Nikmatnya Pisang Goroho di Danau Linow

Danau Linow Photo

Salah satu tempat favorit saya di Sulawesi Utara adalah Danau Linow. Danau yang terletak 35km dari Kota Manado ini memiliki kecantikan tersendiri. Dengan warna hijau toskanya yang membius setiap pengunjung membuat kita serasa bukan di Indonesia.┬áCara paling mudah untuk mencapai Danau Linow adalah menyewa mobil dari Manado, kalau ramai ramai tentunya lebih murah ­čÖédanau-linow-mapSetelah kira kira 1,5 jam perjalanan dari kota Manado, sampailah kita di Danau Linow. Setelah membayar tiket masuk sebesar Rp. 25.000/orang, kita pun segera berloncatan keluar dari mobil, untuk

… pipis.

Aroma belerang yang tidak terlalu kuat mulai tercium. Kata mas guide kami, bau belerang ini berasal dari letusan Gunung Mahawu yang terjadi ratusan tahun yang lalu. Namun, tenang saja, menurut saya bau belerangnya tidak sekuat bau belerang di Kawah Putih kok.

Toilet umumnya terletak di area parkir, bersih terawat dengan seat toilet dan wastafel. Semoga sampai sekarang kebersihannya tetap terjaga.  Setelah menyelesaikan urusan toilet, sayapun tak sabar untuk segera melihat lihat danau Linow.

Sebelum mendekati Danau Linow, mata saya menangkap satu scene di sebelah toilet yang sampai sekarang menjadi favorit saya:
swiss view di Danau Linow pic
Cantik kan? Kayak di Swiss :))

“Nanti tiket masuknya ditukar dengan welcome drink ya di dalam. Bisa pilih kopi atau teh”, kata Ken guide kami.

Mendengar kata kopi, saya makin semangat dan mempercepat langkah saya. Kan enak tuh ya dingin dingin minum kopi panas sambil liat danau. Di samping Danau Linow dibangun restauran dengan pemandangan yang luar biasa indahnya. Tentunya area favorit saya adalah duduk di kursi kayu yang dinaungi pohon, supaya dapat menikmati view tanpa terhalang orang lain, seperti ini:
area-kursi-kayu-favorit

Udara yang segar dan dingin membuat perut meminta untuk diisi yang hangat hangat. Saya pun memesan kudapan khas Sulawesi Utara, pisang goreng sambal roa (kiri) dan pisang goroho (kanan) seharga Rp.20.000/porsi.
pisang-goreng-sambel-roa-dan-pisang-goroho di danau linow img
Lidah saya mulai berusaha menerima rasa manisnya pisang bercampur dengan rasa pedas yang berasal dari sambal roa. Lama lama rasanya enak dan lidah saya bisa menerimanya!

Ohya, harga makanan dan minuman di sini sangat wajar. Jadi paling pas kalau lunch di pinggir Danau Linouw. Meskipun dekat dengan Tomohon yang terkenal dengan makanannya yang sadis, thanks God menu di restoran Linow masih normal:
menu-di-danau-linow

Kegiatan favorit saya di sini adalah membaca buku, menulis, sambil sesekali memandang warna danau yang membuat hati adem. Sebelum kembali ke area parkir, saya menyempatkan diri untuk menuruni beberapa anak tangga menuju ke pinggir danau. Ternyata dilihat dari dekatpun sangat cantik.
Area bawah Danau Linow Img
Hati hati ya jangan sampai nyemplung karena air danau belerang ini tidak bagus untuk kulit. Setelah dari Danau Linow, kamu bisa mampir juga ke Danau Tondano, lihat di peta di atas, letaknya cukup dekat. Danau Tondano sangat besar dan cantik, tapi favorit saya adalah Danau Linow. Mau coba makan pisang goroho dan sambal roa? Yuk!

Travel blogger dan juga animal lover. Selalu bawa dog food di tas. Paling seneng ngasih makan anjing atau kucing liar di jalan. Makin seneng kalau yang dikasih makan mau dielus elus ­čÖé

Leave a Reply