering membawa peralatan ataupun pakaian di koper atau ransel, maka sebelum perjalanan dimulai kita harus packing terlebih dahulu peralatan dan barang apa saja yang harus dibawa,jangan sampai kita membawa peralatan yang tidak perlu dibawa karena itu akan menambah beban barang bawaan kita,dan jangan lupa packing yang rapih supaya semakin terlihat traveler yang kece. Nah saya ada sedikit tips dalam packing barang bawaan untuk traveling, untuk membawa barang seperti handuk,jaket dan yang tebal tebal deh pokoknya sebaiknya disimpan dibagian paling bawah. Terus untuk pakaian ganti dan sejenisnya biasanya saya simpan di bagian tengah,kemudian untuk makanan saya simpan di bagian paling atas.

images-52
Gambar sumber : Lipanz.sk

Dari hal-hal hal yang saya sebutkan di atas,tentunya ini sangat penting dilakukan karena untuk mendapatkan perjalanan yang sesuai keinginan harus dipersiapkan beberapa hal sedemikian rupa. Bawa lah barang-barang yang diperlukan dan dianggap penting ketika traveling,jangan sampai membawa peralatan yang tak perlu.

saya sering traveling ke daerah daerah yang memiliki destinasi wisata tapi seringkali saya lupa membawa barang-barang yang menurut saya sangat penting ketika traveling. Oleh sebab itu ketika kita packing barang-barang bawaan harus sampai 2 kali karena ditakutkan ada barang yang tertinggal.
Menurut saya ada barang-barang yang memang sangat penting dibawa ketika traveling. Barang-barang apa saja sih yang wajib kita bawa saat traveling?

MEMBAWA HANDPHONE
hemmm sudah jelas ini barang yang sangat penting untuk dibawa ketika traveling. Handphone sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang, apapun keadaannya mau itu sedang disekolah, dirumah,dikamar,di mall,bahkan di wc pun orang bakal membawa handphone hehe apalagi ketika kita traveling duh jangan sampai lupa bawa deh karena handphone itu sangat penting untuk berkomunikasi bahkan bisa membantu ketika kita tersesat. Tinggal buka aplikasi maps beres ! Jujur saja saya orang yang sangat tergantung dengan handphone,untuk pergi kemanapun saya selalu membawa handphone karena  dengan membawa handphone akan mempermudah kita melakukan apa-apa juga. So, jadi jangan sampai ketinggalan barang yang satu ini.

Fungsi saat traveling :

  • Alat komunikasi
  • Berfungsi sebagai peta
  • Untuk berfoto jika tidak ada kamera
unnamed-1
Handphone sumber : informtekno.com

MEMBAWA KAMERA
Barang yang wajib dibawa kedua yaitu kamera karena kebanyakan orang akan percaya dengan perjalanan kita jika ada bukti,jadi sangat penting untuk dibawa ketika traveling. Jelas lah ketika kita traveling pasti banyak spot spot indah untuk kita berpoto, jangan sampai melewatkan momen indah ketika kita traveling guys jadi kalo punya kamera baik itu kamera pocket,dslr,atau kamera handphone juga bisa jadi silahkan masukan barang ini kedalam daftar barang bawaanmu. Saya juga salah satu pecinta potografi dan selalu tertarik untuk mengambil gambar ketika mendapatkan spot indah untuk berpoto,jadi saya rasa kamera juga barang yang penting untuk dibawa.

Fungsi saat traveling :

  • Untuk mengabadikan momen dengan berfoto atau vidio
images-42
Kamera dslr sumber : Liputan6.com
Mengabadikan momen dengan sunset
momen ketika ada sunset
Membawa kamera saat traveling
Membawa kamera saat traveling

MEMBAWA OBAT-OBATAN
Tidak hanya gadget saja yang wajib dibawa ketika kita traveling guys, obat-obatan juga sangat penting khususnya bagi traveler yang punya penyakit nih, setidaknya ketika kita mengalami sakit akan lebih mudah mengobatinya karena telah membawa obat, jangan seperti kejadian saya ketika traveling tidak membawa obat dan saat itu saya sedang mempunyai penyakit alhasil harus pergi ke apotek terdekat dulu. Syukur-syukur kalau apotek nya dekat,kalau jauh kan repot sendiri kita.

