6 Hal yang Seharusnya Dilakukan Ketika Traveling ke Jogja

Yogyakarta, Indonesia
Yogyakarta, Indonesia
Jogja Map

Yogyakarta atau yang lebih akrab disebut Jogja bisa dibilang sebagai destinasi wisata populer ke-2 setelah Bali. Kekhasan budaya dan keindahan alamnya mendorong wisatawan lokal atau mancanegara untuk mengunjungi lokasi ini. Begitu juga saya yang tidak pernah bosan setiap kali datang ke tempat ini apalagi kalau perginya dibayarin. 🙂 Siapapun yang datang ke kota ini saya sarankan untuk melakukan beberapa hal di bawah ini supaya anda puas ketika datang ke Jogja.

1. Jalan-jalan di sepanjang jalan Malioboro

Yogyakarta, Indonesia
Jalan Malioboro

Biasanya lokasi ini menjadi destinasi wisata malam yang pasti dikunjungi oleh setiap traveler. Belanja barang-barang untuk oleh-oleh yang khas Jogja dan harga murah bisa diperoleh di lokasi ini. Kalau yang saya lakukan ketika datang ke lokasi ini selain belanja oleh-oleh, biasanya juga mencari tempat refleksi untuk menghilangkan pegal-pegal di kaki selama jalan-jalan di lokasi ini. 🙂

2. Berkeliling kota Jogja dengan Becak dan mampir di warung Bakmi

Mengelilingi kota Jogja dengan becak di malam hari sambil menikmati keramaian jalanan di kota Jogja memberikan kepuasan khusus dalam menikmati kota ini. Jangan lupa luangkan waktu untuk mampir di warung bakmi Jogja yang populer di kota ini. Ada 2 warung bakmi populer yang saya tahu diantaranya bakmi PELE dan bakmi KADIN. Tukang becak yang anda tumpangi pasti mengenal lokasi bakmi tersebut.

Yogyakarta, Indonesia
Bakmi Kadin Godog

3. Nyangkruk minum Kopi JOSS di Angkringan

Yogyakarta, Indonesia
Kopi Joss di Angkringan

Arti sebenarnya dari Angkringan adalah sebuah gerobag dorong yang menjual berbagai macam makanan dan minuman yang biasa terdapat di setiap pinggir ruas jalan di Jogja. Dan Kopi Joss adalah minuman kopi yang dibuat dengan gula, kopi bubuk dan diseduh dengan air mendidih, lalu ditambahkan dengan arang panas. Ada banyak angkringan di kota ini. Sesekali mencoba minum kopi ini juga dapat memberikan kepuasan menikmati kota Jogja tetapi jangan terlalu sering sebab infonya arang yang dicampur dengan minuman tidak baik bagi kesehatan.

4. Nonton Sendratari Ramayana di Prambanan

Yogyakarta, Indonesia
Sendratari Ramayana di Prambanan

Mengunjungi kota ini, saya sarankan untuk menyempatkan menonton pertunjukan sendratari Ramayana di lokasi komplek candi Prambanan. Jarak lokasi candi Prambanan sekitar 45 menit dari pusat kota Jogja. Sendratari ini mengisahkan petualangan Rama dan Shinta dalam menjalani masa pertapaan di hutan sampai dengan akhirnya Shinta diculik oleh Rahwana dari kerajaan Alengka. Pertunjukan ini juga dikemas dengan humor dan efek pencahayaan yang menarik sehingga penontonnya tidak merasa bosan saat menonton.

5. Cave Tubing di Goa Pindul

Jika waktu anda cukup panjang di Jogja, cave tubing di Goa Pindul sebaiknya dimasukkan dalam itinerary anda. Goa Pindul adalah objek wisata berupa gua yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Goa Pindul dikenal karena cara menyusuri goa yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam goa (cave tubing). Lokasinya dapat ditempuh sekitar 2.5 jam perjalanan dari pusat kota Jogja.

6. Mengunjungi situs-situs sejarah

Memperkaya pengetahuan tentang sejarah Indonesia sambil menikmati keindahan alam sekitar tempat sejarah dengan berfoto-foto mungkin juga merupakan aktivitas yang menarik untuk dilakukan di Jogja. Ada beberapa lokasi situs sejarah yang tidak jauh ditempuh dari pusat kota ini diantaranya Keraton Jogja, Candi Prambanan dan Situs Ratu Boko. Berbicara keraton dan candi, traveler pasti sudah mengenal bahwa kota ini memang tempatnya situs-situs sejarah tersebut. Situs Ratu Boko juga memiliki keindahan alam yang benar-benar mempesona.

Sumber: irfan-room.com

Just a travel and lifestyle blogger who love to share everything about beautiful world through the words. Follow me at irfan-room.com.

Leave a Reply