Jangan ke Sumba deh !

Post

jangan ke Sumba deh kalo kalian susah move on ! karena pesona Sumba bakal bikin kalian susah move on akan semua keindahan disana, serius. tapi saran aku, Sumba harus wajib kudu masuk ke dalam wish list travel kalian! Sumba yang letaknya di Nusa Tenggara Timur memiliki sejuta pesona, ada banyak cara menuju kesana dengan cara udara menggunakan pesawat (tapi harganya yang ehm) atau kalo pengen agak murah kalian harus nyoba jalur darat dan laut ya meski pun lama tapi cukup menantang, buka disini untuk cara menuju kesana dari Surabaya beserta range harga jadi kalian tau gambaran kesananya.

saran lagi nih kalo kalian datengnya dari Sumba Barat lebih baik explore semua Sumba Barat, dan ga cukup cuma 2 hari, kemarin aku cuma bentar aja jadi hanya ke Pantai Kita, Pantai Mandorak dan Danau Weekuri, padahal list explore Sumba Barat ada banyak sedih jadinya gabisa kesemua :(

pantai pertama yang kami kunjungi di Sumba Barat

[caption id="attachment_7348" align="alignnone" width="1296"]sepinya pantai Mandorak bagai pantai pribadi ;p sepinya pantai Mandorak bagai pantai pribadi ;p[/caption]

kaya cekungan yang di pantai mandorak
anak-anak sana yang berenang
anak-anak sana yang berenang di Danau Weekuri

itu foto-foto hanya beberapa tempat saja yang kami datangi, oiya untuk menuju ke Sumba Timur kalian bisa naik Trevel itu lho bis kecil, kalian bisa beli tiketnya di dekatnya Hotel Sinar Tambolaka dan sehari berangkat 2kali, sekitar jam 5 pagi dan jam 2 siang jadi kalian harus prepare dan jangan telat kalo ga bakal nunggu lama, harga tiket perorangnya sekitar 60-100k (aku lupa pastinya berapa:() dan jaraknya jauuuuuh banget, kemarin kami naik yang jam 2 dan sampai di Waingapu malam sekitar jam8-9an gitu

Setiba kami di Sumba Timur kami menginap di Hotel Elvin, untuk penginapan lebih banyak pilihannya dari pada di Sumba Barat. mulai lah kita explore disini ...

ada banyaaaakkkkk mau pantai ada rumah adat banyak sampai bingung mau kemana dulu, akhirnya kami memutuskan ke Pantai Puru Kambera dulu selajutnya ke perkampungan Raja Prailiu karena sejalan. saat di perjalanan menuju pantai pemandangnya super sekali, gabakal bosen dan pengen turun untuk foto-foto terus karena banyaknya spot-spot menarik dan pernah kami ditengah jalan distop sama rombongan shooting filmnya Marsha Timoty  itulho saking kerennya spot-spot disana.

perjalanan dari pusat kota ke pantai cukup jauh, dan bikin belang yang sampai sekarang ga ilang-ilang, ya gimana lagi kami naik motor :p oiya di Sumba Timur cukup aman kalo pengen explore sendiri tanpa ditemenin warga lokal, waze cukup berfungsi karena sudah ada sinyal dibeberapa titik tempat kalo ga ada ya menggunakan arah papan di jalan cukup lengkap kalo bingung tanya ke penduduk deh, yakin kami tanya bolak balik ke penduduk sana buat sampai ke pantai ini.

berhenti bentar buat foto hehehe
lagi-lagi berenti buat foto di engah jalan sepi sih jalannya
lagi-lagi berenti buat foto di tengah jalan sepi sih jalannya
kaya lost in savana di afrika padahal juga di Sumba dipinggir jalan lagi wkakaak
akhirnya sampai di pantai puru kambera, pantainya gampang ditmuin pokoknya di kanan jalan gitu dn sepi! lagi lagi kaya pantai pribadi heheh
puru kambera

setelah selesai dengan pantai Puru Kambera kami melanjutkan perjalanan ke kampung Raja Prailiu, sejalan kok dengan pantai initinggal nanti setelah pasar (apa gitu ak lagi2 lupa :() belok kanan masuk ke perbukitan dan jalannya bebatuan, naik lagi dan lagi sekitar 20menitan akhirnya sampai.

rumah-rumah disana semua masih rumah adat nanti kita bakal disuru ngisi data untuk pengunjung oiya lebih baik kasih beberapa uang gitu waktu ngisi data, karena disana engga ditarik uang sama sekali.

salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Sumba, selain pantainya.
Sisi lain dari Sumba
suasana di kampung Raja Prailiu

dan kami di Sumba Timur juga explore ke Bukit Wairinding, seharusnya ke Pantai Tarimbang (sejalan dengan ke Bukit Wairinding)  tapi berhubung kesorean dan takut baliknya hari gelap jadi batal deh :(

seribu bukit

dan kami pergi ke Pantai Walakiri, saran ya kalian kalo ke sini harus sampe sore dan lihat sunset! karena amazing bgt!! kami kemarin kesini 2x, karena hari pertama kami ga berenang dan hari kedua kami kesini akhrinya memutuskan untuk berenang. kalo pengen berenang sebaiknya pagi hari karena siang hari pantai surut banget

dancing tree
sebelum sunset
best therapy is lying on the beach

untuk menuju ke pantai Walakiri cukup mudah kok, arahnya dari bandara Umbu Mehang Kunda, udah lurus aja sampai nanti belok kanan lewat jalan bebatuan gampang kok:)

jadi gimana? Sumba harus masukin wish list kalian ya tapi siap-siap aja gabakal bisa move on:p

Apa kata heroes lainnya?

You must be logged in to post a comment.