#KitaINAKuliner: Makanan Tradisonal Nyepi

Namanya hari raya biasanya identik dengan kumpul keluarga, kalau sudah kumpul selain bercengkrama, pasti ada kulinernya. Nah, kalau lebaran banyak opor, lontong sayur, sambal goreng, rendang, dan lainnya, kali ini kita ngintip dulu makanan tradisional di Hari Raya Nyepi.

Entil

Image Source: https://baliage.wordpress.com/2008/03/10/entilmakanan-tradisional-masyarakat-desa-wongaya-gede/
Image Source: https://baliage.wordpress.com/2008/03/10/entilmakanan-tradisional-masyarakat-desa-wongaya-gede/

Entil identik dengan perayaan Hari Raya Nyepi khususnya di Desa Wongaya Gede. Entil itu jenis makanan seperti ketupat, terbuat dari beras. Cara memasaknya beras dibungkus daun lalu diikat mengunakan tali. Dibungkus dengan daun bertujuan agar zat hijau pada warna daun bisa meresap ke entil sehingga entil berubah warna kehijau-hijauan dan rasanya lebih enak. 1kg beras biasanya sama dengan 40 Entil. Pembuatan Entil bisa memakan waktu 2 jam atau lebih.

Nasi Tepeng

Image Source: thedailybali.com
Image Source: thebalidaily.com

Makanan tradisional ini berasal dari Gianyar. Nasi ini memiliki rasa yang pedas dan diberi berbagai macam bumbu rempah. Masakan ini berisi kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, dan daun kelor lalu ada partuan kelapa di atasya. Nasi Tepeng disajikan dengan daun pisang.

Pulung Nyepi

Image Source: openrice.com
Image Source: openrice.com

Bentuknya mirip dengan biji salah atau bubur candil, Pulung Nyepi selalu disajikan saat Hari Raya Pengerupukan yang dilaksanakan sehari sebelum Nyepi. Makanan ini berasal dari Sukasada dan sudah menjadi tradisi khusus saat menjelang Nyepi. Dibuat dari tepung beras lalu dicampur dengan tepung kanji, bahan tersebut dikukus, diuleni, dan dibentuk, setelah itu direbus lagi hingga matang dan disajikan dengan parutan kelapa di atasnya.

Ayam Betutu

Image Source: plesiryuk.com
Image Source: perutgendut.com

Nah yang satu ini cukup akrab di telinga dan lidah kita, Ayam Betutu. Nah makanan ini sering dijadikan untuk sajian acara sesembahan saat upacara keagamaan. Cara mengolah Ayam Betutu yaitu dipanggang dalam api sekam.

Cerorot

Image Source: https://balitriptips.wordpress.com/2016/04/01/cerorot-bali/

Cerorot juga ada yang menyebutnya Clorot, Celorot, atau Jelurut adalah jajanan tradisional khas beberapa daerah termasuk Bali. Cerorot punya bentuk panjang seperti kerucut yang dibentuk dari cetakan kulit ental, adonan yang telah diuleni kemudian dimasukkan ke dalam cetakan lalu dikukus hingga matang.

Nah, buat kamu yang merayakan Nyepi, boleh jugaΒ share loh makanan khas di keluargamu apa πŸ˜€

 

 

Sumber: https://id.openrice.com/id/bali/article/7-pilihan-menu-saat-nyepi-a2109

Leave a Reply