Banggai Laut, Surga Tersembunyi di Sulawesi Tengah.

Bagi banyak orang Banggai Laut mungkin terasa asing di telinga, begitu pun yang saya rasakan ketika pertama kali mendengar nama kabupaten di Sulawesi Tengah ini. Perihal tempat wisata di Sulawesi Tengah, Banggai Laut pun masih kalah pamor dengan Togean.

Untuk diketahui Banggai Laut merupakan kabupaten pecahan dari Banggai, jadi jangan heran ketika kamu di Sulawesi Tengah kamu akan mendengar banyak sekali kabupaten Banggai. Pertama dan yang besar adalah Kabupaten Banggai dengan ibu kota Luwuk. Lalu ada Kabupaten Banggai Kepulauan dengan ibu kota Salakan, dan terakhir ada Kabupaten Banggai Laut dengan ibu kota Banggai. Lalu apa yang spesial dari Banggai Laut?

Yang bisa saya sebutkan pertama kali adalah MURAH! Yup, untuk seorang backpacker, murah adalah kata kunci untuk kami memulai perjalanan.

Keindahan Banggai Laut yang luar biasa serta biaya perjalanan yang murah membuat saya  pantang untuk melewatkan kesempatan berkunjung ke kabupaten ini, walaupun waktu yang saya miliki terbatas, tetapi apa salah nya untuk tetap dicoba!

Pertama, untuk mencapai Banggai Laut, kamu dapat memulai perjalanan dari Palu, Luwuk atau Ampana, ketiga wilayah ini saat ini telah memiliki bandara dengan rute penerbangan dalam negeri. Paling dekat yang saya sarankan adalah Luwuk. Jika kamu start dari Luwuk maka kamu hanya perlu menyebrang dengan menggunakan kapal ferry yang berangkat setiap hari dari Luwuk menuju Banggai Laut.

Perjalanan menggunakan kapal ferry memakan waktu sekitar 8 jam dengan harga Rp.100.000,-, enaknya adalah kapal ferry menuju Banggai Laut berangkat di jam 9 malam, jadi kamu dapat beristirahat dan tidur di kapal Ferry dan bangun pukul 5 pagi di Banggai Laut, hal ini lumayan untuk menghemat  biaya penginapan hehehe.. Dan oh iya, di kapal ferry ini pun bukan kursi yang disediakan tetapi matras! Asal kamu bisa menyesuaikan diri dengan kerumunan orang dan ombak laut maka saya yakin tidur mu akan nyenyak selama perjalanan 😀

Sampai nya di Banggai Laut kamu bisa menggunakan angkutan Becak Motor (Bentor) yang siap mengantar kamu ke penginapan dan berkeliling kota Banggai. Dan dari pengalaman saya, hanya 1 penginapan yang orang-orang selalu tawarkan jika ke Banggai Laut yaitu Penginapan Batara. Dari pelabuhan kamu dapat menaiki Bentor ke penginapan Batara dengan tarif hanya Rp.5.000 (jika berani menawar) dan Rp.10.000 jika tawaran kamu tidak berhasil. Penginapan Batara pun menawarkan tipe-tipe kamar yang bervariasi mulai dari Rp.198.000 hingga Rp.350.000 dan semua nya gratis sarapan dan snack sore! Serta untuk memudahkan mobalisasi kamu selama di Banggai, kamu juga dapat menyewa sepeda motor dengan harga Rp.100.000 per hari.

Banggai Laut dikelilingi oleh ratusan pulau di sekitarnya. Kamu dapat memilih mau berkeliling pulau atau hanya sekedar menikmati pantai di sekeliling kota Banggai. Hampir di setiap penjuru mata angin, Barat, Timur, Selatan dan Utara dari Kota Banggai kita akan menemukan keindahan-keindahan pantai yang beragam.

Yang dekat dan memang menjadi tempat wisata bagi masyarakat Banggai adalah Pantai Pasir Putih. Hanya sekitar 20 menit menggunakan motor kita sudah dapat sampai di pantai ini. Yang menarik, walaupun nama nya Pantai Pasir Putih, sebenar nya pasir di pantai ini lebih berwarna pink dan cokelat. Di keliling tebing-tebing dan tidak perlu berenang jauh dari bibir pantai kamu sudah dapat bertemu ikan-ikan warna-warni dan terumbu karang yang memadati dasar laut di pantai ini. Untuk biaya masuk di pantai ini adalah GRATIS!

