Esensi Sesungguhnya Liburan Di Gili Trawangan

Siapa yang tidak kenal Gili Trawangan ? Pulau kecil yang super santai, dan rasanya tiap orang yang udah menginjakkan kaki disana bakal langsung bertekad buat balik lagi bahkan buat tinggal disana. Saya pun ! Sudah 4 kali sejak 3 tahun terakhir ini saya bolak balik Gili Trawangan. Rasanya ada hukum tidak tertulis yang mengatakan “Setidaknya Setahun Sekali Harus Ke Gili Trawangan” . Ada 2 opsi menuju Gili Trawangan jika berangkat dari Bali, yaitu langsung dengan menggunakan fast boat atau terbang dulu ke Lombok dan naik public boat dari Pelabuhan Bangsal, Lombok.Berhubung saya tinggal di Bali, saya lebih sering menggunakan fast boat dibanding public boat. Harga tiketnya Rp. 750.000 PP plus dijemput pakai shuttle bus, door to door. Lama perjalanan 2,5 jam jika boat diberangkatkan melalui Pelabuhan Sarangan, dan perjalanan bisa lebih singkat jika diberangkatkan via Pelabuhan Padang Bai yaitu hanya 45 menit. Penyedia fast boat menuju Gili Trawangan dari Bali sangat banyak, tinggal dipilih tergantung kondisi keuangan kita saja.

Suasana dalam fast boat
Suasana dalam fast boat
Suasana setelah sampai di Gili Trawangan. Boat menurunkan penumpang
Suasana setelah sampai di Gili Trawangan. Boat menurunkan penumpang

Opsi lain jika tidak menggunakan fast boat bisa menggunakan public boat melalui Pelabuhan Bangsal, Lombok. Dan tentunya opsi ini jauh lebih murah, hanya Rp. 15.000,00. Bagaimana cara menuju Pelabuhan Bangsal jika dari Bandara International Lombok ? Dari bandara naik bus DAMRI dengan jurusan Senggigi dengan harga tiket Rp. 35.000,00, sebelumnya infokan ke supir DAMRI bahwa kita mau ke Pelabuhan Bangsal, nanti kita akan diturunkan di tempat biasa angkutan Senggigi – Bangsal mengambil penumpang. Biasanya harga untuk satu penumpang berkisar antara Rp. 35.000,00 – Rp. 50.000,00. Sesampainya di Bangsal, bisa langsung beli tiket tujuan Gili Trawangan seharga Rp. 15.000,00. Gili Air seharga Rp. 10.000,00. Gili Meno seharga Rp. 12.000,00.

Suasana public boat
Suasana public boat
Harga tiket public boat Gili Trawangan
Harga tiket public boat Gili Trawangan

Jadi, apa yang bisa kita lakukan di Gili Trawangan ? Banyak ! Mau snorkeling bisa, mau diving pun boleh, mau keliling pulau naik sepeda silakan, atau mau island hopping juga ga masalah. Intinya, bebas. Tapi, kali ini saya mau share tentang esensi sesungguhnya liburan di Gili Trawangan. Doing nothing. Refresh otak, cari inspirasi, tanpa nambah capek badan dengan beraktivitas di Gili Trawangan, ajaran sesat haha !

Goler-goler all day long

Goler-goler jadi agenda wajib saya setiap liburan dimanapun dan kapanpun. Saya selalu menyediakan 1 hari full untuk “istirahat”. Ada banyak pilihan tempat untuk goler-goler, pertama itu pasti di hotel tempat kita menginap. Tips untuk mendapatkan ketenangan selama malas-malasan di kamar itu pilihlah hotel yang masuk ke jalan kampung, bukan di pinggir jalan utama Gili Trawangan yang penuh dengan cafe dan bar-bar.

Hotel saksi goler-goler
Hotel saksi goler-goler

Kemudian kalau bosan di kamar, kita bisa santai-santai di bagian barat Gili Trawangan sambil tidur-tiduran di bean bag atau hammock sambil menunggu sunset atau main ayunan sambil terkantuk-kantuk. Sedikit trivia, bagian barat Gili Trawangan memang paling pas untuk menyepi karena memang keadaannya yang lebih sepi dibanding bagian timur pulau yang full dengan pusat hiburan.

Sepi....
Sepi….

img_7050

Alternatif tempat gegoleran selain kamar hotel
Alternatif tempat gegoleran selain kamar hotel
Main ayunan sampai ketiduran
Main ayunan sampai ketiduran
Alternatif tempat goler-goler dan main air
Alternatif tempat goler-goler dan main air

Makan

Ada banyak opsi jenis masakan di Gili Trawangan mulai dari western, eastern, masakan asli Lombok bahkan sampai makanan ala warteg pun tersedia. Favorit saya ada di pasar seni Gili Trawangan, semua pelancong pasti tau pasar fenomenal ini, pusat makanan di malam hari.

Warteg favorit selama di Gili Trawangan
Warteg favorit selama di Gili Trawangan

Terlalu malas untuk sarapan di hotel karena bosan ? Atau hotel tidak menyediakan sarapan ? Di sepanjang jalan banyak tersedia kafe yang sudah buka pagi-pagi untuk menyediakan menu breakfast. Selama di Gili Trawangan saya tidak pernah sarapan di hotel, melainkan cari tempat yang chill untuk sarapan. Setelah kenyang, baru pulang lagi ke hotel untuk tidur. Hahahaha !

Kayu Cafe, favorit cafe buat sarapan
Kayu Cafe, favorit cafe buat sarapan
Menu sarapan yang biasanya disediakan cafe-cafe di Gili Trawangan
Menu sarapan yang biasanya disediakan cafe-cafe di Gili Trawangan
Breakfast with a view
Breakfast with a view

Nongkrong seharian di pantai

Berhubung sejauh mata memandang terlihat laut, laut, dan laut. Maka rasanya tidak sah kalau kita ga sempat nongkrong di pantai sambil nunggu sunset atau sekedar tidur siang beralaskan sarung pantai di atas pasir.

Chill !
Chill !
Sunrise di dermaga
Sunrise di dermaga

Nightlife

Ada banyak cafe dan bar di sepanjang jalan Gili Trawangan. Mau ala reggae bisa ke Sama Sama Bar, mau ala irish bar bisa ke Tir Na Nog, atau mau yang ada live music sambil goyang-goyang ringan ada favorit saya di Rudy’s Bar.

img_7156

Yah, itulah 5 jenis kegiatan yang bisa kita lakukan kalau ingin memaksimalkan liburan di Gili Trawangan tanpa harus keluar tenaga lebih dan keluar uang lebih tentunya hahaha ! Bukankah liburan itu esensinya untuk istirahat dan bermalas-malasan ? 🙂

Terobsesi mengelilingi Indonesia dan melihat seluruh festival di setiap daerah di Indonesia. Author of http://laksmindirajournal.blogspot.com

Leave a Reply