Indahnya Air Terjun Kedung Kayang

air terjun kedung kayang photo

Air terjun Kedung Kayang terletak diantara gunung Merapi & gunung Merbabu, berada di ketinggian 950m dari permukaan air laut yang letaknya diantara kabupaten Magelang dan Boyolali. Air terjun Kedung Kayang memiliki ketinggian sekitar 40 meter, yang saya suka dari air terjun ini adalah volume tumpahan air yang sangat banyak dan menghasilkan suara gemuruh dan percikan air yang bisa membasahi pengunjung yang berada disekitar air terjun, selain itu suasanya dingin khas dataran tinggi dan segarnya udara sekitar curug yang membuat saya betah berada disini. Air terjun Kedung Kayang terletak sekitar 3 km dari wisata gardu pandang Ketep pass, dimana jika ketep pass ambil jalan menanjak, maka jika ingin menuju air terjun Kedung Kayang ambil jalan disebelah kanan yang berupa turunan hungga menemukan petunjuk arah Kedung Kayang. Untuk menuju air terjun Kedung Kayang tidaklah sulit, selain akses jalan yang sudah bagus dan bisa dijangkau oleh kendaraan roda 2 maupun roda 4.

bersantai di area air terjun kedung kayang img
Santai di Area Air Terjun Kedung Kayang

Sesampainya di lokasi wisata kami memarkir kendaraan kami ditempat parkir yang sudah disediakan dan membayar tiket masuk dengan harga Rp 2.500,-. Dari tempat parkir kami harus berjalan kaki menuju air terjun, trek menuju air terjun sudah dikonblok sebagian sehingga memudahkan pengunjung menuju air terjun. Dari kejauhan sudah terdengar gemuruh suara air terjun dan dari balik pepohonan kami melihat air terjun Kedung Kayang tepat dibawah kami, namun jalan yang kami lalui harus memutar dan ternyata cukup jauh. Dibeberapa lokasi menuju air terjun sudah disediakan gubug-gubug kecil untuk beristirahat sejenak, karena memang cukup menguras tenaga. Setelah melalui jalan turunan sekitar 15 menit kami tiba di hulu sungai dari air terjun Kedung kayang, perjalan selanjutnya adalah susur sungai menuju Kedung kayang. Bukit hijau dikanan-kiri kami seolah melupakan rasa lelah. Setelah trekking menyusuri sungai sekitar 10 menit sampailah kami di air terjun kedung Kayang.

kedung kayang indah mempesona pic

Air terjun Kedung Kayang benar-benar indah dan mempesona, keindahan Kedung Kayang menjadi makin sempurna dengan dikelilingi tebing nan hijau. Kami mulai mengabadikan perjalan kami di air terjun nan deras ini, kebetulan tidak ada pengunjung lain siang itu selain saya dan 2 orang teman saya. Air terjun yang berasal dari 4 mata air ini memiliki volume air yang deras sepanjang tahun dan bahkan dimusim kemarau pun masih mengalir. Air terjun Kedung Kayang memiliki keunikan dan keanehan tersendiri, yaitu bila di bulan Suro (muhharom) pada hari malam Jum’at Kliwon sering terdengar suara/ alunan Gamelan Jawa dan pada hari Kamis Wage semua kera-kera yang ada di sekitar Kedung Kayang berkumpul di atas air terjun tersebut. Dan masih banyak keajaiban yang lain yang sering ditemui oleh masyarakat setempat maupun pengunjung yang berada di Kedung Kayang 

Setelah puas menikmati keindahan air terjun Kedung Kayang dan pakaian kami sudah basah kuyup, padahal kami tidak berenang, tapi dari cipratan dari air terjun Kedung Kayang yang bisa membasahi kami yang berada cukup jauh dari air terjun. Untuk kembali ke tempat parkir kami harus melalui rute yang sama seperti ketika kami datang tadi, kami harus menyusuri hulu sungai dan setelah itu menaiki bukit hingga sampai tempat parkir. Beberap kali saya berhenti karena ini sangat melelahkan karena semua kesenangan dan tenaga kami sudah kami habiskan di lokasi air terjun.

img_2535

Leave a Reply