Explore Gunung Kidul Yogyakarta

Indonesia kaya akan keindahan alam yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Pada tanggal 25 November 2016, saya meng-explore keindahan alam di Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempat pertama yang saya kunjungi adalah Bukit Kosakora. Bukit yang dikenal dengan pemandangan indahnya untuk selfie & foto-foto dari ketinggian. Rute menuju Bukit Kosakora yaitu melewati Pantai Drini & Pantai Ngrumput (Sambil menyelam minum air. 1 lokasi ada 3 tempat wisata. Hehehe…). Tiket masuknya adalah Rp. 5.000 per-orang & Rp. 10.000 untuk mobil. Turun dari mobil sudah disuguhi pemandangan indah Pantai Drini.

img_2149
Pasir Putih & Tenda – Pantai Drini
fullsizerender
Pemandangan Tebing dari Balik Gazebo – Pantai Drini

Setelah berjalan dipinggir Pantai Drini, selanjutnya akan diberikan pemandangan indah lainnya yaitu Pantai Ngrumput.

img_0158
Pasir Putih & Tebing – Pantai Ngrumput
img_0168
Karang – Pantai Ngrumput
img_0186
Jernihnya Pantai Ngrumput

Untuk sampai ke puncak Bukit Kosakara memang butuh perjuangan. Butuh waktu 20-30 menit. Setelah berjalan melewati 2 pantai, kita harus berjalan melewati jalan menanjak dan menurun yang cukup terjal yang disebut masyarakat sekitar dengan padang sabana. Baru setengah perjalanan harus bayar tiket masuk lagi sebesar Rp. 2.000 per-orang. Informasi tambahan kalau kalian charger hp di warung atas bukit dikenakan biaya Rp. 10.000 (padahal waktu itu cuma charger 10 menit loh).

Setelah sampai di atas, memang benar sekali Bukit Kosakara memiliki pemandangan yang indah. Rasa lelah selama perjalanan menuju bukit akan terbayar dengan keindahannya.

img_2292
Pemandangan dari Bukit Kosakora
img_2327
Duduk Sejak di Bukit Kosakora
img_2340
Birunya Pemandangan – Bukit Kosakora
fullsizerender
Tebing di Bukit Kosakora

Perjalanan saya tidak terhenti di Bukit Kosakara, saya lanjut explore tempat ke-2 yaitu Pantai Timang. Pantai yang terkenal dengan “Gondola-nya”. Perjalanan 1.5 Jam dari Bukit Kosakora ke Pantai Timang. Di Pantai Timang tidak ada tiket masuk tetapi harus naik ojek dengan biaya Rp. 35.000 (PP) karena jalanannya terjal & berbatu sehingga tidak memungkinkan dilalui oleh kendaraan pribadi. Setelah 30 menit naik ojek akhirnya sampai juga.

fullsizerender111
Untuk menyebrang ke batu besar yang ada diseberang sana bisa naik Gondola dengan biaya Rp. 150.000 – Pantai Timang

Ada 2 jembatan yang disediakan oleh warga yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk foto-foto. Masing-masing dikenakan biaya Rp. 5.000 untuk foto sampai puas. Hehehe…

fullsizerender22
Jembatan 1 dengan Pemandangan Tebing – Pantai Timang
img_0477
Jembatan 2 dengan Pemandangan Pantai Lepas – Pantai Timang

Dari Pantai Timang, saya lanjut explore Pantai Wediombo. Perjalanan 1 Jam dari Pantai Timang ke Pantai Wediombo. Tiket masuk Rp. 5.000 per-orang & Rp. 10.000 untuk mobil. Pantai yang membuat saya penasaran dengan kolam renang alaminya atau laguna. Laguna pantai ini terletak diujung sebelah kiri.

img_0897
Kolam Renang Alami atau Laguna- Pantai Wediombo

Hati-hati jika ingin berenang karena ombaknya besar dan tidak disarankan jika air laut sedang pasang. Selain banyak yang berenang, di pantai ini juga banyak yang memancing.

Menikmati Pemandangan - Pantai Wediombo
Menikmati Pemandangan – Pantai Wediombo
fullsizerender1
Batu Karang – Pantai Wediombo

Lanjut ke destinasi berikutnya yaitu Pantai Jogan. Pantai dengan pesona air terjun yang langsung jatuh ke bibir pantai. Perjalanan 1 jam dari Pantai Wediombo ke Pantai Jogan. Di pantai ini tidak ada tiket masuk, cukup membayar parkir kendaraan saja (seikhlasnya).

img_0415
Air Terjun – Pantai Jogan

Bagi yang ingin turun & menikmati langsung air terjun di pantai ini, sudah disediakan tangga tapi harus hati-hati karena tangga sedikit goyang & licin serta ombak di pantai ini besar. Selesai foto ditangga jangan lupa bayar Rp. 2.000.

Pemandangan Pantai Jogan
Pemandangan Pantai Jogan

Perjalanan explore Gunung Kidul, Yogyakarta saya berakhir di Pantai Jogan. Mari kita jaga & lestarikan kekayaan Indonesia. Teruslah melangkah sejauh kita bisa. Lihatlah keindahan Indonesia, sebuah negeri yang pantas disebut surga.

Leave a Reply