Menemukan Surga dalam Pengabdian di Timur Indonesia

Lokasi : Danau Ngade

Kala itu, fajar menyingsing dan haru pilu membasahi nuansa pagi yang belum secerah biasanya. Aku harus pamit pada Bunda, wanita yang paling aku cinta, untuk mengabdi di Timur Indonesia.

Ternate, adalah destinasiku. Kupilih dia karena alamnya mempesona, bersama rekan-rekan yang sudah aku anggap saudara.

Di hari pertama, sambutan Dinas Kesehatan setempat cukup hangat, ditambah sinar mentari yang seolah berjarak dekat, sungguh menyengat. Alam pun turut memberi kesan indah.

Sambutan alam Ternate di hari pertama perjumpaan, sungguh menawan. Lihatlah biru langit dan lautan, serta pantulan hijau dedaunan.

Benteng Toloko 2
Sambutan yang menawan dari gagahnya Gamalama, seolah mengharuskan kita untuk gigih dalam berjuang
Lokasi : Benteng Toluko, Ternate
Hamparan luas biru langit dan lautan, seolah mengajarkan arti kelapangan.

Menemukan sebagian kecil surga di timur Indonesia, adalah sebuah pengalaman yang tak akan terlupa. Mencari, menemukan, lalu bahagia.

Lokasi : Batu Angus, Ternate
Untuk Indonesia, aku berjuang!

Aku semakin terpesona oleh kota ini. Tidak terlalu luas, tapi padat akan pesona. Kutemui pemandangan menakjubkan di sekitar kehidupan manusia, namun asri bak tidak pernah tersentuh tangan-tangan berdosa.

Lokasi : Danau Tolire Besar, Ternate
Danau Tolire Besar, kuanggap sebagai simbol kesuksesan

Hari terus berganti. Mengitarinya tidak akan ada habisnya. Sungguh kuasa Tuhan ada dimana-mana, dan aku semakin percaya. Di Timur Indonesia, yang orang awal memandang dengan sebelah mata, tapi ternyata surga dunia.

Lokasi : Pantai Jikomalamo

Lokasi : Pantai Jikomalamo
Lepaskan penatmu di lautan lepas. Karena olehnya, akan terdilusi dalam cairan garam pekat nan luas.
Lokasi : Pantai Jikomalamo
Teduhnya ombak, beralaskan karang karang rupawan. Bersama ikan, mereka menjadikan lautan adalah tempat paling nyaman untuk berendam. 
Jernihnya air mengilusikan perahu tampak terbang
Jernihnya air mengilusikan perahu tampak terbang, dengan bayang bayang sebagai landasan.

Tak hanya karang dan ikan di lautan yang Ternate suguhkan, tapi pula hijau dedaunan yang rupawan serta perbukitan yang menakjubkan.

Lokasi : Kebun Cengket Gambesi, Ternate
Bercengkerama bersama alam, di bawah langit yang rupawan dan di antara pepohonan, dan hijau rerumputan
Lokasi : Danau Ngade, Ternate
Sungguh pengalaman yang tidak ada tandingannya, melihat langsung dari perbukitan, secara berturut-turut : danau, laut, gunung, dan pulau daratan, dikelilingi langit berawan. Mereka indah dalam perbedaan, mereka bersatu dalam ketulusan.
Tidore
Ku berdiri di atas bukit di salah satu titik tertinggi di sekitar kami, Benteng Tahula, Tidore

Perjuangan ini kuyakin tidak akan kulupa. Berjuang, memperjuangkan hidup-hidup manusia atas kehendak-Nya, dan dihibur milyaran keindahan alam di dalamnya.

Lokasi : Danau Tolire Kecil, Ternate Lokasi : Danau Tolire Kecil, Ternate

Senja ini, salah satu senja terbaik yang pernah ada. Membaur bersama memori, dalam harmoni. Indah, mempesona. Menghibur jiwa-jiwa yang lelah akan dosa.

Akan selalu teringat jelas, langit-langit berhiaskan bintang dan purnama. Terang, seolah tak memberikan kegelapan. Akan pula kuingat, deburan ombak hangat menemani sang petualang. Bersama teriknya sang surya, menapaki laut-laut di timur nusantara. Dan akan pula kuingat, kecantikan ikan dan karang. Mereka menyambut kita, hati-hati yang mulia yang hanya ingin mengunjunginya. Dan pasti akan kuingat, salah satu senja terbaik di kepulauan. Layaknya asa, senja itu membakar tepian lautan dan awan, meninggalkan kesan perjuangan.

Leave a Reply