Asal Usul Nama Minangkabau

Minangkabau

Kampungku terletak di Nagari Minangkabau, Kecamatan Sungayang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Desaku adalah tempat di mana sejarah nama Minangkabau sebagai satu suku terbesar di Indonesia berasal. Ceritanya begini:

Zaman dahulu kala, Kerajaan Majapahit akan datang menaklukan Kerajaan Pagaruyung yang menguasai wilayah sumatera barat dan sekitarnya. Raja pada saat itu beserta penasehatnya berunding untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya  peperangan yang dapat berakibat menyengsarakan  rakyat. Akhirnya mereka mendapatkan solusi. Ketika pasukan dari Kerajaan Majapahit datang, raja pun membuat kesepakatan dengan mereka. Raja menawarkan agar peperangan diganti dengan pertandingan antar kerbau. Jika kerbau dari Kerajaan Pagaruyung menang, maka pasukan Kerajaan Majapahit dapat pulang dengan selamat, sedangkan jika Kerajaan Pagaruyung kalah maka Kerajaan Pagaruyung dinyatakan takluk atas Kerajaan Majapahit.

Maka, diadakanlah pertandingan di sebuah desa. Pasukan Majapahit memilih kerbau besar sedangkan Kerajaan Pagaruyung memilih kerbau kecil unyuk dipertandingkan. Namun, Kerajaan Pagaruyung memiliki taktik tersendiri. Kerbau kecil tersebut tak diberi susu dari induknya agar kelaparan. Kemudian pada tanduk kerbau tersebut diberi besi yang tajam yang disebut dengan nama Minang.

Cerita Lain: Pilihan Destinasi di Bali Utara

Ketika pertandingan terjadi, kerbau kecil yang kelaparan  melihat kerbau besar sebagai induknya kemudian berlari menyusu pada kerbau besar. Kerbau besar pun mengerang kesakitan karena tanduk kerbau kecil menusuk perutnya. Alhasil Kerajaan Majapahit kalah. Sejak saat itu desa tempat diadakannya pertandingan diberi nama desa Minangkabau yang berasal dari kata Minang (tanduk besi) dan kabau (kerbau). Yang mana nama tersebut juga menjadi nama Suku Minangkabau, salah satu suku terbesar di Indonesia.

Cerita Lain: Rafting Menyusuri Sungai Ayung di Ubud

#ingetkampung

 

 

1 Comment

Leave a Reply