Explore Lampung Selatan – Pulau Pahawang

Rencana liburan kali ini jatuh ke Pulau Pahawang. Yap, pulau ini terletak di gugusan lampung selatan. Dari jakarta jaraknya cukup lumayan, tapi dapat mudah diakses dengan berbagai transportasi umum mulai dari kereta api kalimaya, bus dari kampung rambutan atau juga banyak bus yang “ngetem” di semanggi.

Day 1 (Perjalanan Jakarta-Lampung)

Perjalanan dimulai Jumat, 6 Mei 2016. Dikarenakan kita sudah menggunakan jasa travel segala urusan mulai dari transportasi, akomodasi, makan sampai dengan kita kembali lagi ke Jakarta semuanya sudah termasuk kedalam paket perjalanan.

Kita menggunakan kereta api Kalimaya dari stasiun Tanah Abang menuju stasiun Merak jam 5 sore. Memang saat itu stasiun lagi penuh-penuhnya, dikarenakan liburan panjang jadi banyak orang-orang luar jakarta ‘mampir’ ke jakarta, padahal orang jakarta aja udah jenuh banget sama padatnya jakarta *yeelah itu gue doang kayanya*.

Kereta yang kami naiki lumayan nyaman, kalo jalan rame-rame sama temen perjalan 3 jam ga berasa ko. Sampai di stasiun Merak, Banten sekitar jam 8 malam. Kita semua langsung masuk ke pelabuhan dan membeli tiket. Didalam pelabuhan disediakan banyak fasilitas mulai dari masjid, minimarket, warung makan, tempat oleh-oleh dan disini juga tempat gaul anak-anak pelabuhan merak nongkrong *katanya*. Sebelum naik kekapal, kita semua makan dulu buat ngisi tenaga biar pas besok bisa pooool explore!

Kelap-kelip pelabuhan merak dimalam hari

Kapal yang kita naiki namanya kapal SUKI, ternyata ini kapal swastanya. Jadi dipelabuhan ini ada kapal yang dikelola oleh pihak swasta dan ada pula yang dikelola oleh pihak pemerintahan. Lumayan nyaman kapalnya, jadi selama perjalanan kita bisa save tenaga dengan bobok cantik walaupun perjalanan hanya sekitar 2-3 jam saja.

Day 2

Tiba di pelabuhan Bakaheuni lampung, kita langsung cus menuju pelabuhan dermaga ketapang. Perjalanan cukup jauh dan melelahkan, yang mabok darat musti banget bawa obat antimo biar tidur selama perjalanan. Perjalanan menuju kesana indah banget! Gunung, Laut, pemandangan pantai woooow … jadi satu paket yang disuguhin sama alam dilampung selatan ini.

View perjalanan menuju dermaga ketapang

Dan setelah sampai dilokasi, kita semua sarapan dulu kemudian langsung bergegas kekapal. Mungkin setelah ini, biarkan foto yang berbicara tentang keindahan alam dari salah satu pulau di Lampung Selatan.

On the way bro menuju spot pertama
Langit cerahnya tuh kaya merestui liburan kita ya ..
I love clear sky
Welcome to Kelapa Ijo Island yuhuuuww!!
Dipulau kelapa ijo masih bersih banget, Pantai, Airnya ... FRESH! please guys yang kesini jangan buang sampah sembarangan ya ..
Dipulau kelapa ijo masih bersih banget, Pantai, Airnya … FRESH! please guys yang kesini jangan buang sampah sembarangan ya ..
Beach Jump! - Pulau Kelapa Ijo, Lampung selatang
Beach Jump! – Pulau Kelapa Ijo, Lampung selatang
Runpita gengs biar makin eksis! haha. Pulau kelapa Ijo, Lampung Selatan
Pantainya yang landai, pasirnya yang putih, airnya yang jernih, kalian ga akan nyesel pernah mampir ke pulau kelapa ijo, lampung selatan. let’s have fun together guys!

