24 Jam Menikmati Kuliner Bogor

Kamu suka kulineran? Rasanya memang kurang afdol kalau ke suatu kawasan belum menikmati kuliner setempat. Tulisan kali ini akan mengajak kalian semua nih, khususnya yang suka banget makan, untuk menikmati enak dan serunya kuliner Bogor.

Iya, Bogor. Gak jauh, kan? Kalau dari Jakarta, kamu bisa mengendarai mobil pribadi selama satu hingga 2 jam, atau kereta yang menuju ke arah Bogor. Gak ada salahnya kok, refreshing sejenak dari kepenatan Ibu Kota menuju Kota Hujan, Bogor. Ke Bogor tanpa kulineran? Hmm, siap-siap nyesal, deh!

 

Doclang

Bagi kamu yang tidak tinggal di Bogor pasti bertanya-tanya makanan apa ya ini? Doclang itu enak banget dinikmati saat sarapan. Kuliner Bogor satu ini merupakan potongan lontong yang khas dibungkus dengan daun patat, ditambah tahu goreng, kentang rebus dan telur rebus kemudian diguyur bumbu kacang manis. Taburan bawang goreng dan kerupuk menjadi pelengkap penyempurna. Memang sih bentuknya agak mirip ketoprak, tapi kamu gak akan menemukan tauge dan bihun di doclang. Bagaimana, kamu tertarik untuk menikmati doclang? Tenang, doclang bisa dengan mudah ditemui di jalan-jalan besar kota Bogor, kok.

Doclang, kuliner Bogor ini enak banget dinikmati saat sarapan. Yummy! Sumber: www.bogor.net

Bapatong

Ada yang tahu bapatong itu apa? Pasti yang menjawab “ya” adalah anak-anak Bogor, tuh! Yup, bapatong itu merupakan salah satu kuliner yang cukup unik dari kota Bogor. Bapatong adalah singkatan dari bakso kupat gentong. Bagi kamu yang suka sama bakso, siap-siap akan dibuat ketagihan dengan kuliner satu ini. Bapatong memang beda dari bakso pada umumnya nih, di sini kamu akan disuguhi potongan dadu ketupat dan potongan dadu iga sapi yang enak banget! Ditambah kaldu sapi, mie kuning, bihun, bakso, dan pangsit yang makin memperlezat kuliner satu ini. Bapatong bisa jadi menu makan siang nih kalau kamu ingin mencicipi makanan yang agak beda, dan tetap lezat tentunya.

Bapatong, salah satu kuliner khas Bogor yang benar-benar yummy! (Sumber: www.cimanggubogor.com)

Asinan Jagung Bakar

Asinan Bogor? Hmm, kayaknya sudah biasa ya. Kalau asinan satu ini harus kamu cicipi jika berkunjung ke kota Bogor. Yup, asinan jagung bakar. What, jagung bakar dijadikan asinan? Memang bisa? Bisa dong! Kalau kamu pikir rasanya aneh, wah salah besar. Asinan jagung bakar bahkan banyak dicari para pelancong dari luar kota. Jagung yang sudah bakar lalu diberi siraman air cabai dan cuka kemudian diberi pula tambahan gula sehingga rasa asam, manis dan segar jadi satu. Penasaran? Wah, buruan deh ke kota Bogor untuk kulineran. Asinan jagung bakar ini memang cocok dinikmati untuk camilan siang nih. Segar banget!

Asinan jagung bakar khas Bogor ini memang enak banget dinikmati saat siang hari. Segar! (Sumber: www.travel.kompas.com)

Sate Sumsum dan Sate Ginjal

Mau makan malam yang beda tapi tetap lezat di Bogor? Yuk, makan sate sumsum dan sate ginjal aja! Kalau biasanya kamu menikmati hidangan sate dengan daging sapi atau daging sapi, kali ini kamu bisa menikmati kelezatan olahan sumsum dan ginjal dijadikan sate plus dengan sambal kacang yang menggoda. Sate sumsum di Bogor ini kamu bisa memiliih bagian sumsum apa yang ingin dinikmati, ada sumsum tulang belakang atau sumsum kaki. Selain itu, harganya juga tidak terlalu mahal untuk hidangan makan malam di kota Bogor. Nasi hangat, plus 10 tusuk sate sumsum dan sate ginjal plus secangkir teh hangat, wah nikmat apa lagi yang kau dustakan di kota kaya akan kuliner ini?

Sate sumsum dan sate ginjal yang pas untuk menu makan malam di kota Bogor (Sumber: www.travel.kompas.com)

Sop Duren

Masih kurang puas jajan di kota satu ini? Memang sebelum tidur atau pulang dari Kota Hujan ini asyiknya ngemil yang segar-segar dan manis nih. Apalagi kalau bukan sop duren yang banyak bertebaran di kota Bogor. Sop duren di sini bisa kamu nikmati beberapa jam setelah makan malam. Bagi kamu pecinta durian, jangan sampai ketinggalan ya untuk mencicipi sop duren khas Bogor. Ada rasa original, ada pula dengan tambahan berbagai macam topping nih seperti  Sop Durian Ketan Hitam, Sop Durian Anggur, Sop Durian Oreo dan Sop Durian Regal. Yummy!

Sop duren salah satu camilan wajib nan lezat yang harus dicicipi di Bogor (Sumber: www.tribunnews.com)

Bogor masih menyimpan banyak kuliner lainnya yang memang gak kalah lezat. Oleh karena itu, tidak heran Bogor adalah salah satu kota besar di Indonesia yang ramai dikunjungi oleh pelancong karena destinasi wisatanya dan tentu saja karena kekayaan kulinernya. So, setelah kamu seharian berada di Bogor kayaknya memang harus diakui deh kalau kuliner Indonesia itu tidak kalah dengan negara-negara di lluar. Oh iya, ini baru kuliner Bogor lho, belum tempat-tempat lain di Indonesia yang juga memiliki kuliner yang tak kalah lezatnya. Negeri kita benar-benar kaya ya, kawan?

Educating the mind without educating the heart is no education at all.

Leave a Reply