Fungsi saat traveling :

  • Langkah pertama bila penyakit datang
images-44
Obat-obatan sumber : asiancancer.com

MEMBAWA SECURITY TRAVELING BELT

Untuk barang yang satu ini cocok untuk berjaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan seperti pencopetan, karena bukan tidak mungkin ketika kita traveling kejahatan itu selalu ada dimana-mana selagi ada kesempatan. ini pengalaman saya sendiri ketika traveling ke jogja,  mungkin nasib saya yang lagi apes waktu itu dompet saya kecopetan. Jadi belajar dari pengalaman saya sering membawa alat ini untuk pergi-pergian yang cukup lumayan jauh.Untuk jaga-jaga tidak ada salahnya membawa barang ini untuk menyimpang barang berharga seperti uang dan kartu atm.

Fungsi saat traveling :

  • Menyimpam barang berharga
  • Berjaga-jaga bila ada pencopet
  • Ikat pinggang
Security traveling belt sumber : kevincoofey.com
Security traveling belt sumber : kevincoffey.com

MEMBAWA KACAMATA HITAM
Traveler yang kece wajib bawa barang ini nih, selain supaya tidak silau ketika panas matahari kacamata hitam ini juga bisa membuat traveler semakin ganteng dan kece nih. Saya sering merasa lebih percaya diri ketika menggunakan kacamata hitam saat traveling, karena merasa sangat kece saja.

Fungsi saat traveling :

  • Supaya tidak silau
  • Biar tampil keren dan kece
images-39
Kaca mata hitam sumber : id.aliexpress.com
Pakai kacamata biar kece
Pakai kacamata biar kece

MEMBAWA KARTU ATM
kalo yang satu ini hemmm super super wajib deh hihi. Ini merupakan sumber kehidupan manusia ya jadi jangan sampai lupa membawanya hehe tapi tentunya Atm yang saldo nya tebel ya kalo yang tipis buat apa dibawa hehe. Saya tidak pernah membawa uang tunai ketika traveling kecuali hanya membawa uang recean untuk sekedar kebutuhan.Jadi saya lebih baik membawa kartu Atm nya saja, selain lebih praktis dibawa juga saya lebih mudah melakukan pembayaran mau itu di mall atau pun restoran karena sekarang sangat banyak atm atm di seluruh indonesia jadi saya menyarankan untuk para traveler jangan lupa membawanya ya.

Fungsi saat traveling :

  • Untuk melakukan pembayaran
images-40
Kartu atm sumber : technoaiti.com

MEMBAWA RANSEL YANG NYAMAN
Ransel sangat diperlukan dalam hal traveling karena semua barang bawaan kita akan dimasukan kedalam ransel. Tentunya nyaman dan tidaknya perjalanan tergantung ransel yang kita bawa. Saya termasuk orang yang paling ribet dalam memilih ransel untuk traveling karena jika ranselnya tidak nyaman ini akan membuat punggung kita sakit.so, jadi bawalah ransel yang nyaman.

