Mengenal Suku Baduy

Suku Baduy, yap! Benar sekali, itulah tujuan kami saat liburan yang lalu. Kami memang sedang ingin untuk menjelajahi seluruh Indonesia yang kaya akan kebudayaannya yang melekat pada masyarakat Indonesia ini. Salah satunya yaitu masyarakat Suku Baduy. Kami menemukan ide untuk pergi ke tempat Suku Baduy ini karena kami ingin pergi ke tempat yang memang belum terkenal akan turis atau wisatawan.

Kami pergi ke sana menggunakan mobil kami. Setelah kami pergi beberapa jam, kami pun mulai melihat banyak sawah, banyak pegunungan, dan banyak hutan. Kami ya bisa dibilang sedikit nyasar……..Jadi kami memutuskan untuk bertanya dan akhirnya kami pun mengikuti arahan orang tersebut. Dijalan, kami bernanyi ria dan mungkin sedikit pertanyaan tebak-tebakkan… Kami tertawa gembira sampai akhirnya kami pun ternyata sampai di tempat Suku Baduy tersebut.

Kami pun mulai memasuki desa demi desa.. dan betapa indahnya desa disana… desa ini termasuk Suku Baduy Luar yang artinya budayanya sudah mulai tercampur dengan budaya sekarang. Namun tujuan kami ke sini adalah kami ingin mengenal tentang Suku Baduy Dalam, yang suku-nya sama sekali belum tercampur oleh budaya sekarang atau biimg_0784sa dibilang pure culture lah…..

Ini adalah pintu masuk ke desa Suku Baduy Luar. Lokasi Suku Baduy ini ada di Kabupaten Lebak, Banten. Kami mungkin hanya berjalan sedikit ke dalam hingga menemukan desa-desa Suku Baduy Luar tersebut.

 

 

 

Dan saat kami menemukan desa itu, kami tak menyangka akan seindah ini desanya. Kami terpukau dengan keindahan pemandangan, rumah-rumah dari bambu. Kami pun mulai berfoto-foto, mulai melihat-lihat. Dan ternyata orang-orang disana pun sangat ramah pada kami! Kami pun tambah bersemangat untuk menjelajahi lebih dalam lagi! Lihat! indah kan desa ini?!

 

img_5509

 

Ternyata, di dalam rumah-rumah tersebut mereka menjual kain-kain buatan tangan mereka sendiri. Kain-kain tersebut melambangkan kebudayaan daerah ini. Kainnya pun bermacam-macam bentuk juga! Wah sangat menarik ya!

 

Setelah itu, kami pun memasuki sebuah hutan yang katanya Suku Baduy Dalam tinggal di dalam sana. Namun sebelum itu kami masih mendalami desa Suku Baduy Luar ini, kami berfoto-foto dengan orang-orang sini. Kami sangat terpukau dengan kebudayaan orang sini serta pemandangannya. Dan lebih terpukau lagi ketika kami mengetahui bahwa mereka tidak boleh menggunakan listrik di dalam rumah mereka melainkan mereka hanya mengandalkan cahaya/sinar matahari pada siang hari. Sangat hebat bukan! Tidak ada lagi yang seperti ini kalau bukan di Indonesia!

Well, kami mulai memasuki hutan untuk ke Desa Suku Baduy Dalam, namun saat seperempat jalan, mulai hujan sedikit demi sedikit, jadi kami hanya sampai di jembatan yang dibuat untuk menyeberangi sungai untuk mencapai desa Suku Baduy Dalam ini.

img_0801

 

Setelah itu, kami pun mulai kembali ke mobil kami dan mulai kembali ke Jakarta dengan perasaan yang sangat gembira dan senang. Kami bercerita-cerita ria dengan keindahan Suku Baduy ini. Walaupun kami belum bisa sampai ke Desa Suku Baduy Dalam ini, kami tetap senang. Mungkin kami akan merencanakan untuk balik ke tempat ini dan menyusuri ke Desa Suku Baduy Dalam.

Inilah ciri khas Indonesia yang membuat kami bangga terhadap Indonesia.

Inilah ciri khas Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain.

img_5522

 

Kami tak sabar untuk menjelajahi bagian Indonesia yang lain!

 

 

 

 

 

Well, Thank you so much for Suku Baduy for unforgettable moment! See you again, soon!

Leave a Reply