 Pantai Pasir Putih

(Pantai Pasir Putih)

Pantai Pasir Putih

(Pantai Pasir Putih)

Kemudian, jika sudah selesai berwisata bawah air di Pantai Pasir Putih kamu dapat melanjutkan perjalan ke Pantai Kelapa Lima, kira-kira hanya 15 menit dari Pantai Pasir Putih.

“Wow” adalah kata pertama yang saya ucapkan ketika memasuki Pantai Kelapa Lima. Berbeda dengan Pantai Pasir Putih yang memang merupakan tempat wisata, Pantai Kelapa Lima merupakan pantai yang sangat alami, tidak ada warung, atau bale-bale atau tenda di sekitar pantai. Hanya pasir putih halus yang membentang berhadapan dengan jernih nya biru laut . Dan sekali lagi masuk ke tempat ini adalah GRATIS! Tapi memang memerlukan sedikit usaha untuk mencapai Pantai Kelapa Lima, kendaraan hanya dapat sampai di pinggir jalan lalu dilanjutkan berjalan kaki dengan jalanan yang cukup melelahkan sekitar 15 menit.

Pantai Kelapa Lima

(Pantai Kelapa Lima)

Pantai Kelapa Lima

(Pantai Kelapa Lima)

Selain dua pantai di atas, kita juga dapat merasakan sensasi berenang dengan air yang tenang di Pantai Bongo. Sampai di pantai ini saya sedikit terkejut karena kondisi nya yang memprihatinkan, dermaga yang menjorok ke laut sudah berlubang di beberapa sisi, gedung yang dulu nya gedung pertemuan sudah sangat tidak terawat, tetapi menurut warga sekitar kondisi ini akan segera diperbaiki dalam waktu singkat dan pengunjung dapat menikmati Pantai Bongo seperti tempat wisata lainnya. Dan tentu saja, masuk ke pantai ini masih saja GRATIS!

Pantai Bongo

(Pantai Bongo)

Dermaga Pantai Bongo

Puas berkeliling pantai di sekitar Banggai sekarang waktu nya untuk melihat bagaimana keindahan pulau-pulau di sekeliling nya. Setidak nya ada 3 pulau yang disarankan warga Banggai Laut untuk dikunjungi yaitu Pulau Mbuang-mbuang, Pulau Bandang dan Pulau Bakakan tapi karena keterbatasan waktu saya hanya sempat mengunjung Pulau Bakakan, pulau terdekat yang mereka sarankan.

Kita dapat mengunjungi pulau Bakakan dengan menyewa perahu dari warga sekitar, saat itu saya menyewa perahu katinting (perahu kayu kecil) seharga Rp.150.000, setidaknya bisa memuat 5 hingga 7 orang.

Pulau Bakakan sendiri merupakan pulau tak berpenghuni dan jarak nya cukup dekat dari kota Banggai, kita dapat menempuh nya kira-kira 20 menit saja. Dan jika beruntung, saat menuju pulau Bakakan kamu akan mendapati Pasir Timbul.

Pasir Timbul

(Pasir Timbul)

Setelah puas berfoto di pasir timbul kita dapat melanjutkan perjalanan ke Pulau Bakakan, dan jangan lupa untuk menikmati pemandangan selama perjalanan ini. Mata kita akan dimanjakan dengan gradasi warna biru yang beragam di sepanjang perairan, lalu tebing-tebing menjulang di sisi-sisi laut, dan burung-burung yang terbang di langit luas.

Sampai di pulau Bakakan kamu dapat menikmati snorkling di jernih nya air laut, dan sekali lagi ikan warna-warni serta terumbu karang yang padat akan menyapa mu tidak jauh dari bibir pantai.

Perjalanan ke Pulau Bakakan

(Perjalanan ke Pulau Bakakan)

Pulau Bakakan

(teman-teman kecil yang siap menyambutmu di Pulau Bakakan)

Masih banyak keindahan dari Banggai Laut yang belum sempat saya kunjungi tetapi perjalanan singkat ini menjadi pengingat bahwa tidak perlu mencari jauh untuk keindahan karena di Indonesia itu semua ada di sekeliling kita.

Banggai Laut

Salam hangat dan selamat membuktikan keindahan Banggai Laut!

2 Comments

Leave a Reply