NIKMATI SENSASI SALJU DARI BUNGA KASNA

Post

Buat kalian yang suka travel ke tempat-tempat yang menyegarkan atau ingin ke luar negeri tapi sangat jauh misalnya Korea yang udaranya begitu sejuk. Ingat guys negeri kita Indonesia masih banyak wisata alamnya yang begitu menakjubkan sekaligus menyejukkan. Contohnya saja seperti foto di bawah, kalian tahu itu dimana? Mungkin masih banyak yang belum tahu, tempat itu adalah padang/kebun bunga Kasna yang berlokasi di Desa Temukus, Rendang Kabupaten Karangasem Provinsi Bali.

Ya mungkin bisa di bilang terpelosok dari destinasi wisata-wisata yang terkenal di pulau Bali. Tapi karena begitu menawan tempat ini sangat recommended untuk dikunjungi. Awalnya tumbuhan bernama Kasna ini hidup liar di sela bebatuan puncak Gunung Agung(Gunung api terbesar di pulau Bali), lama kelamaan di tanam dan di budidayakan oleh warga di lahan sekitar rumah mereka yang nantinya dijual untuk bahan pelengkap sarana persembahyangan Umat Hindu. Tak heran juga tumbuhan ini tumbuh subur di Desa Temukus, hal ini dipengaruhi oleh iklim dan suhu yang dingin, terang saja karena letaknya di dataran tinggi dan dekat dengan Gunung Agung.

sumber: objekwisatadibali.com

Banyak orang yang menganggap bunga Kasna seperti salju, mungkin karena warnanya yang putih dan segar. Jadi bisa dibilang kalian akan merasakan suasana di Desa Korea disini hehe. Bunga ini juga dijuluki Edelwiss Bali. Dan di sebut bunga pemberian Dewa di kaki Gunung Agung. Konon pada zaman dahulu, masyarakat meminta kepada Sang Hyang Widi sesuatu yang indah, tiba-tiba saja muncul bunga yang berwarna putih lalu oleh masyarakat bunga tersebut ditanam di bawah kaki Gunung Agung dan akan dipanen 6 bulan sekali menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan.

Nah tips untuk kalian juga yang ingin berkunjung ke padang bunga Kasna agar mendapatkan waktu yang pas saat Kasna sedang bermekaran, kalian tinggal pergi di Bulan dan Hari yang pas yaitu sebelum musim panen tiba. Biasanya hari bagusnya dua minggu atau seminggu sebelum Hari Raya Galungan Umat Hindu berlangsung, kalau sudah di hari H atau setelah lewat hari H, banyak kebun yang sudah di panen, alhasil kalian tidak akan dapat view foto yang bagus, mungkin ini cukup sulit karena Bunga Kasna hanya panen dua kali dalam setahun. Lalu jangan lupa untuk menjaga keindahan dan kelestariannya, karena Bunga Kasna juga makhluk hidup, jangan sampai merusaknya ya perhatikan selalu langkah kaki kalian.

Kemudian untuk mencapai padang ini memang butuh perjuangan karena harus melewati banyak jalan yang bercabang. Namun, bertanya kepada warga lokal ketika sudah sampai di Pura Besakih(tempat persembahyangan sekaligus tempat wisata dekat Gunung Agung) akan sangat membantu untuk mencapai Padang Kasna. Jangan khawatir, masyarakat di sekitar sudah sangat mengenal keberadaan tempat ini. Selain itu, mereka juga akan dengan senang hati membantu para wisatawan yang datang. Apalagi, Bali sebagai destinasi wisata populer dikenal dengan keramahan para masyarakatnya. Sebagai tambahan, selain Padang Bunga Kasna ini, ada juga tempat serupa yang tidak kalah menariknya, yakni padang bunga Marigold. Sepanjang perjalanan kalian akan disuguhi pemandangan perkebunan para warga seperti bunga-bunga untuk sesembahan, udara yang begitu sejuk dan dingin, kesunyian desa yang masih asri, ya sangat cocok untuk melepas penak dari hiru pikuk perkotaan.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian sebagai tujuan destinasi baru dari tempat-tempat yang sudah dikunjungi dan liburan setelah aktivitas sehari-hari. Rasakan sensasinya!!

Oleh: Novita Riyani (081339574406)

Karangasem, Bali

Apa kata heroes lainnya?

You must be logged in to post a comment.