Keseruan di Pulau Untung Jawa

Salam sejahtera untuk kalian semua. Perkenalkan nama lengkap saya andika, yup andika doang. Biasa dipanggil boyo, ngomong ngomong panggilan itu dipake dari kelas 3 Sd gatau kenapa orang manggilnya begitu tapi dibawa happy aja. Aku sendiri masih duduk di bangku sekolah, saat ini aku berada dikelas 3 SMK. Ya kalo ngomongin pengalaman seru waktu jalan jalan, aku punya satu pengalaman dimana itu cocok buat diceritain ke kalian, langsung aja.

Hari yang ditunggu tunggu semua pelajar akhirnya tiba, ya hari libur. Hari dimana semua aktivitas belajar dihentikan untuk beberapa hari kedepan. Saat itu guru memberitahukan bahwa mulai hari besok sudah memasuki liburan semester, Yeyyy!! Seluruh siswa pun bersorak gembira. Aku pun terdiam dan memikirkan sesuatu yang sekilas terlintas dalam pikiranku, aku berfikir akan kuhabiskan untuk apa hari liburan ku. Aku pun bingung akan seperti apa liburan ku seperti yang sebelumnya, aku hanya terdiam dirumah bersama keluargaku dan hal itu sangat mebosankan untuk ku. Lalu aku mendapatkan sebuah ide yang luar bisa, bagaimana jika aku berencana mengajak teman teman ku untuk liburan bersama? Sepertinya akan menggembirakan jika menghabiskan waktu liburan bersama mereka. Tetapi aku belum tau apa pendapat mereka tentang rencanaku ini, tapi aku akan mencoba untuk bertanya pada mereka. Aku pun mencoba memberi saran pada teman sekelas ku untuk mengadakan rencana jalan jalan. Mereka pun setuju dengan ide yang aku berikan walaupun hanya 10 siswa dari 42 murid yang setuju tapi ini tidak menjadi masalah.

Orang yang berpartisipasi dalam kegiatan liburan ini

Orang yang berpartisipasi dalam liburan kali ini

Kemudian kami menentukan waktu dan lokasi yang tepat untuk liburan kali ini, setelah membicarakan cukup lama akhirnya kita setuju bahwa kita akan pergi liburan ke….Pulau Untung jawa!. Pulau Untung Jawa adalah salah satu kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia. Yeayy, Kenapa kita memilih Pulau Untung Jawa sebagai tujuan kita, karena dalam pikiran kita semua bahwa hanya Pulau Untung Jawa yang memerlukan budget yang standar untuk anak sekolah dan juga bahwa Pulau adalah hal yang sempurna untuk kita kunjungi.

Seiring berjalannya hari, sudah dekat hari dimana kita akan mengadakan jalan jalan. Satu hari sebelum berangkat, aku pun menyiapkan semua barang bawaan ku. Kemudian tibalah dimana hari aku akan berangkat ke Pulau kita akan berangkat menggunakan mobil rental ayahnya temanku untuk mengatar nya dan sisanya menaiki taxi online. Hal diluar dugaan Terjadi, mobil teman ku yang kita tunggu tungu sejak pukul 7 pagi belum datang. Kalian tahu apa penyebab nya, Mobil itu mogok saat perjalanan menjemput kami. Alhasil kitapun harus bersabar menunggu mobil itu selama 2 jam, Namun semua wajah kesedihan hilang saat mobil itu tiba. Kemudian teman ku langsung memesan taxi online dan kita siap untuk berangkat.

Saat perjalanan kita semua tertidur nyenyak di mobil karena kita tidak kunjung tiba. Setelah dua jam lebih, akhir nya sang supir membangunkan kita bahwa kita sudah tiba di lokasi. Mata masih ngantuk terbuka lebar saat melihat keindahan yang amat luar biasa di pesisir laut tanjung pasir. Kemudian dari tanjung pasir kami mencari harga perahu murah untuk transit ke Pulau Untung Jawa. Setelah mendapatkan perahu yang paling murah akhir nya kita setuju untuk menaikinya.

