Buka Puasa dengan Makanan Khas Indonesia

Post

Bukpus atau buka puasa adalah waktu yang paling ditunggu saat Ramadhan. Saking excited-nya, sehabis waktu Ashar kita udah berburu makanan bukpus. Ya nggak? Nah, setiap daerah juga punya makanan khas buka puasa-nya masing-masing. Apa aja sih makanan buka puasa di Indonesia? Simak yuk!

Sate Susu Bali
Makanan Khas Indonesia
Sate Susu - Sumber: Travel Kompas

Sate dikasih susu? Bukan, tapi sate ini terbuat dari kulit susu sapi. Cara membuatnya juga sama seperti sate biasa. Dimulai dari kulit susu sapi dipotong kecil-kecil lalu diberikan bumbu baru setelah itu dibakar. Bumbunya ada dua pilihan yaitu bumbu khas Bali dan bumbu kuning seperti Sate Padang. Pada saat Ramadhan sate susu banyak terlihat di Kampung Jawa, Bali.  Satu porsinya berisi 10 tusuk dan harganya sekitar Rp. 15.000 - 20.000.

 

Bongko Kopyor, Gresik - Jawa Timur
Makanan Khas Indonesia
Bongko Kopyor - Sumber: femina

Bongko Kopyor ini rasanya manis, segar dan legit. Bahan utama dari makanan ini adalah tepung terigu, santan kelapa, kelapa parut, pisang, dan roti. Lalu bahan-bahan tersebut dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus. Biasanya satu bungkus Bongko Kopyor ini dijual dengan harga Rp.6000. Isian komplit Bongko Kopyor ini terdiri dari bubur mutiara, bubur sumsum, kelapa muda yang dipotong, nanka dan santan, kadang dikreasikan dengan tambahan sari kelapa atau buah pisang yang dipotong-potong. Hmm seger banget kayaknya yah.

 

Makanan Khas Indonesia Pisang Ijo, Makassar
Makanan Khas Indonesia
Es Pisang Ijo - Sumber: resepdanmasakan.com

Es yang satu ini memang udah nggak terlalu asing buat kita, Es Pisang Ijo. Selain jadi favorit pemanis mulut, Pisang Ijo juga jadi andalan takjil buka puasa. Pisang Ijo dibuat dari pisang raja atau pisang kepok biasa, nah yang membuat namanya Pisang Ijo karena pisang tersebut dibungkus dengan adonan tepung yang berwarna hijau. Lalu dilengkapi dengan sirup, kuah santan dan bubur sumsum, jangan lupa dikasih es batu. Kebayang kan kesegarannya?

 

 

Bubur Kampiun, Sumatera Barat
Makanan Khas Indonesia
Bubur Kampiun Khas Minang - Sumber: masakandapurku.com

Kita bisa nyobain beragam jenis bahan makanan dalam semangkok Bubur Kampiun. Makanan khas Indonesia tepatnya dari Sumatera Barat ini berisi campuran antara lain, bubur sumsum, kolak ubi, pisang, candil, bubur delima, dan ketan lalu disiram santan dan gula cair. Nyess, nikmat banget ya. Bubur Kampiun ini memiliki asal usul yang cukup unik, pada masa pasca perang tokoh adat mengadakan berbagai acara lomba salah satunya lomba kreasi bubur. Salah satu peserta lomba bernama Amai Zona datang terlambat sehingga tidak dapat membuat makanan dari awal, akhirnya beliau mencampurkan bubur yang tak habis beliau jual pada pagi harinya. Ternyata bubur beliau-lah yang menjadi pemenang (champion) pada lomba kreasi bubur. Saat ditanya nama bubur kreasinya Amai Zona spontan menjawab "Bubua Kampiun".

 

 

Ketan Bintul, Serang - Banten
Makanan Khas Indonesia
Ketan Bintul - Sumber: koranbanten.com

Ketan Bintul dibuat dari beras ketan yang dikukus bersama santan dan garam, lalu setelah ketan matang, ketan dipotong persegi dan diberi alas daun pisang. Di atasnya ditaburi serundeng yang terbuat dari parutan kelapa. Ketan Bintul ini juga disajikan dengan potongan daging sapi dan gulainya. Makanan khas Indonesia ini konon udah populer sejak abad ke-15, katanya para Sultan juga menjadikan makanan ini sebagai santapan favorit buka puasa.  Masyarakat percaya, bila seseorang berbuka puasa dengan ketan bintul maka seakan-akan menghargai dan menghormati para sultan.

Cerita Lain: Sepotong Cerita Dari Merauke

 

 

Kue Bingka, Banjarmasin
Makanan Khas Indonesia
Kue Bingka - Sumber: sayangi.com

Kue berbentuk bunga berkelopak enam ini memiliki tekstur yang lembut dan rasanya manis lhoo. Bingka sudah menjadi kue ciri khas Suku Banjar, Kalimantan Selatan. Bingka biasanya jadi salah satu kue yang dipakai dalam tradisi Banjar untuk yang disajikan bareng 41 jenis kue lainnya untuk acara istimewa seperti Pernikahan.  Tapi Bingka ini jadi primadona-nya makanan buka puasa sepanjang bulan Ramadhan. Bingka dibuat dari tepung terigu, santan, gula pasir, dan garam.

 

Gimana Heroes, udah ada ancang-ancang mau bukpus apa nanti? :D

 

Sumber:

http://koran-sindo.com/page/news/2017-05-29/0/30/Makanan_Khas_Ramadan_Berbagai_Daerah_Indonesia

https://www.triptrus.com/news/buka-puasa-dengan-makanan-khas-tradisional-indonesia-di-bulan-ramadhan

VLOG: ROAD TRIP TO TEMAJUK!

Membuat Bakpia

Satu Hari di Kota Semarang

Apa kata heroes lainnya?

You must be logged in to post a comment.