Kamu Pendaki Pemula? Ini 7 hal yang wajib kamu perhatikan!

7 Hal yang harus kamu perhatikan sebelum mendaki

Kegiatan pendakian gunung belakangan bukan lagi menjadi sesuatu yang aneh dikalangan masyarakan terutama anak muda. Efek perkembangan media sosial dan juga banyaknya film-film yang menceritakan tentang kegiatan pendakian gunung membuat keinginan orang-orang untuk melakukan pendakian gunung menjadi meningkat.

Di satu sisi, meningkatnya minat masyarakat orang-orang pendakian gunung menunjukkan adanya kesadaran manusia akan kebutuhan mereka akan alam. Orang-orang melakukan pendakian gunung dengan berbagai alasan yang melatar belakanginya. Ada yang benar benar pecinta alam, ada yang hanya sekedar ingin mencari kedamaian, ada juga yang sekedar ikut-ikutan tren.

Walaupun gunung-gunung belakangan ini sudah ramai oleh para pendaki, tetap saja kegiatan pendakian gunung merupakan sesuatu yang tergolong ekstrim dan harus di persiapkan segala sesuatunya. Jika Kamu seorang pendaki pemula, atau kamu punya keinginan mendaki gunung untuk pertama kalinya. Pastikan kamu memperhatikan 7 hal berikut ini :

1. Waktu Pendakian dan Cuaca

ranulumbolo
Waktu dan cuaca pendakian yang sesuai akan memudahkan kita dalam pendakian. Foto ini Saya ambil sewaktu pendakian ke Mahameru, saat itu cuaca sangat cerah di Ranukumbolo.(pic by me @baratdaya_)

Perhatikan waktu kapan kamu akan melakukan pendakian. Sangat tidak disarankan melakukan pendakian di musim hujan. Disaat musim hujan, biasanya track pendakian akan sangat licin, belum lagi badai gunung yang sewaktu-waktu bisa menghampiri kamu. Jadi, perhatikan betul kapan waktu pendakian yang tepat.

2. Teman Pendakian

Selain teman pendaki yang sudah berpengalaman, cari juga teman yang asik ya. ;)
Selain teman pendaki yang sudah berpengalaman, cari juga teman yang asik ya. πŸ˜‰ (pic by me (@baratdaya_)

Sebelum melakukan pendakian, pastikan kamu merencanakan akan melakukan pendakian dengan siapa. Jika kamu seorang pendaki pemula atau belum pernah melakukan pendakian sebelumnya, pilihlah teman pendakian yang sudah berpengalaman dan sudah mengerti serta sudah hafal dengan jalur pendakian gunung yang akan kamu daki. Jika terjadi badai atau sesuatu yang tidak diinginkan selama di perjalanan saat pendakian, kamu akan merasa sedikit aman jika pergi dengan teman yang sudah punya pengalaman.

4. Perhatikan Kelengkapan Peralatan

adventure gear
Perhatian kelengkapan peralatan pendakian kamu sebelum mendaki (source pic : flickr)

Pendakian gunung merupakan kegiatan ekstream yang butuh persiapan matang dan peralatan pendakian yang lengkap. Pastikan tidak ada satupun peralatan pendakian kamu yang tertinggal. Peralatan pribadi seperti Sepatu Gunung, Sleeping bed, Jaket gunung, Jas Hujan, sarung tangan, kupluk dan peralatan wajib lainnya. Dan satu lagi yang tak boleh dilupakan adalah Tenda dengan kapasitas yang sesuai dengan banyak anggota pendakian kamu.

5. Persiapkan Logistik yang Cukup

Masalah perut memamng harus diutamaan dalam pendakian (pic by me (@baratdaya_)
Masalah perut memamng harus diutamaan dalam pendakian (pic by me (@baratdaya_)

Urusan perut memang seharusnya diutamakan, karena sewaktu mendaki tenaga kamu akan sangat terkuras dan tentunya membutuhkan pasokan kalori dari makanan. Pastikan kamu membawa makanan dan logistik yang cukup. Usahakan membawa makanan yang siap saji atau mudah disajikan dikarenakan digunung biasanya kita tidak akan punya banyak waktu untuk memasak. Selain karena waktu yang cukup singkat, cuaca di gunung juga kadang tak menentu, hujan bisa terjadi kapan saja dan akan menghalangi kamu untuk memasak dikala hujan turun. Saran Saya, usahakan makan makanan yang enak-enak, karena digunung sudah capek-capek berjalan, masa makan makanan yang biasa aja sih? Berikan sedikit hadiah buat tubuh kamu yang telah berjuang menaklukan jalur pendakian yan berat. πŸ˜€

6. Taati Aturan Pendakian dan Aturan Alam

pendaki
Taati aturan pendakian dan pulang dengan selamat adalah tujuan utama mendaki

Berjalan di jalur pendakian gunung, kita menjadi orang asing sekaligus tamu disitu. Jadi, sudah seharusnya kita menaati aturan-aturan yang ada di gunung yang akan kita daki tersebut. Biasanya sebelum kegiatan pendakian dimulai, para pendaki akan diberikan semacam briefing terlebih dahulu oleh petugas BKSDA maupun petugas Taman Nasional yang memegang tanggung jawab di pendaian gunung tersebut. Pada saat briefing, biasanya petugas akan menanyakan kelengkatan peralatan pendakian seperti tenda, sleeping bag, jaket gunung, sepatu tracking dan kelengkapan lain yang diperlukan saat pendakian.

7. Yang paling penting, Bawa Kembali Sampah Kamu Turun Gunung

memungut sampah di gunung
Perlu diingat, sampah yang kamu bawa ke gunung harus dibawa lagi turun untuk menjaga kebersihan alam. (pic : greenbooks)

Belakangan jumlah pendaki makin bertambah. Minat masyarakat dalam hal pendakian gunung kian melambung. Gunung-gunung sudah rami dikunjungi oleh pendaki-pendaki. Efek negatif yang ditimbulkan adalah banyaknya sampah yang menumpuk di gunung-gunung aibat dari ulah sebagian pendaki yang tak menaati aturan. Gunung yang semestinya merupakan tempat yang bersih dan suci, malah tercemari oleh sampah-sampah yang menggunung. Itulah kenapa para pendaki diwajibkan membawa trashbag untuk mengumpulkan sampah yang dihasilkan selama pendakian dan harus kembali dibawa turun. Semoga gunung-gunung di Indonesia dan dimanapun tetap bersih ya Kawan. Salam Lestari!

Kalau ada tambahan lain, silahkan posting di coment ya, πŸ™‚ (@baratdaya_)

Follow instagram : @baratdaya_ ~ Seorang Pejalan amatir yang tidak tahan untuk tidak menjelajahi setiap jengkal sisi baik dari negeri ini.

Leave a Reply