Nikmati Percikan Air Panas dari Patung Mulut Naga di Holy Hot Spring Banjar Bali

JEJAKLANGKAHKU – Satu lagi tempat wisata menarik di Bali Utara, tepatnya berada di desa Banjar, Singaraja Bali adalah Pemandian Air Panas atau yang dikenal dengan nama Holy Hot Spring Banjar. Jadi, berwisata ke daerah Pantai Lovina selain bisa menikmati kelincahan lumba-lumba di pagi hari, maka saat siang atau sore harinya pun kita bisa me-rileks kan tubuh dalam percikan air panas yang mengucur dari beberapa patung mulut naga yang ada di setiap kolamnya.

pemandian-air-panas-banjar-bali-1
Kolam Pemandian Air Panas di Banjar, Bali Utara

Lokasi pemandian air panas inipun berada sedikit menjorok ke arah dalam dari jalan utama di Pantai Lovina. Dari pinggir jalan bisa nampak papan namanya yang mengarahkan perjalanan kita untuk berbelok ke kiri dan masuk sekitar kurang lebih 5 menit perjalanan menggunakan mobil. Tepatnya, lokasi ini berada sekitar 25 km dari pusat kota Singaraja atau sekitar 80 km dari kota Denpasar, lumayan jauh sih bro sis, jadi saran saya kalau bisa sekalian menginap di area Pantai Lovina ini agar beberapa spot wisata yang ada di sekitar sini bisa sekalian dikunjungi.

pemandian-air-panas-banjar-bali-2
Kolam Pemandian Air Panas di Banjar, Bali Utara

Oiya, pemandian air panas ini mulai buka sejak jam 8 pagi dan tutup jam 6 sore dengan harga karcis masuk Rp 5.000 untuk orang dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak. Hmmm..lumayan murah ya, padahal yang masuk ke sini saat kunjungan kemaren mayoritas adalah turis asing, cuma saya sendiri nih yang turis domestik. Ini membuktikan bahwa wisata pemandian air panas Banjar ini memang sangat menarik dengan fasilitas yang sudah cukup lengkap dan bersih sehingga banyak diminati wisatawan asing, wew !

pemandian-air-panas-banjar-bali-4
Pose dulu ah sebelum nyebur

Saat memasuki area kolam air panasnya, maka akan kita jumpai kolam air panas yang pertama yang berada disisi bagian atas dan akan mengalirkan air panasnya ke sisi kolam yang ada di bagian bawahnya. Nah kolam pertama ini ukurannya tidak terlampau besar dengan bentuk kolam yang memanjang. Di sisi bagian kiri kolamnya terdapat 8 (delapan) buah patung kepala naga yang masing-masing menyemburkan air panas dari mulutnya. Kedalaman kolam pertama ini hanya berkisar 1 (satu) meter saja sehingga sangat cocok menjadi tempat berenang ataupun berendam badan bagi anak-anak.

pemandian-air-panas-banjar-bali-5
Warna Air Kehijauan di Pemandian Air Panas Banjar, Bali Utara

Kolam air panas yang ke-2 berada tepat di bawah kolam air panas pertama dengan ukuran yang lebih besar yaitu berkisar 10 x 12 meter, dimana juga terdapat patung kepala naga sejumlah 5 (lima) buah patung yang masing-masing mengeluarkan aliran air panas dari mulutnya. Nah kedalaman kolam ini bervariasi ya gaes, mulai dari yang paling dangkal dibagian pinggirnya berkisar 1 (satu) meter hingga semakin dalam ke arah sisi kolam lainnya yaitu mencapai 2 (dua) meter. So, kalo gak bisa berenang, mendingan berendam aja di bagian dangkalnya.

pemandian-air-panas-banjar-bali-6
Cafe, Resto & Toko di Kawasan Pemandian Air Panas Banjar, Bali Utara

Dan, ternyata masih ada kolam ke-3 lagi sodara-sodara yang sayangnya tidak sempat saya kunjungi karena keterbatasan waktu. Kolam ke-3 ini infonya berada disisi bagian bawah dari kolam pertama dan kedua tadi, tapi dengan jumlah patung kepala naganya hanya 3 (tiga) saja namun berada di ketinggian berkisar 3,5 meter dari permukaan air kolamnya. Nah karena aliran pancoran airnya lumayan tinggi, mandi di kolam ini jadi lebih berasa percikan airnya di badan karena jatuhnya aliran air pasti akan lebih keras dan berasa di badan., lumayan kan bisa jadi pijat refleksi alami buat punggung dan tubuh.

pemandian-air-panas-banjar-bali-7
Bisa Belanja Aneka Souvenir di Pemandian Air Panas Banjar, Bali Utara

Oiya, bagi kamu yang gak suka berenang ataupun berendam, disini juga tersedia fasilitas restoran dan cafe ataupun juga bisa sekalian menikmati SPA dan massage-nya. Enjoy your day !

pemandian-air-panas-banjar-bali-3
Nyebur Kaki di Kolam Pemandian Air Panas Banjar, Bali Utara

– Kita INDONESIA KEREN –

Sumber : jejaklangkahku.com

My name is Jejaklangkahku & I am Indonesian Hero !

Leave a Reply