Ada Apa di Padang, Sumatera Barat?

Ada apa hayo?

Perjalanan ke Padang kali pertamanya disengaja dan disebabkan oleh perhelatan pernikahan keluarga suami yang memiliki darah Minang. Tujuan utama ke sana memang untuk pernikahan, tapi kita memiliki 2 hari free time buat mengintip beberapa tempat pariwisata yang ditawarkan oleh Negeri Minang ini.

 

KULINER

Martabak Kubang

Iya, ini deket hotel banget, jadi nyicipin yang namanya Martabak Kubang langsung di Padang. Rasa Martabak Mesir-nya lumayan aduhai. Tempat ini juga menyediakan berbagai makanan mulai dari Soto Padang sampai Nasgor (makanan standar orang bingung).  Martabak Kubang ini adanya di Jl. S. Parman, dekat Hotel Pangeran Beach. 

Martabak Mesir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sate Inyiak Datuak

Sebenernya agak kaget ngicipin Sate Padang kok dagingnya rasanya manis pleeeus bumbu sate yang nggak pedes kayak di SatPad di Jakarta. Pertama coba Sate Padang daging manis itu pas di acara pernikahan dan free flow! Nah, waktu mampir Bukittinggi, diajaklah kita mampir di Sate Inyiak Datuak di Jl. Pakan Kamih, Bateh Kota, Sawah Dangka, Gadut, Tilatang Kamang, Kota Bukittinggi (alamatnya ambil dari Gugel nih).

Sate Padang Inyiak Datuak

KULTUR DAN NATUR

Air Terjun Lembah Anai

Hujan seharian bikin rombongan kita telat berangkat untuk mengunjungi beberapa tempat pariwisata di Padang. Perjalanan mengarah ke Utara menuju Istana Pagaruyung.

Sembari berjalanan, kita melewati Air Terjun Lembah Anai, sayangnya nggak sempat turun untuk menghemat waktu. Lumayanlah buka kaca mobil (sounds alay yeah) kecipratan air-air sedikit.

Source: http://fkp.umk.edu.my/

Nagari Tuo Pariangan

Desa ini dijuluki Desa Terindah di Indonesia. Heran? Iya saya heran, karena konteks “Indah” untuk saya pribadi menjurus ke desa yang penuh dengan hal-hal yang berbau kehijauan. Tapi ternyata desa ini adalah desa tertua yang masih menjaga nilai leluhurnya, dan bangunan rumahnya pun semuanya masih asli. Kita berkesempatan untuk istirahat dan beribadah di Masjid Tua Al Ishlah.

Nagari Tuo Pariangan

 

Masjid Al Ishlah
Masjid Al Ishlah

 

 

 

 

 

 

 

 

Yang menjadi keunikan tersendiri adalah toilet dan tempat wudhu. Sudah pasti bagian laki-laki dan perempuan dipisah, karena tempat wudhu dilengkapi dengan pemandian air hangat dan toilet yang cukup unik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cerita perjalanan Padang lanjut ke sini yaa:

Jelajah Tanah Minang, dari Istano Basa Pagaruyung hingga Jam Gadang

 

 

 

 

 

Leave a Reply