Keindahan Malang di Dalam Desa yang Terbungkam

Post

Desa Bajul Mati (bajul= buaya) sama dengan nama pantainya di Malang Selatan, tapi Desa Bajul Mati tidak terkenal seperti nama pantainya. Akan tetapi ketika berada di dalam Desa Bajul Mati kalian akan disuguhkan kegiatan yang amat seru yaitu:

1. Menelusuri Goa (caving).

2. Menelusuri sungai menggunakan perahu kano (canoeing).

3. Menanam mangrove di tepian sungai muara.

Tidak banyak yang tau dengan kegiatan adventure dan nature di dalam desa itu. Akhirnya kami mencoba (1) Caving Goa Coban Perawan, dalam goa yang panjangnya sekitar 400m ini kita bisa ambil jalur start vertical - finish horizontal / start horizontal - finish horizontal istimewa dalam goa, dan belum lagi goa ini berair dan air nya sangat jernih. Kedalaman air di dalam goa ini mulai 30cm - 2m, kalian akan dilengkapi helmet dan life jacket jadi semua akan aman.

Di dalam goa itu kita bisa nikmati kuliner ajaib yang disediakan oleh alam tapi hanya sekedar mencicipi ya, udang dalam goa ini sangat melimpah, hanya dengan tangan kosong guide lokal/orang yang tinggal di kampung sini bisa menangkapnya loh. Akhirnya kita mencicipi udang goa ini dengan cara dibakar, lalu saat makan, dalam sekejap muncul kelezatan yang wow rasanya di mulut mungkin karena sekedar mencicipi jadi rasanya enak sekali hehehe. Itulah sedikit cerita tentang Goa Coban Perawan di dalam desa yang terbungkam.

Belum selesai perjalanan kita, kita sempat beristirahat lalu melanjutkan outdoor activity di Desa Bajul Mati/Desa Terbungkam, (2) melusuri sungai/Canoeing. Akhirnya, kita start di dalam perahu kano yang berisi 3 orang/kano. Kita memulai canoieng ini di dalam sungai/rawa kecil dalam desa yang airnya masih jernih dan membuat kita gak akan segan menceburkan diri ke dalamnya.

Mulailah kita mendayung kano dan akan tiba di sungai yang lebih besar, kurang lebih 50m lebar sungainya. Sambil mengarungi sungai kita bisa menikmati pemandangan yang luar biasa, hutan-hutan tepi sungai yang masih asri, biawak-biawak yang sedang berjemur di teriknya panas matahari te-o-pe-be-ge-te lah ya!

Oh iya tidak lupa kami sudah menyiapkan bibir bakau/mangrove, dimana titik penanaman bakau tersebut sudah di tentukan terlebih dahulu, lalu kita berhenti untuk melakukan kegiatan (3) reboisasi. Sebelum penanaman, kita akan di beri penjelasan tentang pengertian bakau dan cara menanamnya, pokoknya gak bakal mati gaya lah ya.

Selesai menanam, kita melanjutkan perjalanan menelusuri sungai. Setelah kita mendayung selama 30 menit sampai lah kita di muara dan pantai. Ungkapan rasa letih, penasaran, dan takjub menjadi satu, wow ini dia baru adventure yang lengkap caving, kuliner, canoeing, reboisasi, pantai. Kamu harus merasakan petualangan dan sensasinya di dalam desa terpencil dan tidak terkenal ini! Sekian dari Desa yang terbungkam.

Apa kata heroes lainnya?

You must be logged in to post a comment.