Kasada Ceremony in Mount Bromo

Post

Kasada Ceremony

ini perjalananku,
kali ini saku singgah disebuah desa dilereng gunung bromo. desa yang masih kental akan budaya dan adat istiadatnya. Desa Tengger, desa yang terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. desa ini selain terkenal akan keindahannya di Indonesia bahkan Internasional Tengger juga terkenal akan keramahan dan solidaritas keagamaan atar umat beragama. Desa Tengger salah satu dari banyak suku di Indonesia yang masih menjunjung tinggi warisan leluhur salah satunya adalah Upara Kasada.

Upacara Kasada adalah adalah sebuah hari upacara sesembahan berupa persembahan sesajen kepada Sang Hyang Widhi. Setiap bulan Kasada hari-14 dalam Penanggalan Jawa diadakan upacara sesembahan atau sesajen untuk Sang Hyang Widhi dan para leluhur. asal muasal upacara kasada tidak lepas dari asal asul desa tengger ada. cerita rakyat tengtang putri kerajaan majapahit (Roro Anteng) yang jatuh cinta pada seorang pria bernama Joko Seger. sekian lama mereka menikah namun tidak jua dikaruniai anak dan pada suatu hari mereka memohon kepada dewa di gunung bromo mereka bertapa dan pada akhirnya mendapat jawaban. mereka akan dikaruniai anak dengan syarat anak ke 10 (kalau gak salah) harus ditumbalkan dan dimasukan ke kawah gunung bromo. sampai waktu itu tiba dewa menagih janji apa daya kasih orang tua yang besar dan tak rela anaknya dijadikan tumbal akan perbuatannya dulu.

Warga tengger memperingati hari itu dengan mengadakan upacara kasada dengan melemparkan ternak dan hasil bumi ke kawah gunung bromo, warga percaya akan terjadi bencana jika kelak upacara atau adat tersebut tidak dilakukan. sampai detik ini upacara kasada menjadi agenda rutin warga suku tengger bahkan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal bahkan internasional.

Upacara kasada tak seseram yang anda pikirkan. banyak warga sekitar yang memanfaatkan momen ini mulai tukan ojek, ojek kuda sampai orang yang mengais dan bertaruh nyawa mengambil sajen berupa ternak dan hasil bumi di lereng dalam kawah bromo. lengah dikit masuklah ke kawah.

Indonesia itu unik inilah yang membuat saya terus menggali keunikan yang ada di Indonesia.

Salam Gadonesia...

 

View gunung bromo dari puncak B29

 

 

beberapa ternak dan hasil bumi yang akan di lempar ke kawah gunung bromo

 

 

 

sedikit foto narsis kita hehe

Apa kata heroes lainnya?

You must be logged in to post a comment.