Menyendiri di pulau tak ber penghuni

Pernah gak sih punya ke inginan buat tinggal sendirian for couple of days di pulau yang literally gak ada penghuni nya? Well, i’ve been there and done that.

fullsizerender-7

img_1123  So, here’s the begining of the story.

beberapa tahun lalu gue dan beberapa temen gue merencanakan buat ke Pulau Kenawa setelah ngeliat dan denger langsung cerita salah satu temen yang udah pernah ke Pulau Kenawa dia ngasih liat foto dan video selama di pulau tersebut yang buat gue amaze dan gak nyangka sama sekali kalo di Indonesia ada Pulau yang gak berpeghuni, sangat alami dan amazingly beautiful, yang plan awalnya kita mau sailing trip ke Taman Nasional Komodo langsung berubah ke Pulau Kenawa semenjak ngeliat dan ngedengerin cerita temen gue tersebut and then, we decided the date, making ittineraries and some other things to meet the untouched beauty of Pulau Kenawa.img_1387-1465 img_0733 file23 file3

fullsizerender-3fullsizerender-5

Akhirnya hari yang di tunggu-tunggu pun tiba, gue dan rombongan ketemu di Bandara Internasional Lombok sesuai dengan itinerary yang sudah di buat sesampainya di Pulau Kenawa gue literally amaze by the beauty of pulau Kenawa since then i dare myself buat nyobain balik lagi kepulau ini sendirian dan ide gila gue itu tiba-tiba jadi kenyataan gitu aja.

jadi waktu itu gue gak ada plan sama sekali buat menyambut tahun baru dimana dan lagi iseng-iseng buka website yang jual tiket psawat dan tanpa pikir panjang gue langsung beli tiket pesawat jakarta – lombok tanggal 30 Desember 2015 tanpa ada fixed plan at all gue mau kemana aja dan berapa lama and suddenly my crazy idea just pop up into my head and then i’m definietly good to go tanpa ngasih tahu siapupun tentang plan gue itu either my parents and family didn.t have any clue where i’m going. fullsizerender-8Akhirnya gue berangkat dan waktu itu gue ambil flight paling pagi dan sampai ke Lombok gue langsung beli tiket damri ke daerah kota waktu itu tiket bus damri dari Bandara Internasional Lombok ke pool damri yang di sweta masih Rp. 25.000 selama perjalanan dari BIL ke pool damri di cakra gue save my energy buat prepare myself for the journey ahead sesampainya di pool damri gue langsung naik ojek ke daerah mall mataram soalnya waktu itu gue sempet cari-cari tahu travel yang ke arah sumbawa adanya dimana dan dapetlah salah satu travel agent di belakang mall mataram dengan biaya ojek Rp. 15.000 pool damri sampai ke mall mataram gue langsung ke travel agent itu dan untungnya waktu itu masih ada 3 seat kosong dan gue langsung ambil 1 seat yang ke Sumbawa besar tapi gue turun di pelabuhan pototano waktu itu harga mobil travelnya Rp. 120.000 sampe Sumbawa Besar include tiket nyebrang dari pelabuhan kayangan ke pelabuhan pototano sumbawa barat.

Sesampainya di pelabuhan pototano gue niat awalnya ke tempat bapak yang dulu nyewain kapal pas gue sama temen-temen gue ke pulau Kenawa tapi pas di tengah jalan gue di tawarin sama bapak-bapak yang punya kapal sendiri dengan harga yang jauh lebih murah dari harga yang sebelumnya dan gue dapet harga Rp. 150.000 pp yaudah tanpa pikir panjang gue langsung deal sama bapak itu tapi sebelum naik ke perahunya buat nyebrang ke Pulau Kenawa gue sempetin dulu belanja makanan buat bekal gue selama di Pulau Kenawa berhubung gue gak bawa camping gear and cooking stuff gue cuma beli roti dan sempet beli nasi buat makan nanti malem hari itu setelah belanja makanan gue langsung balik lagi ke bapak yang kapalnya bakal gue naikin dan disitu si bapak mulai bingung dan nanya gue nanti ada yang nyamperin apa engga gak mungkin sendirian terus gue bilang aja ke bapaknya engga pak saya sendirian aja lagi pengen sendiri hahaha dan si bapak gak nanya apa-apa lagi cuma nanya kapan mau di jemput pulang dan berminat gak buat keliling di sekitaran pulau Kenawa dan waktu itu gue gak ada pikiran sama sekali buat keliling pulau lain gue cuma pengen ke Pulau Kenawa aja. perjalanan dari pelabuhan pototano ke pulau kenawa cuma memakan waktu kurang-lebih 30 menit dan pas nyampe pulau kenawa gue agak sedikit kecewa dengan adanya perubahan di dermaganya yang dulunya pas gue kesana cuma pake kayu sekarang udah di beton dan lebih kokoh padahal dermaga yang dulu lebih bagus dan posisinya jauh leih pas dibanding dermaga baru tapi yaudahlah mungkin orang-orang yang ngebangun berasumsi kalo di ganti sama yang baru biar semakin menarik pengunjung buat datang ke Pulau Kenawa. fullsizerender-4

Nyampe di pulau kenawa hal pertama yang gue lakuin setelah naro tas dan makanan adalah langsung nyebur ke laut tanpa pikir panjang dan tanpa pake apapun toh di pulau itu cuma gue sendirian hahaha gue berenang dan snorkling sampe puas kayaknya kalo gak laper gak bakal naik-naik dari lautnya Kenawa. abis renang gue langsung makan and then baca bucu di pinggiran pantainya sambil nungguin sunset. selama di pulau kenawa sendirian gue ngedapetin banyak banget pencerahan dan ide-ide gila lainnya yang mau gue make it happen. malam pun datang dan sebentar lagi tahun udah mau ganti gue malem itu cuma di temanin sama layar handphone and then i’ve statrting to talk to myself and be thankful for what i’ve already had and what i’m going to do next. Tahun baru an di pulau gak ber[enghuni sendiria ngebuka pikiran gue banget dan ngedorong gue buat lebih independent, adaptable and be grateful.

img_1133 img_1134 img_1136

pasti di pikiran kalian apa sih yang ngedorong gue buat sendirian di pulau gak ada penghuninya terus ngapain aja dan emang gak takut sendirian? well, the answer is simple galau itu bisa bikin orang-orang ngelakuin hal-hal yang gak pernah di pikirin sama sekali hahaha (possitive one ya) and since then gue lebih sering jala-jalan sendirian dan sering banget ke daerah sumbawa barat tanpa ngajak dan ngasih tau siapapun soalnya gue pengen ngerasain hal-hal yang baru yang bisa ngebentuk gue dan ngajarin gue tentang kehidupan dan gue sangat berterima kasih sama Pulau Kenawa yang udah ngasih gue pembelajaran dan pengalaman yang sangat berarti dna ngebentuk gue sampe sekarang ini dan Pulau Kenawa gak bakalan pernah bisa gue lupain till my last breath.

total pengeluran gue selama ke Pulau Kenawa gak lebih dari Rp. 1.200.000 termasuk tiket pesawat Jakarta – Lombok dan itu gue udah balik lagi ke Lombok.

“Thank you so much Pulau Kenawa for the beauty, experience, and lesson i own you more than i can imagine”

A small town-kid trying to find his place in the world whose only been around for quarter half century and there's so much left for him to explore and learn.