Keunikan Tarusan Kamang

Post

Tahukah anda salah satu lokasi syuting tenggelamnya kapal Van Der Wijk?

Ya..itulah Tarusan Kamang yang terletak hanya di sebuah kampung di Kamang Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat Tarusan Kamang, merupakan sebuah tempat wisata yang unik.

Danau ini yang mempunyai keunikan tersendiri karena suatu waktu dapat dipenuhi air, di waktu lain dapat surut dan menjadi lapangan hijau yang luas.

Awalnya, danau ini memang merupakan lapangan luas yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk menggembalakan ternak. Suatu saat, lapangan luas ini dapat dibanjiri air dan membutuhkan waktu lama untuk surut kembali. Di tengah-tengah genangan air, ada beberapa gundukan bukit yang tidak tertutupi air, yang membuatnya terlihat seperti pulau ditengah Danau

Air danau Tarusan Kamang ini tidak berasal dari aliran sungai. danau tersebut mengalami pasang surut karena ada air yang muncul dari celah-celah batu.

Kita bisa saja tidak menemukan danau atau genangan air jika suatu saat datang ke Danau Tarusan Kamang. Namun di waktu yang lain, Anda juga bisa menemukan tempat ini memiliki banyak air yang melimpah.

Danau ini adalah terkadang ada bunyi suara air yang sedang mendidih yang bisa Anda dengar ketika air datang mengaliri danau. Faktanya, Danau Tarusan Kamang ini berada di kaki Bukit Barisan, sekitar 14 kilometer dari Bukittinggi. Danau ini diperkirakan sudah ada sejak 70 ribu tahun lalu sehingga tak ada satu pun warga yang membangun rumah di batas air yang akan berubah menjadi danau.
Pebukitan karst di Danau Tarusan Kamang usianya jauh lebih tua daripada karst di Jawa. Karst di Kamang diperkirakan sudah berusia 400–300 juta tahun lalu karenanya pepohonan di atasnya tumbuh subur. Selain Danau Tarusan Kamang, banyak gua aktif di bawah bukit karst atau batu gamping, sungai bawah tanah, dan danau bawah tanah. Namun, keberadaannya hingga kini belum pernah diteliti.