Keindahan pulau kecil di Sumbawa Barat, Pulau Kenawa ...

Post

 

Kami merencanakan perjalanan ini yang mulanya hanya basa basi ternyata hal ini menjadi terwujud, yey! Pulau Kenawa merupakan destinasi awal kita, yang terletak di dekat Pelabuhan Pototano, Sumbawa Barat.

kami berangkat dari Stasiun Gubeng Baru Surabaya, sekitar pukul 22.00 WIB. Kami menaiki kereta api bisnis Mutiara Timur Malam dengan harga normal Rp 100.000 namun dapat potongan menjadi Rp 92.500. sebenarnya ada yang lebih murah kerata api Probowangi seharga Rp 60.000 namun tiket harus dibeli on the spot. Kami sampai di Stasiun Banyuwangi Baru sekitar pukul 04.30 pagi lalu kami melanjutkan dengan berjalan kaki menuju Pelabuhan Ketapang hanya 10 menit.

tiket kapal Pelabuhan Ketapang Banyuwangi ke Pelabuhan Gilimanuk Bali sekitar Rp 8.000 /orang waktu tempuh sekitar 30-45 menit, sesampainya di Pelabuhan Gilimanuk Bali kami melanjutkan dengan mini bis ke Terminal Ubung dengan harga Rp 60.000 namun kita berhasil nego hingga harga menjadi Rp 35.000 /orang :)))) wkwkwkwk. sekitar 4 jam perjalanan akhirnya kita sampai di Terminal Ubung, seharusnya ada bis yang langsung bisa menuju Pelabuhan Padang Bay namun bis tersebut hanya beroprasi dari siang sampai subuh. Sampai Terminal Ubung kami melanjutkan ke Pelabuhan Padang Bay menggunakan Carteran mobil pribadi milik orang dengan harga Rp 70.000 /orang bisa dapat murah karena barengan sama rombongan lain dalam satu mobil (jangan lupa untuk dinego ya!) jam 1 siang sampailah kita di Pelabuhan Padang Bay, tiket kapal seharga Rp 41.000 /orang, lama perjalanan sekitar 4-5 jam. diperjalanan yang sangat lama kami menyempatkan untuk membersihkan diri dan istirahat.

kita sampai Pelabuhan Lembar Lombok jam 6 magrib. setiba disana kita dijemput teman kami dan diperbolehkan istirahat dirumahnya karena kami merencanakan perjalanan pada ke esokan harinya. tibalah pagi yang cerah dan kami melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan kayangan menggunakan motor pribadi, dengan waktu tempuh sekitar 3jam. harga tiket dari kayangan menuju Pototano Rp 20.000 /orang dan Rp 50.000 untuk kendaraan motor, sehingga kami memilih utuk memparkirkan motor di pelabuan (gratisss). waktu tempuh perjalanan 2 hingga 3 jam. setiba di Pelabuhan Pototano kami melanjutkan ke dermaga sebelah tempat penyebrangan menuju Pulau Kenawa dengan berjalan kaki sekitar 15 menit. disana kita menunggu bapak yang akan mengantar kita ke Pulau Kenawa sambil menikmati pemandangan dari gubuk yang keren brow!

bentar lagi sampai Pulau Kenawa, udah ga sabar lagi. ayey img
bentar lagi sampai Pulau Kenawa, udah ga sabar lagi. ayey

untuk harga perahu cepat Rp 200.000-300.000 /kapal. jangan lupa meminta kontak nomer bapak yang mengantar untuk mengkonfirmasi kapan kalian dijemput. (kontak pemilik kapal 081916992523) setelah 10-15 menit sampailah kita di Pulau Kenawa :)))) sesampainya disana kita mendirikan tenda, karena kami merencanakan menginap sehari satu malam, perlu diingat jika kalian ingin camping disana jangan lupa membawa autan! karena nyamuk-nyamuk nakal hahaha dan perlu diketahui disana tidak ada persewaan alat snorkling jadi bawa sendiri yaw .. ini beberapa foto kita di Pulau kenawa :)

pulau mungil yang keren
pulau mungil yang keren
rumput hijau di musim hujan pic
kalau lagi musim hujan warna rumputnya hijau, coba deh kalo musim kemarau kaya di savana

kami pulang esok siangnya dan yang perlu diingat adalah

"jangan mengambil apapun selain gambar, jangan meninggalkan apapun selain jejak dan jangan membunuh apapun selain waktu"

Apa kata heroes lainnya?

You must be logged in to post a comment.