KULINER WAJIB YANG HARUS DI COBA SAAT BERKUNJUNG KE TEGAL

img_20170220_174902_139

Tegal merupakan kota yang di lalui jalur pantura mas bro dan  mba bro.  Tepatnya di diantara kota brebes dan pemalang. Selain terkenal karena WARTEG (warung tegal),logat ngapak, an wisata air panas GUCI. Tegal juga punya kuliner khas yang wajib di coba kalo pas berkenjung di kota Tegal. Apa aja sih kuliner khas tegal?  Yuk simak baik-baik ya.

1. Soto Tauco

soto_tegal

Tiap daerah emang punya soto khas sendiri-sendiri ya teman. Tapi soto tauco tegal juga patut buat di coba nih. Kuliner satu ini berisi nasi, tauge, daun bawang, daging ayam atau babat bisa juga di mix keduanya dan kuah kaldu. Yang membedakan dari soto lainnya adalah campuran tauco masak dalam sotonya. Biasanya pedagang memasukan tauco saat di hidangkan tapi kalo masih kurang bisa tambah sendiri ko tauconya di meja. Paling enak makan soto tauco pakai tempe median, tahu susur(tahu isi) dan kerupuk. Kalo kamu pengen nyobain biasanya di sepanjang jalan dekat pasar Pagongan banyak penjualan soto tauco “sedap malam” ini. Jadi cobain aja teman. Di jamin nagih.

 

2. Rujak Teplak

10575937_207293072983576_1668754774_n

Rujak ini beda dari yang lainnya. Rujak sayur biasa pada umumnya tapi sambalnya bikin beda. Karena sambelnya terbuat dari tape yang di campur bahan-bahan lainnya. Jadi ada sensasi asam, manis dan pedas saat memakannya. Tapi sayang sudah jarang yang menjual rujak ini jadi agak sulit menemukannya. Tapi kalau ketemu penjual rujak teplak wajib coba.

 

3. Tahu Pletok

tahupletokkhastegal

Terbuat dari tahu kuning yang di potong membentuk segitiga dengan di beri aci(tepung kanji yang di buat adonan)  di atasnya. Rasanya gurih dan saat memakan bagian tepungnya rasanya luar biasa enak, gurih, krispi di luar tetapi kenyal di dalam. Wah juara banget rasanya.

 

4. Sate Kambing Tegal

sate-kambing-tegal

Sate kambing tegal dagingnya lebih empuk dengan  potongan daging yang lebih besar di banding sate lainnya. Kenapa dagingnya bisa empuk? Karena, menurut yang saya tahu 2 bulan sebelum di sembelih dan di jadikan sate, kambing-kambing di beri makan daun waru agar daging yang di hasilkan lebih empuk. Rasanya mantap, dan jika temen-temen pengin nyobain sate tegal yang enak ada di tirus dekat pintu perlintasan kereta api. Disana berjejer warung sate kambing enak. Jangan lupa juga cobain sop kambing dan gulai kambingnya. Ajiiib!!

 

5. Olos

13562069_1733689606891122_985555330_n

Sekilas jajanan ini mirip banget sama cimol. Hanya saja olos mempunyai isi di dalamnya yaitu kubis yang di campur dengan cabai. Paling enak di nikmati pakai sambel kacang. Tapi tanpa sambel aja udah enak ko. Gurih dan pedas.

 

6. Kupat Glabed

resep%2bkupat%2bglabed%2bkhas%2btegal

Kupat glabed tegal patut di coba. Ketupat sama seperti pada umumnya tapi kuah sayur yang kental dan pedas menjadikan kupat glabed beda. Kurang mantap kalo makan kupat glabed tanpa sate blengong(mentok)  atau Sate bebeknya. Rasanya bikin keringetan pengin nambah lagi.

7. Martabak Lebaksiu

resep%2bmartabak%2btelur%2blebaksiu%2bkhas%2btegal

martabak

Yang terakhir dan paling spesial wajib di coba ialah martabak lebaksiu. Kenapa spesial?  Karena, lebaksiu selain kota kelahiran penulis artikel ini. Lebaksiu juga terkenal karena banyak warganya yang merantau ke kota besar untuk berjualan martabak dengan rasa yang luar biasa nikmat. Kalo temen-temen sering makan martabak cobain deh langsung ke lebaksiunya. Di sepanjang jalan lebaksiu berjejer para pedagang martabak dengan rasa yang juara.

 

Jadi tunggu apalagi, ayo berlibur ke tegal.

Leave a Reply