Keindahan Papandayan dan Daya Tariknya

Gunung papandayan merupakan salah satu gunung api aktif yang masih sering dikunjungi oleh masyarakat. Gunung Papandayan ini terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat Indonesia, dan lebih tepatnya berada di Kecamatan Cisurupan dengan ketinggian -/+ 2665 mdpl. Jaraknya dari Kota Bandung kurang lebih 75 kilometer.

Papandayan juga merupakan Gunung pertama yang saya kunjungi dengan beberapa sahabat. Saya memang bukan orang yang tergabung dalam komunitas atau organisasi pecinta alam, tapi tidak ada salahnya dong untuk menikmati pemandangan keindahan ciptaan Tuhan, asalkan tidak merusak dan selalu menjaga lingkungan hehehe :)

Processed with VSCOcam with c1 preset

20150502_130849 img_0825

Sahabat saya yang berangkat ke Papandayan saat itu adalah Toro, Ikbar, Diza, Prada, Thoriq, Rizal, Babeh, Dito, Topik dan saya sendiri, yang kebetulan sebagian besar dari mereka adalah teman di kosan saat kuliah di Bandung “KOSNET”. Awalnya saya ragu dan khawatir untuk berangkat karena mepet dengan jadwal “Sidang Seminar Skripsi”, tapi kapan lagi bisa berangkat bersama rekan-rekan seperjuangan kosan, ya ga ? hehe.

Oke masuk daya tarik Papandayan versi saya sendiri, hehe.

Awalnya kaget, karena baru perjalanan sebentar dari Camp David  sudah di suguhkan pemandangan Kawah Papandayan yang ternyata kawahnya tidak terletak di puncak Gunung tapi di bawah, woww luar biasa.

2015-05-17-12-36-19-1 2015-07-13-08-21-08-1

Setelah itu kami melewati Pondok Saladah yaitu kawasan untuk mendirikan tenda/camp, perjalanan dilanjutkan menuju “Hutan Mati” yang merupakan bekas hutan dengan kondisi  pohon dan tanaman sudah mati dan hanya tersisa bekas ranting dan pohon tanpa daun, konon katanya dulu area tersebut dilewati lahar gunung sehingga mengakibatkan tanaman dan segala isinya mati, disisi lain justru pemandangan di “Hutan Mati” terlihat unik dan menarik untuk dipandang.

2015-05-04-08-37-16-2

Processed with VSCOcam with c1 preset

Setelah melewati Hutan Mati, akan kita temui “Tegal Alun” yaitu area padang edelweis. Woww baru pertama kali ini nih saya melihat tanaman yang namanya edelweis, maklum lah saya anak rumahan yang jarang keluar :) . Di Tegal Alun tidak hanya padang edelweis yang bisa kita lihat dan nikmati tapi ada juga aliran air yang bersumber dari mata air pegunungan yang langsung bisa diminum juga hehe. Setelah melewati Tegal Alun akan ditemui puncak Papandayan. Nah itu dia pengalaman yang penulis rasakan bersama dengan sahabat. hehe……  Salam

ig : @pritjohan

Leave a Reply