Goa Cina: Pesona Di Selatan Jawa

Kalau selama ini orang mengenal Malang dengan kondisinya yang sejuk, berkontur naik turun, dan terletak di dataran tinggi seperti layaknya Kota Bandung, maka yang dimaksud orang- orang tersebut pasti adalah Kota Malang.

Sementara, pantai- pantai hits yang sering kalian temukan di halaman sosial media dan disebut berlokasi di Malang, itu adanya justru di Kabupaten Malang.

Jadi, jangan cari pantai di Kota Malang, yah. Nggak akan nemu. Karena Kabupaten Malang dan Kota Malang itu sudah menjadi  dua hal yang berbeda.

Nah, salah satu pantai hits di ‘Malang’ tersebut, ada yang bernama Pantai Goa Cina. Jaraknya sekitar 6 km dari Pantai Sendang Biru. Mungkin kalian sudah tak asing mendengarnya, secara sudah sangat sering diabadikan sebagai latar foto. Mulai dari sekedar foto liburan sampai foto prewedding.

Selamat datang di Goa Cina!
Selamat datang di Goa Cina!

Kalau kalian penasaran, cobalah berkunjung kesini. Lokasinya berada tepat di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Kecamatan yang terkenal sebagai markasnya pantai- pantai kece di Kabupaten Malang.

Biar sama- sama disebut ‘Malang’, menuju sisi Malang yang satu ini butuh effort lebih, loh. Selain memakan waktu sekitar dua- tiga jam untuk tiba dari Kota Malang, jalan yang ditempuh pun cukup berliku.

Jalan berliku menuju Goa Cina
Jalan berliku menuju Goa Cina

Tapi jangan khawatir. Begitu tiba di tempat ini, kelelahan dalam perjalanan langsung terbayar. Mata bakal langsung terpesona melihat jernihnya air, lembutnya pasir putih, dan kokohnya karang- karang raksasa yang sering disebut ‘pulau’ oleh penduduk sekitar.

Pemandangan pantai dengan ombak yang tinggi
Pemandangan pantai dengan ombak yang tinggi

Oh ya, tahu nggak sih, kalau ‘pulau- pulau’ tersebut memiliki nama? Mereka adalah Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina, dan Pulau Nyonya. Sebab keberadaan ketiganya inilah, akibatnya kita bisa mendengar bunyi bergemuruh ombak saat berada di Goa Cina. Bunyi ini merupakan hasil benturan gelombang air laut yang begitu kencang dengan dinding karang- karang tersebut.

Tak cukup sampai disitu, salah satu ‘pulau’ tersebut memegang peran penting dalam awal diberinya nama pantai ini dengan sebutan Goa Cina.

Adalah sebuah ‘goa’ yang berada di ‘pulau’ Goa Cina. Menurut data yang didapat Doubletrackers, ‘goa’ berukuran tinggi sekitar 2 meter dan menjorok 8 meter kedalam inilah yang menjadi tempat pertapaan seorang pemuda Tionghoa bernama Hing Hook.

Konon, pantai Goa Cina sendiri bernama Pantai Rowo Indah. Akibat kematian si pertapa dari Negeri Cina tadi di dalam goa, maka jadilah pantai ini lebih dikenal dengan nama Patai Goa Cina.

Goa yang disebut sebagai tempat pertapaan si pertapa sendiri sebenarnya lebih layak disebut sebagai rongga di dalam batu karang dibanding goa yang identik dengan stalaktit dan stalakmit. Hehehe. Mengenai ‘goa’ tersebut, banyak juga yang beranggapan bahawa ‘goa’ ini memiliki aura magis. Masak sih? Doubletrackers sih nggak percaya, wallahu’alam. Hehehe.

'Pulau' karang, tempat dimana 'goa' yang dimaksud berada
‘Pulau’ karang, tempat dimana ‘goa’ yang dimaksud berada

Terlepas dari persoalan itu, Doubletrackers mengingatkan teman- teman supaya nggak berenang disini. Karena pantai ini memang cuma cocok sebagai tempat duduk- duduk dan menikmati pemandangan. Bukan tipikal pantai yang bisa direnangi mengingat lokasinya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Nelayan saja nggak berani berlayar dari sini akibat besarnya ombak. Mereka hanya memanfaatkan Goa Cina sebagai jalur lintasan tangkap ikan dari dan ke Sendang Biru. Jadi jangan coba- coba sekalipun buat berenang disini, ya, guys. Salah- salah diajakin bertamu ke rumah Nyi Roro Kidul, loh :)))

Biar ada sensasi splash-splash macam iklan
Biar ada sensasi splash-splash macam iklan

Last, kalau punya waktu banyak, teman- teman bisa mengunjungi pantai- pantai lain yang berlokasi tak jauh dari Goa Cina. Seperti Pantai Kondang Merak, Bajul Mati, atau Balekambang. Happy trekking, teman sejalan!

Yuk kunjungi Pantai Goa Cina!
Yuk kunjungi Pantai Goa Cina!

Senang bercerita dan menikmati kota. Memotret dan menulis adalah upaya yang dilakukannya demi menggabungkan keduanya.

Leave a Reply