Mie Loncat yang Bikin Kangen

Selamat ulang tahun kami ucapkan..
Selamat panjang umur kami doakan..

Itulah sepenggal lagu selamat ulang tahun.
Saat anda berkunjung ke kampung halamanku di kota Singkawang Kalimantan Barat terkenal dengan wisata kuliner “Mie Panjang Umur”. Seperti namanya, mie ini melambangkan usia panjang yang selalu dilimpahi kesehatan serta rejeki.
Mie ini biasa disajikan saat seseorang berulangtahun atau merayakan tahun baru Imlek. Tradisi memakannya adalah menggunakan sumpit, memasukkan mie dari ujung ke ujung alias tak terputus, dan kemudian dikunyah.

Saat perayaan tahun baru,makan mie bersama keluarga

Berbicara tentang mie maka di Singkawang ada salah satu pabrik membuat mie panjang umur ini. Yaitu pembuatan Mie Sua Asin Bunga di Jalan Kridasana Nomor 33 . Membuat Mie panjang umur tak bisa disamakan dengan mengolah kue yang bisa diselesaikan hingga malam hari. Lantaran mie ini, memerlukan sinar matahari juga selain alat pemanas yang telah disediakn

Bahan utama pembuatan mie adalah tepung terigu dan telur. Cara membuatnya, bahan utama dan bahan-bahan lain dicampur, dijadikan adonan, dibentuk panjang-panjang, dan dijemur.

Proses penjemuran mie dibawah sinar matahari

Saat kamu berkunjung ke Singkawang, banyak ragam kuliner yang terbuat dari olahan mie, di antaranya mie asin, mie tiau asu, mie kering, dan lain2.

Salah satu yang mudah ditemui dan sangat ramai pengunjung ialah Bakso Sapi Bakmi Ayam 68. Bakmi kesukaanku. Kedai tersebut berlokasi di Jalan Pangeran Diponegoro nomor 68.

Salah satu yang unik di sini,yaitu sang koki memasak mie tersebut sambil dilempar-lempar ke atas. Oleh karena itu mie tersebut terkenal di masyarakat dengan sebutan mie loncat.

Trik melempar mie selama pembuatan mie tersebut bukan semata-mata untuk atraksi mengundang pembeli, namun karena tekstur mie buatannya sangat lengket ketika dibuat.
Bakso Sapi Bakmi Ayam 68 sangat ramai dikunjungin orang apalagi kalau saat perayaan Cap Go Meh maupun sembayang kubur dimana banyak yg pulang ke kota Singkawang. Tidak jarang terjadi antrin untuk makan. Sambil mengantri sambil menyaksikan atraksi melempar mie. Perlu diketahui juga Bakmi ini adalah makanan halal.

Walaupun dilempar keatas,tapi mie tidak pernah terjatuh. Pasti tertangkap.

Ingat kampung halamanku,jadi pingin makan mie ini. Dijamin pasti akan membuat ketagihan dan pingin nambah lagi . Waktu mengantri jadi terbayar dengan kelezatan kuliner mie khas Singkawang. #IngatKampung

Leave a Reply