Inner Beauty Si Rammang-Rammang – Maros, South Sulawesi

Destinasi wisata alam Rammang-rammang ini berada di Desa Salenrang Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. Untuk mengeksplore keindahan tempat ini pun cukup mudah karena anda bisa melakukan perjalanan darat sekitar satu jam dari Kota Makassar menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

img_0746
Kota Makassar

 

Sementara itu, untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat, bisa melakukan penerbangan menuju Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Sangat mudah untuk mendapatkan tiket pesawat karena bisa melakukan pemesanan secara online dari agen resmi yang banyak menyediakan jasa tiket online. Setelah tiba di bandara, tinggal melanjutkan perjalanan darat sekitar satu jam menuju destinasi wisata Rammang-rammang Maros.

Untuk menikmati taman batu terbesar ketiga di dunia ini kita bisa melakukan perjalanan menggunakan perahu dari dermaga satu dan dermaga dua dengan menyusuri sungai Pute. Sewa perahu pun beragam tergantung kesepakatan. Harga sewa perahu berkisar antara Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu. Agar lebih murah, anda bisa menyewa perahu bersama pengunjung lain yang ada. Nantinya, perahu ini akan membawa para pengujung untuk menyusuri sungai kapuas dan menikmati keindahan alam yang ada. Selain bisa menikmati pesona keindahan taman batu karst. Perahu ini nantinya akan membawa anda menuju kampung Berua. Kampung ini cukup tersembunyi karena dikeliling gunung batu kapur.

Sungai Kapus. Menuju Karst Ramang-Ramang (Kampung Berua)
Sungai Pute. Menuju Karst Ramang-Ramang

Terdapat beberapa cara untuk menikmati keindahan gugusan pegunungan karst di Rammang-Rammang ini, yaitu pertama dengan cara menyusuri Sungai Pute yang berada dalam kawasan ini, selanjutnya dengan cara jelajah sebuah kampung yang berada di tengah kawasan ini setelah melalui aliran Sungai Pute, yaitu Kampung Berua dan yang terakhir adalah dengan langsung mengunjungi spot bebatuan dan pegununang karst dari sisi darat, di tepian sawah dan bukit-bukit sekitarnya

CAMERA
Sungai Pute

Oiya, pada beberapa titik di sungai ini kitapun akan melewati gua-gua berhiaskan ukiran-ukiran unik dibagian dinding-dindingnya…hmm..cantik sih, bagaikan dipahat aja nih, padahal alami loh. Selain itu pula, sungai Pute ini juga dikelilingi pegunungan karst yang nampak dengan jelas karena letaknya yang bersebelahan. Beberapa gua bersejarah pun bisa kita lihat dari kejauhan di atas gunung-gunung tersebut. Jika berminat, bisa didiskusikan dengan pengemudi kapal untuk mampir trekking memanjat hingga sampai ke gua di atas bukit tersebut, so siapkan sendal gunung dan stamina yang ok ya gaes, dijamin capek pastinya. Berhubung kami semua pengennya wisata yang santai-santai aja selain saya juga hanya menggunakan sendal jepit, gimana ceritanya mau trekking manjat-manjat nih ? ok mang kapal, lanjut aja jalannya, trekking ke guanya next time aja deh, biar ada alasan untuk balik lagi kesini next time, hahaha !

 

sesampainya DI Dusun Berua….

img_7079
Karst Ramang-Ramang

Rammang-rammang di Maros populer akan gugusan batu karst yang menghampar di tepi sungai. Dengan menaiki perahu, traveler bisa menikmati keindahannya secara maksimal.

Seperti lagu Katon Bagaskara ‘Negeri di Awan,’ itulah Rammang-rammang, yang berarti sekumpulan awan dalam bahasa Makassar. Karena awan atau kabut yang selalu turun terutama di pagi hari atau ketika hujan.

Keindahan Rammang-rammang bisa disejajarkan dengan Ha Long Bay, Vietnam maupun Guilin, China. Lokasi Rammang-rammang berada di utara Kota Makassar, sedikit melewati ibukota Kabupaten Maros.

 

img_0928
Dusun Berua (Karst Ramang-Ramang)

Udara yang sejuk juga membuat pengunjung nyaman ketika berada di area wisata alam ini. Keramahan penduduk setempat seperti membuat pengunjung sedang berada di rumah sendiri. Untuk dapat mengelilingi area di sini, pengunjung dapat mengajak penduduk di sini yang sudah biasa menjadi pemandu wisata.

Dengan ditemani pemandu, pengunjung akan diajak melewati jalan-jalan di tengah hijaunya pematang sawah. Melewati jalan-jalan yang dikelilingi sawah tentu saja menjadi pengalaman tersendiri terlebih pemandangan seperti ini sudah jarang ditemukan di tengah kota.

 

img_0876
Sawah, Dusun Berua (Karst Ramang-Ramang)

Ada beberapa tempat yang bisa pengunjung datangi ketika berada di kawasan Rammang-Rammang ini seperti, Taman Hutan Batu Kapur, Telaga Bidadari, Gua Bulu’ Barakka’, Gua Telapak Tangan dan Gua Pasaung. Semua objek wisata ini bisa di kelilingi pengunjung dalam satu hari saja. Di area wisata ini belum terdapat penginapan, jadi pengunjung yang plesiran ke destinasi ini bisa kembali pada sore harinya…

 

KITA CINTA NUSANTARA karena, Tidak harus jauh2 untuk keluar Negeri buat nikmatin keindahan Alam Bumi kita INDONESIA..

 

 

Freelance Photographer

Leave a Reply