Selanjutnya kita menaiki perahu dari pelabuhan Tanjung Pasir, membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk tiba di Pulau untung jawa. Tak terasa kita sudah tiba di Pulau untung jawa, perasan kami sungguh senang saat melihat keindahan di sekitar Pantai Untung Jawa.

Saat tiba kami langsung mencari saung untuk tempat kami beristirahat, kenapa saung karena liburan kita kali ini hanya membawa uang yang pas jadi kami putuskan untuk tidak menyewa Villa dan kita tidur di saung yang kita singgahi, tapi itu tidak menjadi masalah kami dalam liburan kali ini. Sesudahnya mendapatkan saung tanpa basa basi kami langsung berenang di Pantai Untung Jawa. kita semua sangat kagum dengan kebersihan di sekitaran pantai. Tidak ada satupun sampah yang menggenangi air laut, mencerminkan bahwa Masyarakat yang berada di Kepuluan Untung Jawa sangat menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Saat kami semua berenang, namun hanya satu orang dari kami yang tidak ikut berenang karena dia menyiapkan makanan untuk kita, dan disana kita tidak membeli makanan akan tetapi kita membuat makanan, apalagi kalo bukan mie instan karena hanya itu yang membutuhkan uang yang sedikit supaya kita bisa cukup melakukan liburan kali ini. Membuat nya juga dengan kompor portable dengan bahan bakar spirtus. Tidak lama kemudian hidangan makanan pun sudah jadi kami langsung manyantapnya bersama sama.

Waktu terus berjalan tidak terasa sudah memasuki malam hari, udara dingin di sekitaran pantai sudah pasti kami rasakan setiap saat karena kami hanya beriatirahat di kawasan pantai. Hanya beberapa dari kami yang tidur dan sisanya kami habis kan waktu untuk mengobrol hinga fajar tiba.

Susana di malam hari

Saat Malam hari

Keseruan yang kami lakukan saat malah hari
Keseruan yang kami lakukan saat malam hari

Namu tak terasa fajar telah tiba, kami pun berencana untuk melakukan jalan jalan di pagi yang cerah dengan mengunjungi keindahan yang ada di pulau untung jawa. Kami melihat begitu indahnya hutan bakau yang pulau untung jawa miliki.

Saat berada di Hutan bakau Pulau Untung Jawa

Kami melanjutkan perjalanan menuju tempat selanjut nya. Disana kami melihat dermaga yang sedang dibangun dan disebrang Pantai Pulau Untung Jawa terlihat keindahan dan kesunyian kepulauan rambut. Setalah berjalan jalan di Pulau untung jawa kami lanjutkan untuk kembali ketempat peristirahatan kita yaitu saung. Setibanya di saung kami bersiap untuk pulang, namun sebelum pulang kami putuskan untuk berenang terlebih dahulu untuk menambah moment keseruan dalam liburan kali ini.

Keseruan yang kami lakukan sebelum pergi meninggalkan Pulau Untung Jawa

Sehabis berenang dan melakukan kegiatan seru lainya, kami bersiap menunggu kapal jemputan untuk pulang meninggalkan Pulau Untung Jawa. Sedih rasanya meninggalkan tempat terindah yang pernah aku kunjungi selama liburan. Aku ingin lebih lama berada disana, namun sudah saat nya aku meninggalkannya, yang aku sukai dari liburan ku di Pulau Untung Jawa ini adalah pesona alam beserta keindahan yang tidak tertandingi oleh tempat wisata manapun, masyarakat nya yang sangat ramah, kebersihan di Pulau Untung Jawa juga menjadi kan tempat ini luar biasa. Jadi jika kalian bingung mau kemana saat liburan, coba deh berkunjung ke Pulau Untung Jawa yang berada di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. Tempat ini ga kalah menarik sama tempat wisata internasional lainnya, ga akan menyesal jika kalian menjadikan Pulau Untung Jawa sebagai tempat pilihan utama untuk liburan bagi kalian semua. Itu dia cerita dari saya mengenai liburan yang kami habiskan di Pulau Untung Jawa kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia. Sekian dari saya Terimakasih.