Fungsi saat traveling :

  • Membawa barang bawaan
  • Nyaman saat dibawa
images-41
Ransel yang nyaman sumber : lazada
Ransel nyaman perjalanan akan nyaman
Ransel nyaman perjalanan akan nyaman
Ransel nyaman saat traveling
Ransel nyaman saat traveling

MEMBAWA TRAVEL VACUUM BAG
Disadari atau tidak ketika kita traveling sering kali dalam isi ransel kita berasa semakin bertambah, terutama dalam hal pakaian. Ini dikarenakan kebanyakan traveler memisahkan antara barang yang kotor dan bersih dalam dua tas, ini tentunya akan menambah beban barang bawaan kita. Makanya ketika traveling kita wajib membawa barang ini karena dapat dipakai untuk memisahkan pakaian kotor dan bersih, untuk membawa pakaian basah pun bisa karena barang ini kedap air ko.Jangan seperti kejadian saya ketika traveling ke tempat untuk berenang, saat itu saya tidak membawa travel vacum bag jadi semua pakaian yang saya gunakan untuk berenang terpaksa dipisahkan dengan pakaian lain.Otomatis barang bawaan saya jadi bertambah karena pakaian basah dipisahkan.Jadi bawalah travel vacuum bag.

Fungsi saat traveling :

  • Untuk penyimpanan baju basah
  • Bisa untuk menyimpan makanan
images-38
Vacuum bag sumber : Realtranslatorjobs.com

MEMBAWA BUKU
Selain mengabadikan momen menggunakan kamera, kita juga bisa mengabadikan peristiwa peristiwa ketika perjalanan dengan mencatatnya dalam sebuah buku. Ini akan menjadi sebuah cerita yang sangat unik ketika kita mencatatnya dalam sebuah buku karena semua hal yang kita alami sepanjang perjalanan tidak akan terlupakan begitu saja namun akan tertulis indah di atas sebuah kertas. Itu pun yang saya lakukan ketika melakukan traveling saat ke danau kelimutu Nusa Tenggara Timur, saya mencatat semua hal mulai dari saya berangkat,ketika perjalanan dan setelah sampai di tujuan. Siapa tau catatan yang saya buat akan saya ceritakan kembali kepada anak-anak saya kelak.selain untuk mencatat hal-hal yang menarik juga kita bisa mengirimkn salam untuk teman,keluarga ataupun komunitas kita dengan menuliskan namanya di sebuah kertas lalu di foto dengan background yang menarik,ini yang sering saya lakukan kalau lagi traveling.

Fungsi saat traveling :

  • Mencatat hal unik
  • Media untuk salam salam
images-43
Buku catatan sumber : pixabay.com
Nitip salam ketika di NTT
Nitip salam ketika di NTT
Nitip salam ketika ada sunset
Nitip salam ketika ada sunset

10. POWERBANK
Tentu saja barang ini wajib dibawa khususnya bagi traveler yang membawa handphone, ketika handphone sudah lowbatt tidak ada yang bisa dilakukan, Hubungan dengan keluarga dirumah terputus, peta perjalanan terputus momen indah pun akan hilang jika tidak diabadikan dengan kamera handphone. Listrik menurut saya sudah menjadi kebutuhan pokok,begitu pula dengan power bank menurut saya adalah nyawa kedua untuk handphone kita. Jadi untuk para traveler yang membawa handphone Jangan lupa bawa barang yang ini juga ya !

Fungsi saat traveling :

  • Penyimpan listrik kedua untuk handphone kita
  • Sebagai lampu senter bila malam
201508191555013425
Power bank sumber : DHgate.com

Itu tadi barang-barang yang menurut saya wajib dibawa ketika traveling, Perjalanan kita akan sempurna dan menyenangkan ketika semuanya berjalan dengan lancar. Jadi jangan sampai lupa membawa barang-barang diatas ya karena sangat berguna ketika kita traveling.

Tapi dari semua barang yang menurut saya penting untuk dibawa ketika traveling, ada satu barang yang sangat wajib untuk dibawa kemana pun kita pergi termasuk traveling. Nah barang apa sih yang sampai sangat wajib harus dibawa itu.?

