Fall in Love with The Waterfall(s)

coban-talun

Yep! Air terjun itu air yang jatuh kebawah dari sebuah ketinggian, kadang jatuhnya air tersebut sampai membuat air mata ikut jatuh, lho kok jadi curhat ya.

Jadi, akhir-akhir ini mimin banyak nemuin gambar air terjun di hashtag #KitaINA, sepertinya memang lagi banyak yang berkunjung kesana. Manfaat air terjun sendiri emang untuk tempat rekreasi sekaligus terkadang dipakai sebagai sumber energi yang potensial untuk pembangkit listrik.

Simak yuk beberapa gambar kece air terjun yang mimin temuin, siapa tau kamu juga minat berwisata menikmati ciptratan air yang jatuh dari ketinggian itu.

  1. Air Terjun Kapas Biru – Lumajang

Belum ada informasi jelas kenapa namanya Air Terjun Kapas Biru, yang pasti kalo kalian mau menikmati cipratan air dari air terjun yang tingginya lebih dari 20 meter ini kalian harus pergi ke Lumajang Jawa Timur. Perjalanan bisa di tempuh selama kurang lebih 2 jam dari Kota Malang atau kurang lebih 1 jam dari Pusat Kota Lumajang . Untuk mencapai air terjun, jalur yang harus dilewati sekitar 2 km, medannya-pun cukup ekstrim apalagi saat musim hujan, stay safe ya!

Air Terjun Kapas Biru - photo by @setapakkecil
Air Terjun Kapas Biru – photo by @setapakkecil
  1. Curug Cibereum

Mau kesini? Kalian harus pergi ke Wisata Cibodas dulu, terus kamu akan menempuh jarak sekitar 2.7 km dari pos tiket buat merasakan segarnya Air Terjun Cibereum ini. Kalau jalan santai kira-kira bisa 45 menit sampai 1 jam perjalanan dari pos tiket. Tapi capeknya bakal terbayar sama kesegaran si Curug Cibereum ini.

Curug Cibereum - photo by @setapakkecil
Curug Cibereum – photo by @setapakkecil
  1. Air Terjun Tumpak Sewu

“Serpihan surga itu memang ada”, kalimat itu akan menyambut kalian yang menginjakkan kaki di Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, memang benar adanya air terjun ini memiliki keindahan yang luar biasa. Lokasi di Kab. Lumajang, it means kamu bisa menempuh waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dari Kota Malang menuju Lumajang. Hanya 200 meter berjalan kaki dari gapura bertuliskan “Air Terjun Tumpak Sewu” , kamu sudah bisa menghirup kesegaran di air terjun ini. Yuk kita intip surga!

photo by @dece_sj
Air Terjun Tumpak Sewu – photo by @dece_sj
  1. Air Terjun Tukad Cepung – Bangli, Bali

Bali emang identik sama pantai, tapi kali ini air terjun Tukad Cepung bisa jadi alternatif tempat yang kamu kunjungi di Bali, tepatnya di daerah Bangli. Air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter ini adanya di Banjar Penida Kelod, Desa Tembuku, Kecamatan Tembuku, Kab. Bangli, Bali. 71 menit perjalanan 53 Km ditempuh dari Bandara Ngurah Rai  dengan kendaraan bermotor. Tidak ada biaya masuk hanya donasi sukarela yang nantinya akan digunakan untuk mengelola tempat wisata ini.

photo by @p.herdita
Air Terjun Tukad Cepung – photo by @p.herdita
  1. Coban Talun, Batu –  Malang, Jawa Timur

Menempuh jarak 15 Km selama 1,5 jam dari Kota Malang, kamu akan sampai di lokasi Coban Talun di desa Tulungrejo, Bumiaji, Batu – Malang. Coban Talun memiliki ketinggian sekitar 75 meter, untuk menikmati keindahan dan kesegaran air terjun ini kamu harus berjalan kaki melewati hutan pinus dan beberapa aliran sungai selama kurang lebih 30-60 menit. Walaupun cukup memakan waktu dan medan yang cukup panjang, lelah kamu akan terbayar saat melihat keindahan Coban Talun.

photo by @empimpimpemp
Coban Talun – photo by @empimpimpemp
  1. Air Terjun Citambur – Cianjur Selatan.

Ada dua versi kenapa air terjun ini dinamakan Citambur, pertama karena air yang jatuh ke kolam berbunyi “bergedebum” seperti tambur, kedua, dahulu ada sebuah kerajaan bernama Tanjung Anginan, konon setiap raja mau mandi ke curug (air terjun) beliau selalu diiringi para pengawa yang menabuh suara tambur. Apapun sejarahnya air terjun setinggi sekitar 100 meter ini akan memanjakan mata dan menyegarkan fisik dan pikiran. Curug Citambur ini letaknya di perbatasan Ciwidey dan Cianjur, tepatnya di Desa Karang Jaya, Kec. Pagelaran, Cianjur Selatan. Tempat ini juga masih terbilang alami karena belum dikelola dengan baik sebagai tempat tujuan wisata. Air terjun ini termasuk salah satu air terjun tertinggi ke 7 di Jawa Barat.

photo by @jelajahtrip
Curug Citambur – photo by @jelajahtrip

 

 

Leave a Reply