KOTA TUA YANG PENUH DENGAN SEJARAH

foto di depan museum kota tua jakarta

Haloo guyss..

Apa kabar kalian??? pasti baik-baik aja kan?? gimana liburan panjang kalian setelah berakhir nya tahun 2016 dan membuka lembaran baru di 2017,waahhh pasti seru yaaa???…

Sedikit  aku mau menceritakan liburan akhir tahun aku nih guyss, sebenernya bukan liburan  sich  guyss.. cuma travelling kecil-kecilan aja hehehe, karena aku sendiri pekerja dan mahasiswa jadi belum bisa liburan jauh-jauh seperti kalian hiihiiii… maklum sudah tanggung jawab keseharian.

Dengan modal nekad waktu, karena belum dapet jadwal libur kerja dan kuliah… aku dan adik kecil ku berangkat menuju KOTA JAKARTA atau KOTA METROPOLITAN biasa orang-orang menyebutnya . Kami berangkat menuju stasiun Tangerang pukul 08.00 WIB  menggunakan motor, perjalanan dari rumah menuju stasiun sekitar 15 menit . Tiba sudah  aku dan adik kecilku berada di stasiun TANGERANG, kami pun disana belum tahu mau jalan-jalan  kemana. Dan setelah berfikir lama,  kami memutuskan untuk mengunjungi Kota Tua dan akhirnya kami pun memesan tiket untuk tujuan jakarta kota, dengan membayar tiket Rp. 12.000 (sepuluh ribu rupiah nya untuk deposit, jadi hanya membayar tiket Rp.2.000).

Setelah kami masuk ke dalam kereta kami pun berselfie ria, kami itu ratu selfie sedikit-dikit jepret hehheee… begitulah keseruan kami di dalam kereta,saking          ke asyikan nya berselfie , perjalanan yang cukup lama sekitar 30menit  tidak terasa waktu cepat berlalu dan   sampailah kami di stasiun Duri karena kami harus transit ke tujuan stasiun Kampung Bandan, setelah turun kami pun menunggu kereta  tujuan stasiun kampung bandan, cukup lama kami menunggu sekitar 10 menit akhirnya kereta pun datang, adikku loncat ke girangan hehhee. Kereta pun tiba, kami langsung masuk ke dalam kereta dan tibalah kami di stasiun kampung Bandan dan kami pun harus transit kembali menuju stasiun Jakarta kota. Dan kami pun langsung masuk ke dalam kereta tujuan Jakarta Kota. menunggu dan menunggu kereta nya jalan sekitar 20 menit.  Akhirnya guyss kereta nya jalan juga.               Begitu panjang sekali perjalanan kami, tapi tidak apalah.. Demi kebahagiaan seorang adik jauh-jauh datang dari serang tidak di ajak liburan jadi tidak ada cerita bersama adik tercinta .Perjalanan demi perjalanan kami tempuh demi sampainya di tempat tujuan dan akhirnya kami pun sampai di stasiun Jakarta Kota.

yeaaayy, satu jam kami menempuh perjalanan dan tepat pukul 09.30 kami sampai di satsiun tujuan,   kami pun berjalan menuju Kota Tua sambil melihat-lihat suasana Kota Jakarta. Akhirnya rasa bahagia dan lega karena lelah dalam perjalanan terbayarkan oleh suasana di Kota Tua tersebut.

b612_20160815_105923

Kota Tua Jakarta terletak di kelurahan pinangsia Kecamatan Taman sari Kotamadya Jakarta Barat. Saat ini , kawasan Kota Tua berada di dua wilayah kotamadya, yaitu Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Dan Kota Tua menyimpan banyak cerita di balik Megah nya Bangunan (tua) peninggalan masa lalu dari zaman kolonial Belanda.

Kota Tua Jakarta, daerah nya berbatasan sebelah utara dengan Pasar Ikan, Pelabuhan Sunda Kalapa dan Laut jawa, sebelah selatan berbatasan dengan jalan Jembatan Batu dan Jalan Asemka, sebelah Barat berbatasan dengan kali Krukut dan  sebelah Timur berbatasan dengan Kali Ciliwung.