Setelah itu kita menuju spot kedua, yaitu pulau tanjung putus. kenapa disebut tanjung putus?? Mungkin ya, disini ada dua pulau yang daratannya sebenarnya menyatu tapi kalo pasang jalanan pasir yang menjadi penghubung akan tertutup dengan air laut, tetapi ketika surut jalanan pasir menuju kedua pulau ini akan terlihat. kereeeen!!

welcome to Tanjung Putus, Lampung Selatan
Welcome to Tanjung Putus, Lampung Selatan
ini salah satu view yang ada di tanjung putus (pulau 1)
ini salah satu view yang ada di tanjung putus (pulau ke 1)
Ini view kedua yang ada dipulau tanjung putus (Pulau ke2)
Salah satu spot di Tanjung Putus
Clear cloud

Dipulau tanjung putus ini cukup ramai, selain lokasinya bagus, disini sudah menyediakan watersport dan juga tersedia penjual es kelapa. Duduk dipinggir pantai sambil nikmatin sepoi-sepoi angin dan minum es kelapa beeeeeeeeh, nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan!

Setelah puas menikmati main-mainnya dipulau ini, kita kembali ke kapal untuk check ini ke homestay yang berada dipulau pahawang besar. Kebetulan kita dapet homestay yang asik banget, bentuknya cottage dipinggir pantai pula. beeeeeeh, mantap!

Cottage yang kita tempatin, pinggir pantai, nyaman, tenang, damai 🙂
View didepan cottage, luar biasa!!!
View sekitar cottage yang bisa kalian explore

Karna sore ini ga jadi snorkling akhirnya kita nikmatin indahnya pantai depan cottage dan istirahat buat explore spot lain dipulau pahawang.

Sore hari dipinggir pantai denger deburan ombak, udah cukup ngilangin penat senin, selasa, rabu, kamis, jumat hahaha

DAY 3

Hari terakhir dipulau pahawang,  Sengaja bangun pagi-pagi buat ngeliat sunrise sambil sarapan dipinggir pantai. beeeeeeeeeeeh! mantap!!

sunrise come here!
love wait for the beautiful sunrise
Suasana pagi hari dipulau pahawang
Setelah Sarapan dan menikmati pulau pahawang besar, kita persiapan untuk check out dari cottage. Setelah itu explore spot snorkling disekitaran pulau pahawang.

Explore bawah lautnya pahawang kira-kira ada 3 spot yang kita datengin. Disini ada banyak penangkarang terumbu karang juga dan ikan-ikan cantik banget.

Bening air lautnya sampe bisa ngeliat kebawah plus ngeliat ikan-ikannya
Ikannya ngerubutin makan, lucuuuu!
Kalo yang bisa renang sampe dasar bisa ketemu sama ikan badut (ikan nemo)
kapal-kapal pengantar turis
bening broo … air lautnya!
Dan setelah lelah snorkling di 3 spot, kita kembali ke kapal untuk makan siang dipulau kelagian
Yuhuw ... sampai dipulau kelagian
Yuhuw … sampai dipulau kelagian
Sepi, karna pas kita dateng lagi terik-teriknya matahari. Yang mau berjemur sih cocok banget disini hahaha
wish i can fly away. Kelagian, Lampung selatan
Kita mah neduh aja sambil makan siang indomie + teh manis anget udah luar biasa NIKMAT!

Dan setelah dari pulau kelagian, liburan singkat inipun berakhir haaaaah sedih 🙁

Makasih banget buat @indonesiajuaratrip yang udah mengakomodir liburan kita di Pulau Pahawang ini jadi makin seru, berkesan, mau nambah liburan lagi dan buat guide kita si @gungafif thanks bro udah jadi guide yang ramah, asik, kerenlah pokonya.

Dan for the gengs! Kapan next tripnya lagi bro?

in capture : Inez, DC, Umen, Koko, Apin, Budi, Ari, Hadi, Uproy, Zety, Tiara, Virgin, Anna, Dini, Eta, Intan

Source my blog : aroundmyjourney.wordpress.com

My dream for traveling in indonesia and I love sharing the destinations i visit and inspire others to follow their travel your dreams! Dream. Explore. Love.