Keindahan Menjangan

Pagi-pagi setelah mengisi perut kami para pemenang dan  tim KitaIna bergegas untuk snorkeling ke Menjangan, salah satu spot diving terbaik di Bali. Tapi kali ini kami hanya snorkeling.

Menjangan terletak di kawasan Taman Nasional Bali Barat, cukup dekat dengan utara Bali. Berada di Desa Klampok, Kecamatan Groggak, Kabupaten Buleleng, Bali. Bila kita menempuh dari Denpansar akan memakan waktu sekitar 3-4 jam.

Kami yang berangkat dari Mayo Resort hanya memerlukan waktu 1 jam saja.

Untuk menuju Menjangan kita harus menyeberang menaiki kapal. Pelabuhan Labuan Lalang itu tujuan kami untuk menuju ke Menjangan.

Belasan kapal terparkir di bibir kapal. Menunggu penumpang yang ingin keindahan bawah laut Menjangan. Banyak turis asing terlihat.

Cuaca hari itu cerah dan biru mendominasi dari langit, laut serta semua kapal berwarna biru.

“Blue is known as ‘sad’ colour. But when I see the ocean, all my sorrow is washed away.

A.M

Kenapa disebut Pulau Menjangan. Menjangan berasal dari bahasa Jawa yang berarti rusa. Banyak rusa yang hidup liar di pulau ini. Tapi semakin lama populasi rusa di pulau tak berpenghuni ini mengalami penurun. Pemerintah menjadikan Pulau Menjangan termasuk dalam Taman Nasional Bali Barat. Untuk menjaga keberlangsungan ekosistem di Pulau Menjangan.

Terkenal dengan keindahan bawah lautnya mempesona. Dan saya ingin melihat dengan mata kepala sendiri.

Kami tidak singgah di Pulau Menjangan, kapal berhenti di spot yang telah ditetapkan untuk snorkeling. Ada beberapa kapal yang berhenti di tempat yang sama dan satu sama lain saling mengikat agar tidak terbawa arus gelombang.

Menjangan terkenal dengan wall diving-nya. Menyelam dengan mengikuti jalur tebing di bawah laut. Tapi kami hanya melakukan snorkeling , karena dengan snorkeling  pun keindahan bawah laut Menjangan masih bisa dinikmati.

Di bawah laut Menjangan banyak terdapat terumbu karang. Terumbu karang ini berkumpul di dinding batu dan membentuk gua-gua kecil. Saya takjub melihatnya.

(foto oleh : setapakkecil)

Berbagai jenis ikan dan terumbu karang dapat terlihat jelas di bawah laut Menjangan dikarenakan perairannya yang tenang serta jernih. Banyak jenis ikan aneh yang saya lihat tapi nggak tahu namanya. Saya cuma tahu Nemo. Dan mereka bersembunyi diantara anemon yang bergoyang-bergoyang.

Mereka yang bergerombol katanya adalah tuna, jackfish, batfish, angel fish. Saya melihat penyu laut sedang diam diantara bebatuan batu karang. Konon katanya ada hiu di bawah laut Menjangan.

(foto oleh : setapakkecil)
(foto oleh : setapakkecil)

Setelah puas snorkeling di dua titik dan hari mulai beranjak siang kami memutuskan untuk kembali. Dan saat beranjak pulang saya melihat sebuah Patung Ganesha berada di Pulau Menjangan. Pulau Menjangan adalah pulau tak berpenghuni. Hanya ada populasi rusa yang menetap di Pulau Menjangan. Tapi terdapat sebuah pura yang berdiri kokoh.

Patung Hyang Sang Ganesha

Ternyata pura tersebut bernama Pura Agung Pingit Klenting Sari di mana pada ujung pulau terdapat Patung Sang Hyang Ganesha dengan berlatar belakang Gunung Ijen menghadap ke pulau Jawa. Patung ini berdiri kokoh dengan tinggi 15 meter.

Kalau ke Menjangan sempatkan juga mengunjungi Bali Tower Menjangan.  Bali Tower Menjangan berada di dalam Menjangan Resort  Bali Barat. Resort ini membuka restorannya untuk dikunjungi umum. Ikuti arah dengan benar karena resort ini berada di dalam hutan jangan sampai tersesat.

Dari Bali Tower ini kita bisa melihat kawasan Taman Nasional Bali Barat secara menyeluruh dari atas. Dan ini adalah spot terbaik untuk melihat sunset.

Menjangan tak hanya indah dilihat dari bawah lautnya tapi juga dari atas. Saya orang beruntung yang melihatnya secara keseluruhan. Di Menjangan hati saya tertawan.

Masih belajar membaca. Membaca dunia.

Leave a Reply