Bersepeda Cantik Menyusuri Pesisir Gili Trawangan, Lombok Barat

img_0201

Lombok, Pulau Seribu Masjid, terletak di sebelah timur Pulau Bali. Lombok termasuk dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan waktu mengikuti Indonesia bagian Tengah. Banyak masyarakat yang belum mengenal keindahan dari Pulau Lombok, baik dari segi budaya, maupun dari gemilau pantai, serta flora dan fauna yang tinggal di pulau tersebut. Pulau Lombok juga memiliki banyak gili (pulau kecil) yang mengelilinginya, salah satunya adalah Gili Trawangan yang terletak di sebelah barat Pulau Lombok.

Akses untuk menuju Gili Trawangan bisa melalui Pelabuhan Bangsal.Pelabuhan ini merupakan gerbang untuk menuju 3 Gili, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Jika Anda berangkat dari Mataram, diperlukan waktu 2,5 jam untuk menuju Pelabuhan Bangsal dengan kendaraan pribadi/taksi, yang melewati jalur pantai Senggigi atau melalui kawasan Phusuk.

img_0247
Indahnya pemandangan di sepanjang jalur Pantai Senggigi.

Setelah sampai Pelabuhan Bangsal, Anda tinggal membeli tiket penyeberangan ke Gili Trawangan seharga Rp.15.000 untuk naik perahu bersama wisatawan lain.

Perahu bersama wisatawan lain menuju Gili Trawangan
Seruu… Naik perahu bersama wisatawan lain menuju Gili Trawangan.

Sampai di Gili Trawangan, Anda bisa menikmati keliling pulau baik dengan menyewa sepeda, maupun dengan naik Cidomo (Andong, maksimal 3 orang). Harga sewa sepeda bervariasi tergantung lamanya waktu penggunaan, yaitu Rp. 50.000/hari, Rp. 10.000/jam, dan Rp. 30.000/3 jam. Sewa sepeda di Gili Trawangan memang cukup mahal dikarenakan sewa tempat yang cukup mahal dan rentan dengan tiupan angin yang membawa uap air asin sehingga sepeda menjadi mudah berkarat.

Area yang pertama ditemui ketika sampai di Gili Trawangan adalah pasar tempat menjual handicraft dan makanan khas. Handicraft yang paling banyak ditemui yaitu perhiasan yang dibuat dari bahan mutiara air tawar, walo ada juga yang menjual mutiara air laut. Harga yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari Rp 30.000 hingga ratusan ribu.

img_0182
Pasar yang menjual handicraft dan oleh-oleh khas Gili Trawangan.

Lapeeerrr kan tentunya,, keliling pasar sambil lihat hasil karya khas dan unik dari pribumi untuk oleh-oleh. Yuk kita cari resto yang lumayan unik di Gili ini. Waaa unik bukan bangunannya, terdiri dari bambu-bambu dengan atap seperti jerami. Selain itu pemandangan yang terlihat dari resto ini sangat indah, yaitu pantai dan gunung-gunung. Asyik bukan…

img_0186
Salah satu tempat makan menarik di Gili Trawangan.

Setelah melahap berbagai makanan yang disuguhkan, kita lanjut untuk telusuri Gili ini, tentunya dengan sepeda lagi. Waaoo ternyata ada perkemahan yang dibangun temporer oleh para backpacker.

img_0196
Area perkemahan untuk backpacker.
img_0221
Perumahan penduduk pribumi.
img_0215
Ada tempat berkuda juga loo..
img_0198
Panggung kreasi.

Nah sekarang waktunya ngupi-ngupi bersama keluarga sambil menunggu waktu senja.

img_0184

Sebenarnya masih banyak lokasi-lokasi menarik di Gili Trawangan yang belum sempat terfoto dan terkunjungi, yuk kita explore lagi keindahan Gili Trawangan… ^^

 

-Semakin dekat dengan Alam, semakin kita takjub dan bersyukur atas ciptaanNya yang begitu indah-

“Indonesia luar biasa”

Leave a Reply