Borobudur Temple In Indonesian

 

Haii sobat, pasti kalian sudah tau Candi Borobudur dan sudah tidak asing lagi untuk para sobat. wait, apa sobat sudah pernah kesana??

waww,jika belum pernah, yuk..,  habiskan waktu liburan akhir tahun kalian.

kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya berlibur ke Candi Borobudur Yogyakarta, sekaligus sebagai referensi Destinasi liburan kalian di akhir tahun juga loh.

Sedikit saya ingin menceritakan sejarah Candi Borobudur terlebih dahulu, agar para sobat juga mengetahui bagaimana Candi Borobudur bisa berdiri dan ada sebagai tempat wisata di indonesia.

img_7405

Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia yang patut dilestarikan dan Candi Borobudur merupakan candi terbesar di Indonesia. Candi Borobudur yang terletak di Magelang, jawa Tengah, selain menjadi obyek wisata yang ramai dikunjungi, juga menjadi pusat ibadat bagi penganut Buddha di Indonesia khususnya pada setiap perayaan hari waisak. Dan saat ini Candi  borobudur ditetapkan sebagai salah satu Warisan Dunia UNESCO.

Candi Borobudur di bangun sekitar tahun 800 Masehi atau abad ke9. Candi Borobudur di bangun oleh para penganut agama Buddha Mahayana pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Candi ini dibangun pada masa kejayaan Dinasti Syailendra. Pendiri Candi Borobudur yaitu Raja Samaratungga yang berasal dari Wangsa atau Dinasti Syailendra. Kemungkinan Candi ini di bangun sekitar tahun 824 M dan selesai sekitar menjelang 900an Masehi pada masa pemerintahan Ratu Pramudawardhani yang merupakan Putri dari Samaratungga. Sedangkan arsitek yang berjasa membangun candi ini menurut kisah turun-menurun bernama Gunadharma.

Kata Borobudur sendiri berdasarkan bukti tertulis pertama yang ditulis oleh Sir Thomas Stamford Raffles, Gubernur Jendral Britania Raya di jawa, yang memberi nama candi ini. Dan tidak ada bukti tertulis yang lebih tua yang memberikan nama Borobudur pada candi ini. Satu-satunya dokumen tertua yang menunjukkan keberadaan candi ini adalah kitab Nagarakretagama, yang ditulis oleh Mpu Prapanca pada tahun 1365, di kitab tersebut di tulis bahwa candi ini digunakan sebagai tempat meditasi penganut Buddha.

Arti nama Borobudur yaitu ” biara di perbukitan” yang berasal dari kata “bara” (candi atau biara) dan “beduhur” (perbukitan atau tempat tinggi) dalam bahasa Sansakerta. Oleh karena itu , sesuai dengan arti nama Borobudur, maka tempat ini dahulu digunakan sebagai tempat ibadat penganut Buddha.

img_7429

Candi Borobudur memiliki luas sekitar 123 x 123 meter persegi, terdiri dari 10 tingkat. Bangunannya terbuat dari susunan balok vulkanik dan membentuk 504 arca, 72 stupa dan juga  sebuah stupa induk besar yang berada di puncaknya. Kompleks ini terkesan seperti  susunan lego raksasa. Balok-balok tersusun tanpa memakai bahan perekat.

img_7364

Ada sekitar 1.460 panel relief yang menghiasi dinding Candi Borobudur masing-masing memiliki panjang panel 2 meter. Panel relief tersebut menceritakan tentang tingkatan kehidupan Buddha. Relief bagian bawah di sebut dengan “kamadathu”, bercerita tentang perilaku manusia yang buruk di butakan dari nafsu dunia dan membuat manusia tersebut masuk neraka. Relief tengah disebut “Rapadathu” dunia, sedangkan relief paling atas yaitu “Arupadhatu“, Relief ini menggambarkan tentang tingkatan pencapaian paling atas dimana para dewa bersemayam.

Selain 3 relief tersebut, masih terdapat panel relief pada bagian bawah Candi yang terkubur. Menurut ahli sejarah, nama relief yang terkubur adalah “Karmawibhangga”, relief ini menceritakan tentang tingkatan terbawah manusia, yang menggambarkan perilaku buruk manusia, mengikuti hawa nafsunya, seperti bergosip,membunuh dan memerkosa. Ada 2 alasan mengenai penguburan panel relief ini, yakni karena relief ini dianggap tidak sopan dan upaya pengokohan supaya candi tetap berdiri tegak.

