#KitaINATripversary: A Trip To Remember

Halohaaaaa!

Jadi di ulang tahun yang pertama KitaINA, kita mengadakan TRIPVERSARY – sebuah open trip yang diikutin sama Tim KitaINA, travel influencer dan para Heroes pastinya. Ada @baratdaya_ atau biasa dipanggil Uda Dendy, dan juga @catatanbackpacker alias Bang Yudha yang nemenin KitaINA + Heroes jalan-jalan di Bali dan Nusa Penida.

DAY 1 Meyusuri Pantai di Bali

Di hari pertama, setelah kedatangan kita di Bali disambut matahari cerah, @baratdaya_ dan @catatanbackpacker mengajak kita menyusuri beberapa pantai Bali yang anti-mainstream. Asik yah.

Balangan Beach

Walaupun jam menunjukkan pukul 12 teng, alias matahari di atas kepala banget, tapi Balangan Beach bikin hati sejuk karena pemandangan birunya laut dan deburan ombak serta angin sepoi-sepoi menyentuh ujung rambut hingga ujung kaki, mantab yahh. Hahaha. Yak, jadi, Balangan Beach ini terletak di daerah Barung, Kuta Selatan. Perjalanan ke sini dapat ditempuh sekitar 45 menitan dari Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Pantai Melasti

Dibandingkan dengan Pantai Pandawa yang udah banyak dikenal, Pantai Melasti terbilang masih sepi dan enak banget buat tempat berendam serta berjemur. Jangan lupa pake sun block yah! Pantai Melasti ini terletak di daerah Ungasan.

 

Pantai Green Bowl

Kalau kalian mau ke sini, pastikan kalian dalam keadaan sehat. Kenapa sehat? Soalnya, untuk mencapai ke Pantai Green Bowl, kalian harus menuruni ratusan anak tangga, but it’s worth it! Kalau kalian capek, jangan khawatir, banyak ibu-ibu lokal yang siap memijat kaki pegalmu.

Green Bowl Beach (Photo by @aris_19)


 

 

Jaran Hill

Tempat kece buat ngejar sunset udah pasti jadi itinerary wajib di Bali. Namanya Jaran Hill. Jaran Hill ini letaknya di Uluwatu, dan untuk menuju sunset spot ini kamu musti ngelewatin semak-semak dan savana mini, nggak jauh si dari tempat parkir kendaraan ke sunset spot ini.

 

 

 

 

 

 

Sunset and chill

Tapi hati-hati, di sini kadang tuan rumahnya muncul beramai-ramai alias monyet. Pastikan aja barangmu aman tak bisa dijangkau oleh si tuan rumah ya! 

 

 

So, this is it, the beautiful sunset catched from Jaran Hill. 

Anniversary Dinner!

Karena perjalanan ini adalah bagian dari ngerayain ulang tahun-nya KitaINA, malam hari pertama di Bali, kita sempetin ngumpul bareng sama semua peserta buat Dinner KitaINA 1st Anniversary, romantiss yaaaa. Hihi.

KitaINA & Heroes at Anniversary Dinner

Jadi, beres dinner romantis ala-ala anniversary, beres juga kegiatan kita di hari pertama Tripversary Bali & Nusa Penida.

 

DAY 2 Welcome to Gems of Bali: NUSA PENIDA

Untuk pergi ke Nusa Penida, kamu bisa nyebrang lewat pelabuhan Sanur, dengan membayar sekitar 160rb-an kamu udah bisa beli tiket pulang-pergi Sanur – Nusa Penida. Oh iya, biaya keseluruhan buat round-trip Nusa Penida (1 hari) sekitar Rp500rb, sudah termasuk kapal, sewa mobil dan tempat masuk wisata pantai yang bakal dikunjungi hari itu.

Angel’s Billabong, Nusa PenidaTempat pertama yang kita kunjungi di Nusa Penida yaitu Angel’s Billabong. Dataran pantai di sini terdiri dari susuan bebatuan yang bikin pemandangan makin kece. Anak tangga yang berada di kawasan ini terbilang baru, mungkin karena semakin banyak pelancong yang melipir ke tempat ini kali yah, serba salah kehadiran sebuah tangga di alam seperti ini cenderung mengurangi estetika atau sebenernya untuk mempermudah pelancong yah. Yang penting, kamu yang hobi eksplor jangan pernah merusak dan meninggalkan sampah ya!

Angel’s Billabong (Image from @pramestiajeng)

Di antara bebatuan yang berdiri kokoh, ada satu patahan bebatuan yang patahannya membentuk kolam yang kece, airnya jernih, dan ini jadi spot foto favorit di Angel’s Billabong.

 

Broken Beach

Broken Beach jaraknya ditempuh hanya dengan beberapa langkah dari Angel’s Billabong. “Woooaaaaawww” itu yang mimin ucapkan waktu pertama kali liat sebuah gate dari batu alami, yang berada di antara kawasan Broken Beach ini.

Broken Beach

Kelingking Beach

Ini dia, pantai paling ikonik di Nusa Penida, ada yang bilang tebing di pantai ini menyerupai bentuk lumba-lumba, ada yang bilang juga mirip dinosaurus, kalo menurut kamu yang mana, heroes?

Kamu juga bisa menikmati pantai pasir putih di bawah situ, trekking nya terbilang lumayan berat karena medan yang curam dan anak tangga yang masih berbentuk batu, kadang hanya didukung ranting-ranting tebal sebagai anak tangga, stay safe ya kalo turun ke pantai sini, but it’s totally worth it!

Kelingking Beach (Photo by @aris_19)

Crystal Bay

Hiks, hiks, ini adalah pantai terakhir yang kita datengin di Nusa Penida, rasanya sehari nggak cukup buat muterin the whole island. Di sini kita santai-santai sambil berenang cantik menunggu kapal cepat yang akan balikin kita ke Pulau Bali. Di sini kamu bisa menyewa spot bean bag seharga Rp50.000, dan kalau mau bilas setelah berenang di pantai siapkan uang Rp10.000-Rp.20.000.

 

DAY 3 Lari Ke Hutan, Belok ke Air Terjun

Hari terakhir di Bali! Hiks, nggak hiks banget sebetulnya karena kita masih mengunjungi satu tujuan lagi di Bali, bukan pantai tapi sebuah Air Terjun. Perjalanan memakan waktu kurang lebih 2 jam dari Legian. Namanya Air Terjun Banyumala. Kamu membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari parkiran yang terletak di lahan penduduk sekitar, untuk mencapai si Air Terjun. Kamu juga bisa menyewa ojek untuk sampai di gerbang masuk air terjun.

Dari gerbang ke Air Terjun Banyumala-nya sendiri sebenernya enggak jauh, tapi kudu ati-ati, soalnya walaupun udah ada tangga, treknya lumayan basah. Salah-salah malah kepleset. Nah, di air terjun ini kalian bisa puas deh foto-foto, soalnya tempatnya emang kece banget! Selain foto-foto, kita juga bisa berenang lho, “kolam”-nya cukup luas dan dalem, pas banget buat berenang.

Ini bentuk air terjun yang kece itu.

Beres dari air terjun, kita punya waktu sedikit untuk beli oleh-oleh, nah pada akhirnya kita berpisah di sini sama heroes lainnya, it means berakhir sudah perjalanan Tripversary: Bali & Nusa Penida.

See ya and thank you for the amazing experience heroes! 

Leave a Reply