Kota Tua Jakarta terdapat banyak sekali bangunan tua dari jaman Belanda yang menjadi tempat belajar sejarah dan jalan-jalan santai yang menantang dan menyenangkan. Berikut ini adalah obyek wisata yang bisa anda kunjungi

b612_20160815_113328

Museum Fatahillah merupakan salah satu obyek wisata yang menarik di Kota Tua Jakarta adalah Museum Fatahilah. Museum ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan  dari Kota Tua Jakarta ini. Museum ini merupakan saksi bisu dari perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan. Sebelum dinamakan Fatahillah museum ini dulunya diberi nama Museum Batavia. Pada saat masa penjajahan VOC di Indonesia digunakan sebagai tempat untuk balai kota, ruang pengadilan dan juga penjara bawah tanah. Di dalam museum ini pun terdapat  banyak sekali barang peninggalan penjajahan Belanda yang di simpan di Museum ini. Museum Fatahillah terdiri dari tiga lantai, berikut barang-barang peninggalan zaman penjajahan Belanda yang ada di Museum Fatahillah:

  1. Lantai bawah  : dilantai bawah terdapat berbagai  peninggalan VOC misalnya patung, keramik yang dibuat seperti prasasti, gerabah dan berbagai macam penemuan berwujud bebatuan yang ditemukan oleh arkeolog, ada juga barang peninggalan dari suku betawi asli misalnya aja adalah Dapur dengan ciri khas Suku Betawi saat tempo dulu.
  2.  Lantai Dua : Di lantai dua ada benda bersejarah  seperti perabotan peninggalan para bangsa Belanda misalnya Tempat Tidur dengan desain Belanda, lukisan Belanda dan arsitektur Belanda berupa Jendela Besar yang menghadap ke alun-alun.
  3.  Ruang Bawah Tanah  : Bagian yang tidak kalah penting saat ada di museum ini adalah bagian ruang bawah tanah nya. Di ruang bawah tanah anda bisa melihat penjara untuk para tahanan yang saat itu berusaha melawan penjajah  Belanda. Di ruang bawah tanah ada 5 ruangan sempit, sangat pengap dan ada bandul besi di ruangan itu. Bandul besi itu digunakan sebagai belenggu bagi kaki para tahanan.

Harga tiket masuk : Mahasiswa/Pelajar : Rp. 2.000 (Dengan menunjukan kartu mahasiswa /Pelajar

 Umum : Rp. 5.000

Museum Wayang, Gedung yang dipakai untuk Museum ini awalnya adalah sebuah gereja yang didirikan oleh VOC pada tahun 1640. Setelah itu, gedung ini sempat mengalami beberapa perombakan dan pada tahun 1839 akhirnya gedung ini digunakan sebagai Museum Batavia yang diresmikan  oleh GUbernur Jenderal Belanda. Pada tahun 1975 barulah Museum Wayang Jakarta diresmikan.

Terdapat lebih dari 5.000 koleksi wayang di museum ini berasal dari Indonedia dan luar negeri seperti wayang golek, wayang rumput, wayang beber, wayang kardus dan masih banyak lagi. Di sini kalian juga dapat melihat bagaimana wayang di buat, serta peragaan karawitan. Beberapa pergelaran yang lain seperti pergelaran Wayang Kulit Purwa, Wayang Golek dan Wayang kulit Betawi. Semua pergelaran ini dijadwalkan untuk tampil setiap minggunya. Ada pula lomba melukis dan menggambar wayang yang diadakan khusus untuk para pelajar serta berbagai macam diskusi dan ceramah tentang wayang.

Dan jika kalian berkunjung ketempat ini, kalian dapat membeli cinderamata di Museum Wayang, di dekat pintu keluar museum ini terdapat toko cinderamata yang menawarkan wayang kulit, buku pewayangan, pajangan, gantungan kunci, dan lain-lain. Museum ini buka setiap hari selasa sampai dengan hari minggu, sedangkan hari senin dan hari raya ditutup.

Harga tiket masuk  : Mahasiswa/Pelajar : Rp. 2.000 (Dengan Menunjukan Kartu Mahasiswa/Pelajar)

 Umum : Rp. 5.000

Selain berwisata di Museum Fatahillah dan Museum Wayang Kota Tua, kalian juga dapat mengelilingi kawasan wisata Kota Tua Jakarta sambil naik Sepeda Onthel dengan biaya  sewa : Rp, 25.000/30menit

menuju ruang bawah tanah img

Dan di alun-alun juga terdapat manusia Batu dan kalian juga bisa berfoto dengan mereka dengan mengeluarkan kocek seikhlas nya kalian.

foto dulu sebelum masuk ke dalam kereta

Dan jangan  ketinggalan juga wisata kuliner nya  dari Kaki Lima sampai Restoran tersedia, apalagi Kerak Telor nya makanan khas betawi rasa nya wuenakk tenan hehhee….

akhirnya sudah tiba nya aku dan adikku bergegas pulang, cukup sampai disini cerita liburan  kami di kota jakarta

Tunggu  cerita kami selanjutnya di Destinasi liburan lainnya….

nahh, waktunya kalian…

yukk guys, ajak keluarga, adik, dan orang tercinta kalian berliburan sambil mengenal sejarah nya dan menjunjung rasa nasionalisme kalian terhadap para pejuang kita.

see youu good bye…

selamat menikmati liburan

saya seorang Mahasiswi dan pekerja sebagai Asisstent chief of store
saya ingin menjadi orang yang berguna untuk orang-orang banyak.

Leave a Reply