Oya sobat, di sini juga terdapat 2 Museum di kompleks ini, yaitu Museum Karmawibhangga dan Museum Samudera Raksa. Museum Karmawibhangga berisi tentang informasi pembangunan Candi Borobudur, sedangkan                            Museum Samudera Raksa berisi beragam koleksi serta informasi pada zaman dahulu tentang sejarah perdagangan Asia-Afrika.

Sobat, Candi Borobudur ini tak hanya bangunannya yang mengagumkan, tetapi pemandangan alam sekitar juga menambah kesan indah nan megah. Candi Borobudur ini terdapat bukit Manoreh di sebelah selatan candi yang bentuknya mirip seseorang dalam posisi tidur. Selain itu juga ada Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi  yang mengitari bangunan megah ini.

img_7388

Para sobatku, banyak hal yang bisa kalian lakukan disini loh, seperti saya ini… Selain saya  belajar tentang sejarah Berdiri nya Candi Borobudur, saya juga bisa mendokumentasikan wisata saya  di Candi Borobudur ini. Dan kalian tidak perlu khawatir  jika kalian tidak membawa camera atau alat dokumentasi, disini ada orang menawarkan jasa foto tetapi bayar yah para sobat dan tidak gratis hehehe. Nah khususnya bagi kalian penggemar fotografi, mungkin para sobat bisa mencoba berkeliling kompleks candi agar dapat menemukan angle potret yang pas. Selain itu, Candi Borobudur juga dikenal dengan sunset dan sunrise yang cantik dan begitu indah. kalian bisa datang pada momen yang tepat untuk bisa mengabadikan pemandangan indah ini.

Selain itu, tidak lengkap bukan jika kalian berwisata ke Candi Borobudur ini tidak berburu souvenir atau oleh-oleh khas tempat wisata tersebut. Jika kalian ingin berburu souvenir, kalian bisa membelinya di deretan kios souvenir letaknya tidak jauh dari kompleks Candi  Borobudur atau kalian bisa membelinya di pedagang-pedagang sepanjang jalan  keluar Candi Borobudur. Lebih murah dan harga bisa di nego, tergantung pedagang ya sobat dan tergantung kalian berani menawar harga yang lebih rendah dan sesuai dengan  harga yang  anda inginkan.

img_7358

Dan  para sobat juga bisa berkeliling di kompleks Candi Borobudur karena terdapat pelataran hijau yang luas dan bisa kalian jelajahi. Selain berjalan kaki, tersedia sewa sepeda yang bisa kalian gunakan untuk berkeliling di tempat wisata ini. Ada juga kereta kelinci yang disukai anak-anak, jika para sobat membawa adik kecil ajaklah mereka naik kereta kelinci ini. Jika para sobat ingin sesuatu yang beda, kenapa tidak mencoba naik andong untuk berkeliling tempat wisata ini.

Just info nih sobat, Candi Borobudur ini Buka  Setiap Hari : 06.001700

Harga tiket masuk :

  • Dewasa Rp. 30.000 untuk WNI, 15 USD untuk WNA
  • Anak-anak Rp. 12.500 untuk WNI, 8 USD untuk WNA

Candi Borobudur terletak di JL. Badrawati, Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Menggunakan mobl pribadi atau dengan jasa agen perjalanan wisata atau  jika posisi kalian sudah berada di Yogyakarta  tetapi cukup jauh dari tempat wisata Candi Borobudur, kalian bisa menyewa kendaraan bermotor dengan tarif                 Rp. 50.000 per motor satu hari full kalian bisa sampai sepuasnya melihat pemandangan menuju Candi Borobudur, lebih seru dan menyenangkan.

Nah sobat, menarik bukan berwisata sekaligus belajar mengenal sejarah. Jadi tunggu apalagi, yukkk… siapkan diri kalian untuk berwisata bersama keluarga tercinta atau orang-orang terkasih.

Happy long weekend ya sobat, selamat menikmati liburan akhir tahun kalian.



saya seorang Mahasiswi dan pekerja sebagai Asisstent chief of store saya ingin menjadi orang yang berguna untuk orang-orang banyak.

Leave a Reply