KARTU IDENTITAS DIRI

Kartu Identitas Diri
Kartu Identitas Diri

Yapps kartu identitas diri, kenapa harus sampai sangat penting karena mengingat sebuah identitas diri sangatlah dibutuhkan untuk semua orang. Tidak hanya orang yang traveling tapi semuanya juga perlu identitas diri sebagai salah satu tanda pengenal orang itu. Apalagi seorang traveler yang terbiasa pergi jauh keluar daerah yang sangat membutuhkan identitas diri. Identitas diri itu bermacam-macam bisa itu KTP,Kartu Pelajar bagi siswa, ataupun kartu keanggotaan suatu organisasi. Kalau saya sih lebih sering membawa ktp kemana-mana termasuk traveling karena ktp itu tanda pengenal diri yang di akui negara bahwa pemegang ktp tersebut adalah warga negaranya. Banyak sekali manfaat membawa ktp saat traveling, diantaranya :

  • Sebagai alat untuk melakukan registrasi, seorang traveler biasanya sering melakukan registrasi untuk berbagai keperluan misalnya check in ketika mau menginap ataupun ketika kita memesan sebuah tiket perjalanan. Ini tentunya sangat penting karena biasanya ketika melakukan sebuah registrasi yang paling sering di tanyakan adalah tanda pengenal yaitu ktp.
  • Ktp sangat penting ketika ada hal yang tidak diinginkan, tentu saja kita tidak mau hal tersebut terjadi pada diri kita. Tapi ketika hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi pada diri kita misalkan kecelakaan, orang lain yang akan membantu kita akan mudah mengenali kita karena ada tanda pengenal diri milik kita. Tapi ya semoga saja ketika kita traveling dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut.
  • Ktp di akui secara internasional, tidak hanya di indonesia saja sebuah ktp juga di akui dan berguna ketika kita pergi ke luar negeri. Ini tentunya hal yang sangat berguna bagi traveler yang mungkin memilih destinasi wisata yang ada di luar negeri.
  • Ktp diperlukan dalam perijinan, misalkan seorang traveler yang sedang dalam perjalanan dan terpaksa harus menginap dan mendirikan tenda di suatu tempat. Nah ktp ini sangat diperkukan untuk meminta perijinan kepada pihak setempat.

Mengingat sangat pentingnya sebuah identitas diri, oleh karena itu saya menyarankan kepada para traveler untuk senantiasa membawa barang yang satu ini. Terutama bagi traveler yang mau traveling ke pulau dewata Bali, di Bali semua pendatang  wajib mempunyai ktp yang masih berlaku, sedikit pengalaman saya ketika traveling ke Bali, di Bali khususnya di pintu masuk ke Bali semua pendatang baru wajib menunjukan kartu identitasnya termasuk saya.Beruntung waktu itu saya membawa ktp tersebut,tapi sayang sekali waktu itu teman saya ktp nya sudah mati (habis masa berlaku) dan pas pemeriksaan di pos, teman saya dipaksa untuk kembali pulang ke tempat asalnya. Saya berfikir sangat ketat sekali di daerah bali sehingga orang yang tidak membawa ktp harus dipakasa pulang.

Nah para traveler sudah tau kan betapa pentingnya sebuah identitas diri termasuk ktp dalam melakukan traveling,jadi jangan sampai lupa membawa identitas diri ya. Tidak lupa juga untuk membawa barang-barang yang saya sebutkan di atas,traveling itu sangat menyenangkan tapi akan lebih menyenangkan jika semua hal dan barang-barang kita persiapkan dengan sedemikian rupa sehingga akan melancarkan traveling kita. Itu tadi cerita tentang hal dan barang-barang apa saja yang penting ketika traveling, semuanya dikarenakan  pembelajaran saya dari pengalaman yang terjadi ketika traveling yang mengharuskan saya memperhatikan beberapa hal dan barang bawaan supaya perjalanan menjadi lancar.

Semoga Bermanfaat !

 

Ini foto saya ketika traveling :

img_7697 img_20170126_074545

keli

Apa kata heroes lainnya?

You must be logged in to post a comment.