Jogja Tetap Istimewa!

Jogja Memang Istimewa Bahkan Tetap Istimewa!

Jogja merupakan salah satu destinasi favorit di Indonesia. Tak hanya menyimpan tempat wisata dan kuliner khasnya, namun Jogja juga menyimpan rindu. Entah mengapa rindu itu hanya ada di Jogja.

Travelling ke Jogja menjadi hal yang saya tunggu-tunggu ketika otak sudah merasa lelah dengan aktivitas sehari-hari. Jangan sepelekan travelling. Karena dengan travelling, kalian bisa merawat nalar kalian menjadi lebih kuat. Tidak hanya badan, otak pun butuh istirahat. yaitu dengan travelling. Bisa dengan teman, sahabat, saudara, pacar atau bahkan mantan (siapa tahu bisa balikan) hehe

Liburan kali ini saya kembali ke Yogyakarta, kampung halaman saya. Saya tetap ingin meng-explore dan memperkenalkan kota kelahiran saya. Bahwa, Jogja memang dan tetap Istimewa dengan tempat wisata di daerah dan spot foto andalannya.

1. Puncak Becici, Mangunan, Bantul.

 

Baru-baru ini Puncak Becici dibuka untuk umum dan mulai dikenal setelah banyak yang menyaksikan dan tertarik dengan view alam sekaligus Gunung Merapi langsung, dan sebagai perkenalannya, untuk masuk ke tempat ini hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp.2.000/motor. Tempat ini menyediakan beberapa rumah pohon yang tentunya menjadi spot foto terbaik bagi para pengguna instagram.

 

2. Hutan Pinus Imogiri, Bantul

Tak jauh dari Puncak Becici, kalian bisa turun kembali dan bisa mengunjungi Hutan Pinus Imogiri ketika akan hendak pulang. Disini, hanya dikenakan biaya parkir Rp. 2.000/motor. Bagi para hammockers dan penggemar camping, disinilah tempat yang cocok. Suasananya yang masih asri, angin yang berhempus pelan , ditambah dengan suara riuh anak burung yang berebut makanan menjadi pelengkap bersantai kalian yang memasang hammock dan tenda.

Oiya, tempat ini juga sering dijadikan foto pre wedding loh. Siapa tau calon suami-istri kalian baca tulisan ini dan tahu tempatnya. Siapa tau kan.

3. Kebun Buah Mangunan, Imogiri
 Sekitar 5-8 km dari Puncak Becici dan Hutan Pinus, Kebun Buah Mangunan menjadi tempat tujuan saya selanjutnya. Yang menarik dari wisata ini bukan kebun buahnya, melainkan spot foto dengan view alam dan sungai yang mirip sun Untuk masuk kesini, kalian harus mengeluarkan tiket masuk Rp.10.000/orang dan parkir motor Rp.2.000/motor. Kebun Buah yang memiliki view sungai seperti Sungai Kapuas di Kalimantan atau bahkan Sungai Amazon di Brazil menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.
 4. Air Terjun Lepo, Dlingo
Setelah berpanas-panasan, kalian bisa menyegarkan badan kembali dengan mengunjungi Air Terjun Lepo di Dlingo, Bantul ini. Meskipun tidak mempunyai Air Terjun diatas tebing tinggi, namun 3 kolam renang alaminya menjadi andalan di tempat wisata terbaru ini.
Hanya membayar biaya parkir Rp.2.000/motor, kalian bisa menikmati ketiga kolam renang alami tersebut.
5. Pantai Baru, Bantul

Perjalanan 2jam dari Air Terjun Lepo tak sia-sia. Kincir angin dan pasir putihnya menjadi spot terbaik untuk mengabadikannya lewat foto.
Spot disini mirip-mirip di Ansterdam, Belanda dengan kincir anginnya.
Sebelumnya kalian harus membayar biaya retribusi sebesar Rp. 10.000/orang untuk bisa menikmati beberapa pantai di sepanjang jalan ini. Dan untuk memasuki pantainya, kalian hanya membayar biaya parkir sebesar Rp.2000/motor.

6. Mercusuar Pantai Pandansimo

 

Tak jauh dari sekitaran Pantai Baru, kalian bisa menyempatkan untuk menaiki mercusuar setinggi 45m ini. Kalian hanya dikenakan tarif biaya renovasi, sebesar Rp.2.500/orang.
Disini kalian bisa melihat view beberapa pantai dan tambang garam di sekitar pantainya.

7. Gumuk Pasir, Parangtritis
Dan ini menjadi spot favorit saya. Saya suka Senja. Tenang. Damai. Mengingatkan.
Kalian bisa mengakhiri trip dengan menunggu senja di Gumuk Pasir, Parangtritis. Suasana ala-ala Gurun Sahara menjadi perhatian para pengunjung.
Kalian bisa juga menikmati Gurun Pasir ini dengan menyewa papan selancar pasir. cocok untuk kalian yang senang berolahraga. Biayanya sekitar Rp. 50.000/papan. Ya kalian patungan aja beberapa orang untuk menyewa satu papan dan silih bergantian mencobanya, lebih hemat kan 😀

Leave a Reply