Keindahan Pulau Lombok yang Tiada Tara

Bukit Merese, Tanjung Aan

Bosan dengan rutinitas kerja? Ingin berlibur tetapi tidak memiliki cuti yang banyak? Lombok bisa menjadi salah satu pilihan destinasi untuk short-escape kaliah loh!

Di kesempatan kali ini, saya akan share pengalaman saya mulai dari Transportasi, Tempat Wisata, Penginapan, dan Makanan Khas yang saya coba di Lombok selama 3 hari 2 malam.

Transportasi
Saya memilih keberangkatan jam 10 pagi dari Jakarta menuju Lombok. Penerbangan memakan waktu sekitar 2 jam. Ada berbagai maskapai yang menyediakan penerbangan Jakarta-Lombok, dan untuk range harga keberangkatan dari Jakarta menuju Lombok mulai dari IDR 800.000 untuk pulang pergi.

Untuk transportasi di Lombok, teman saya merekomendasikan salah satu tempat penyewaan mobil, sehingga saya menggunakan jasa tersebut selama di Lombok ini.  Jalanan di Lombok bisa dibilang sangat terawat dan bagus, hanya saja jarak dari satu lokasi ke lokasi lain cukup jauh.

Tempat Wisata Lombok

Berikut adalah list tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi:

1. Bukit Merese, Tanjung Aan

Tujuan pertama setelah sampai di Lombok adalah Bukit Merese, Tanjung Aan. Tanjung Aan berada di selatan pulau lombok. Dari bandara, membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk sampai. Jalanan Bukit Marese sangat berbatu, tapi tidak terlalu terjal, kita harus tetap berhati-hati dalam melangkah.

Ini adalah pemandangan yang dapat dilihat dari atas Bukit Merese. Kita bisa melihat indahnya Pantai Tanjung Aan.

Pantai Tanjung Aan masih sangat bersih dan pasirnya sangat unik, menyerupai kerikil tapi sangat halus.

2. Pantai Kuta Lombok

Setelah dari Tanjung Aan, kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Kuta Lombok, lokasi Pantai Kuta Lombok ini tidak jauh dari Tanjung Aan.

Dibandingkan dengan Pantai Tanjung Aan, Pantai Kuta Lombok penuh dengan rumput laut di sisi pantai, dan menjadikan daya tarik tersendiri terhadap pantai ini.

Di Pantai Kuta Lombok ini juga ada spot untuk foto yang sangat bagus.

3. Desa Sasak Sade

Sade adalah salah satu dusun di desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Dusun ini dikenal sebagai dusun yang mempertahankan adat suku Sasak.

Saat sampai, kita akan ditemani oleh salah satu warga asli, dan kita akan dijelaskan mengenai sejarah dan adat istiadat yang masih sangat kental disini. Lantai / alas rumah masih menggunakan tanah liat, dan untuk membersihkannya masih menggunakan kotoran sapi. Sangat unik sekali, karena saat mendengar kata kotoran, pasti hal yang kita pikirkan adalah bau, tetapi ketika saya mencoba sentuh lantai tersebut, tidak tercium bau dari kotoran.

Kita juga bisa diajarkan cara membuat Kain Sesek. Kain Sesek merupakan kain tradisional khas lombok. Bahan utama pembuatan dan pewarna Kain Sesek pun dibuat dari bahan alami.

Senang sekali rasanya bisa melihat langsung tempat yang bersejarah dan merasakan langsung kehidupan di Desa Sade ini.

5. Pantai Senggigi

Dibandingkan dengan Pantai lainnya, pantai senggigi lebih kotor dan pasirnya hitam. Semoga dengan post ini juga, bisa mensadarkan teman-teman juga, agar selalu membuang sampah pada tempat yang disediakan, baik saat kalian sedang berlibur ataupun tidak. Kita harus bersama-sama bantu lestarikan kebersihan dan keindahan wisata alam Indonesia.

6. Pulau Gili (Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air)

Gili terdiri dari 3 pulau, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Gili Trawangan adalah pulau yang paling besar, dan paling ramai dikunjungi. Keindahan di pulau ini sangatlah bagus sekali. Ditawarkan berbagai macam permaian laut yang bisa kita nikmati, mulai dari snorkeling dan juga diving.

Bagaimana transportasi dari Lombok ke Pulau Gili?

Untuk menuju Pulau Gili Trawangan, kita dapat membeli tiket Ferry di Pelabuhan Padang Bai. Saat memasuki daerah ini, kita diharuskan untuk menggunakan cidomo, atau biasa disebut delman / andong). Harga tiket sangat murah, nantinya kita akan menyebrang ke Gili bersama para pedagang. Bagi kalian yang lebih memilih untuk private, juga tersedia jasa speed boat, tentunya dengan harga yang lebih mahal.

7. Malimbu Hill / Bukit NipahSetelah balik dari Pulau Gili, jangan lupa untuk menyempatkan waktu untuk turun di Malimbu Hill atau biasa dikenal dengan Bukit Nipah. Pemandangan sangat bagus sekali dari Bukit ini.

Penginapan

Untuk penginapan, kalian bisa memilih untuk menginap di Pulau Lombok, atau di Pulau Gili. Untuk di Pulau Lombok sendiri, saya memilih daerah Senggigi, karena daerahnya termasuk ramai, dan aman. Saat malam kita bisa membeli berbagai jajanan. Untuk penginapan di Pulau Gili pun juga bisa kita pilih, ada berbagai macam pilihan penginapan mulai dari hostel hingga hotel, tinggal disesuaikan lagi dengan budget kalian. Harga penginapan mulai dari IDR 400.000 per malam.

Makanan

Saat kalian mengunjungi Pulau Lombok, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Lombok.

1. Nasi Balap Puyung

Puyung merupakan salah satu nama daerah di Lombok. Nasi Balap ini sangatlah pedas sekali. Jika kalian sangat suka dengan masakan pedas, kalian sangat wajib untuk mencoba ini.

2. Sate Pusut Ikan Laut

Sate Pusut ini mudah sekali untuk ditemukan di sepanjang jalan. Sate ini terbuat dari ikan, rasanya sangat gurih, dan sedikit pedas. Harganya pun sangat murah sekali. Sekitar IDR 10.000 per porsi (Isi 15 tusuk).

3. Sate Rembiga

Sate Rembiga ini merupakan makanan khas Lombok yang sangat terkenal sekali. Rasanya sedikit pedas, dan sangat lezat. Dagingnya pun empuk dan disajikan dengan lontong yang sangat halus sekali. Nikmat sekali.

Senang sekali dapat membagi pengalaman liburan saya di Lombok. Semoga post saya ini dapat memberikan inspirasi kepada teman-teman untuk travelling ke Lombok, dan tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita ya~

Traveling—it leaves you speechless, then turns you into a storyteller - Ibn Battuta

Leave a Reply