Karimun Jawa - Paradise You Have To Visit

Post

Pasti diantara kalian sudah tidak asing lagi dengan nama 'Karimun Jawa'. Am i right? Kali ini saya ingin berbagi cerita liburan ke Karimun Jawa. Semoga menginspirasi dan bermanfaat bagi kalian yang ingin berlibur ke sana. Cekidot!

Perjalanan saya ke Karimun Jawa dimulai dengan menaiki armada Gojek ke Stasiun Senen. Ohiya, tim Goes to Karimun Jawa kali ini terdiri dari Elli, Fitra, Adi, dan saya sendiri. Trip kali ini memang saat high season dan diluar rencana juga. Sebelumnya Fitra dan Elli sudah pesen tiket kereta dari jauh jauuuuh hari. Beda dengan mereka, Adi dan saya dapet tiket tambahan menjelang Natal. Sedikit tips untuk para backpacker, lebih baik kalian pesen dan mengamankan tiket dulu daripada booking travel organizer karena travel organizer ke Karimun Jawa sudah cukup banyak. Kalian juga bisa berlibur ke Karimun Jawa tanpa travel organizer, tapi make sure kalian datang dengan rombongan yang cukup banyak anggotanya ya. Why? Karena harga sewa kapal di Karimun Jawa lumayan mahal. Untuk homestay (penginapan) sendiri lebih banyak pilihannya.

Kami berangkat ke Semarang dengan kereta Menoreh. Biaya kereta Menoreh dari Stasiun Senen ke Semarang Tawang seharga 240K (ini harga tiket tambahan), normalnya 90K, sedangkan biaya travel organizernya meeting point Pelabuhan Tanjung Mas Semarang sebesar 975K (ini harga high session).

Fyi, berhubung nyebrang ke Karimun Jawanya hari Kamis, jadi meeting point nya di Semarang dan menggunakan Kapal Express Kartini. Kalau nyebrangnya hari Jum’at, meeting point nya di Jepara dan kalau ga salah menggunakan kapalnya bukan kapal express ya. Kami menyebrang ke Kepulauan Karimun Jawa. Alhamdulillah, cuaca bersahabat. Bagi kalian yang ingin nyebrang kemanapun, harus punya plan B kalau memang cuaca dan laut nya tidak bersahabat ya. Safety first.

Selanjutnya, kami menggunakan taksi untuk perjalanan ke Pelabuhan Tanjung Mas, jarak dari Stasiun Tawang ke Pelabuhan Tanjung tidak terlalu jauh. Ongkos taksi sebesar kurang lebih 25K.

Penyebrangan ke karimun jawa saat itu bagaikan naik kora-kora. Ombaknya tinggi dan kenceng banget. Tidur menjadi pilihan terbaik ditambah semaleman dikereta ga bisa tidur nyenyak. Setelah perjalanan laut selama kurang lebih 4.5 jam, akhirnya sampai juga di dermaga besar Kepulauan Karimun Jawa. Alhamdulillah…. sensasi perjalanan laut yang berbeda karena ombaknya kenceng dan pake kapal express (bukan kapal besar) jadi jauuuuh dari kata nyaman dan tiap kebangun dari tidur selalu banyak banyak baca istigfar :”) dan belum afdol kalo belum foto di gerbang selamat datang nya karimun hehehehe. Hello Karimun!

welcome to karimun jawa img

Setelah puas foto2 di gerbang selamat datang, kami diantar ke homestay menggunakan mobil. Letak homestay agak jauh dari dermaga besar tetapi dekat dengan alun-alun karimun. Sampai dihomestay,makan siang, solat, istirahat sebentar dan kita siap untuk snorkliiiiiiing. yeaaaaay! Ini dia muka-muka masih fresh, belum menghitam sebelum snorkling. First selfie in Karimun

img_2693

Our first destination is snorkling spot in Menjangan Kecil Island. Spot snorkling kali ini masih berada di laut yang agak dalam ya, lebih aman karena kaki ga akan ke gores-gores terumbu karang sekaligus ga akan ngerusak terumbu karangnya juga. Terumbu karangnya masih bagus, tetapi ikannya tidak begitu banyak. Jangan lupa bawa roti ya buat mancing ikannya mendekat. Berikut beberapa dokumentasi selama snorkling di Pulau Menjangan Kecil. Foto pertama adalah foto dimana muka kita masih fresh, belum gosong. Pulang dari Karimun? Udah ga usah ditanya hahahha

keindahan terumbu karang pic

DCIM101GOPROG1235714.

karimun-jawa-3

Setelah snorkling di Pulau Menjangan Kecil, kami menuju penangkaran hiu. Selain bisa main sama hiu, ada juga spot foto bagus disini. Dirombongan sukawisata 24-26 Des 2015, ada kaka adik kewarganegaraan Jerman yang ikut liburan juga loh. Dan mereka minta foto bareng sama kita juga. As always, here are the best photos!

dsc_0670

karimun-jawa-4

karimun-jawa-5

Finally, setelah snorkling dan main-main sama hiu, kami balik lagi ke pulau karimun. Sebelum pulang ke homestay, kami menyempatkan ambil foto di icon nya Karimun Jawa. Langitnya cantik, dan rezeki banget ngeliat full moon ditempat ini… Maka nikmat Tuhan mana lagi yang kamu dustakan? :)

sunset at karimun jawa img

Hari kedua di Karimun diawali dengan snorkling di spot kedua, di sekitar Pulau Cemara. Di spot ini lebih dangkal, jadi terumu karang dan ikannya lebih jelas dan lebih baguuuuuus. Ohya, jangan lupa bawa roti ya biar ikannya pada ngumpul :)

DCIM101GOPROGOPR5759.

Setelah cape snorkling, kita main sambil nunggu makan siang di Pulau Cemara Kecil. Aku ketemu Patrick disini hihi. Please, say hello to him

dsc_0729

Setelah makan siang, kita lanjut lagi ke destinasi ketiga yaitu Tanjung Gelam. Destinasi terakhir sebelum besok kembali ke realita masing-masing…..

img_2869

karimun-jawa-6

img-20151230-wa0026

Last day on Karimun, and the hardest part when you’re on vacation is……. saying good bye… See you again in another moment!

mtf_nkpiw_146-jpg