Kawah Putih buat Pikiran Jernih

Kawah Putih Ciwidey

Apa yang terlintas di pikiran kalian saat mendengar kampung halamanku, Kota Bandung? Udara sejuk? Keramahan warganya? Factory outlet? Angklung? Atau kuliner yang enak dan serba unik? Ada yang sudah pernah ke Kawah Putih belum? Kali ini aku mau share tentang sejarah menarik dibalik ditemukannya Kawah Putih. Saat aku melintas melewati jalur masuk yang dibatasi hutannya saja sudah terasa kedamaiannya. Angin semilir menyapaku dengan usapan wajah yang lembut, membuatku tak sungkan untuk tersenyum. Cocok banget buat yang lagi suntuk supaya pikiran bisa kembali jernih.Kawah Putih Ciwidey

Menurut para ahli, terbentuknya kawah bermula pada abad X dan XII dimana terjadi sebuah letusan yang membentuk sebuah kawah besar yang sangat indah. Namun sayangnya, tak ada satu pun orang yang berani ke wilayah ini karena dianggap angker sehingga keberadaannya tidak diketahui orang. Lalu pada abad ke-19 ada seorang peneliti asal Belanda, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn yang ingin tahu dan memberanikan diri menembus hutan yang mengelilingi wilayah Kawah Putih ini. Tak disangka, ia menemukan pemandangan yang elok berupa danau dengan air yang sedikit hijau dengan semburan lava di atasnya! Kabar ini pun terus tersebar hingga terkenal saat ini.

Cerita Lain: Merindukan Kampung Halaman Ditempat Perantauan

Ngomong-ngomong, sejarah penemuan KawahPutih ini juga mengajarkanku untuk menjadi pribadi yang ingin tahu dan berani akan hal baru supaya terus berkembang dan maju, jangan takut untuk melakukan eksplorasi, menjelajah daerah baru, misalnya. Tapi di balik itu semua, jangan lupa #ingetkampung!

Cerita Lain: Yang Bikin Baper (Dan Laper) Dari Surabaya

1 Comment

Leave a Reply