Berburu Sunset di Kampung Atas Air

Post

Balikpapan adalah daerah yang dikelilingi lautan. Liburan yang unik yang bisa kita dapatkan di Balikpapan tidak lain adalah Wisata Air. Nah, Kalau ke pantai dan air terjun sudah biasa. Anda patut mencoba wisata kampung atas air ketika mampir kesini.

Waktu kunjung optimal adalah pada saat air laut sedang pasang menjelang sore hari. Kampung atas air yang terletak di kebon sayur ini memang dekat dengan pemukiman warga yang hidup di rumah panggung di atas air.

Pada saat sore hari dengan air pasang masyarakat sekitar akan keluar untuk menikmati air yang ada di bawah jembatan rumah mereka itu.

dsc_0457

Tanpa pikir panjang mereka tinggal copot pakaian yang mereka pakai dari dalam rumah dan langsung lompat kebawah rumah mereka. Yang menakjubkan adalah walau kedalaman air tidaklah dangkal yang bahkan pohon pohon bakau yang ada disekitar rumah itu terendam, anak anak dapat berenang bebas di tempat itu dengan penuh senyum dan kebahagiaan.

dsc_0458

Melihat semangat mereka itu, pasti anda akan merasakan rasa ingin nyebur ikutan mereka dan merindukan masa kecil yang begitu menyenangkan. Hanya melihat saja, anda dapat merasakan bagaimana kebahagiaan kecil dari berenang itu bisa memberi efek besar pada kehidupan mereka sehari hari.

dsc_0466

Jalan menuju jembatan ini dihiasi orang orang yang berenang. Wajar saja jika mereka lihai berenang. Kehidupan warga yang berprofesi sebagai nelayan, dan lokasi hidup mereka mewajibkan mereka untuk memiliki kemampuan ini.

dsc_0471

Kapal kapal ikan kecil akan menyinggahi pinggir jembatan sepanjang jalan. Dermaga dermaga kecil akan menjadi titik utama tempat para warga pergi berenang dan melompat ke air.

dsc_0473

Sungguh sebuah gambar yang indah tentang kehidupan yang sederhana. Melihat sebuah kontras gedung tinggi dengan rumah pinggir laut yang sederhana memberikan sebuah bahan berpikir bagaimana kita harus memberdayakan kehidupan yang sinergis dengan alam yang ada di sekitar kita.

dsc_0486

Didepan kampung atas air ada lokasi kilang pertamina. Tempat ini cukup bagus untuk hunting foto dan melihat kontras kehidupan yang ada.

dsc_0508

Sembari menunggu matahari terbenam, kita bisa menikmati beragam jajanan seperti opak yang di tawarkan warga lokal dan menghabiskan waktu dengan menikmati pemandangan.

dsc_0510

Sekitar pukul jam 6 lewat, matahari semakin menyilaukan mata dan semakin terturun menuju ujung lautan seperti hendak bersembunyi. Oleh karenanya persiapan foto harus disiapkan sebelumnya karena momen yang sunset itu tidaklah lama.

dsc_0487

Setelah menuju ke ujung jembatan , kita harus manfaatkan segala kesempatan yang ada, dan gunakan waktu ini untuk merekam keindahan sunset yang ada. Dapatkan foto siluet yang indah berlatar lautan di pemukiman diatas lautan.

dsc_0499

Selain foto siluet yang keren, kita bisa menikmati pola kehidupan sederhana yang tidak bisa kita temui di kota. Kehidupan unik ini bisa kita dapatkan tanpa perlu pergi ke  daerah pedalaman, cukup hanya dengan pergi ke Kampung atas air di Balikpapan.

Saya harap kampung atas air ini akan makin bersih dan makin dikelola. Karena memang dapat memberikan pengalaman berbeda saat berkunjung dan liburan di Balikpapan.  Jangan lupa ya untuk berkunjung ke sini ya kalau liburan ke Balikpapan.

Apa kata heroes lainnya?

You must be logged in to post a comment.