Packing Backpacker ala Simple dan Murah

 

 

Halo sahabat KITAINA!

img_20170224_073725_1487897810140

Namaku Lia, aku adalah mahasiswi jurusan Teknik Mesin di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”Jakarta. Sebagai anak muda, siapa sih yang tidak ingin menghabiskan masa mudanya dengan hal yang positif? dan siapa sih yang tidak ingin meghabiskan masa mudanya dengan explore jalan-jalan?. Bicara jalan-jalan maka ini semua akan selalu ada kaitannya dengan menyiapkan dan membawa segala perlengkapan sebelum berangkat menuju target lokasi.

Baik travelling ala backpacker atau bukan, baik untuk jalan-jalan ataupun tidak. Maka kita harus menyiapkannya segalanya dengan sedetails mungkin agar perjalanan terasa lebih menyenangkan dan worth it. Semua perjalanan akan terasa dengan baik jika apa yang kita bawa akan berguna nantinya, sebaliknya maka akan terasa sia-sia jika apa yang kita tidak butuhkan malah mubazir untuk dibawa.

Simple dan Murah” , menurutku ketika berbicara ‘simple’ maka ini bermaksud perlengkapan perjalanan yang akan kita lakukan akan terasa tidak repot dan ketika bicara ‘murah’ maka sebelum perjalanan kita dapat meminimalisir budget sehingga barang yang akan dibawa juga tidak akan menghabiskan banyak uang, bahkan uangnya dapat kita manfaatkan ketika diperjalanan kita nantinya disana. Maka dari itu sahabat KitaINA aku akan membahas tentang hal wajib yang harus kamu bawa saat travelling ala simple dan murah.

 

Berikut penjelasannya :

Peralatan Tempur Backpackerku
  • Tanda pengenal (ID Card)

Tanda pengenal seperti KTP haruslah tetap dibawa setiap saat. Atau jika kalian yang masih berstatus seperti pelajar atau mahasiswa kalian juga wajib hukumnya membawa kartu ini, karena terkadang akan ada beberapa tempat wisata yang memberikan potongan harga jika kalian masih berstatus pelajar sehingga budget anggaran jalan-jalan kamu akan lebih murah.

Dan jika perjalanan kamu keluar negeri, Passport janganlah sampai terlupakan. Make sure juga persiapkan back up-an dokumen dengan membawa foto copy tanda pengenal agar kamu lebih aman nantinya jika terjadi sesuatu.

Tanda Pengenal
Tanda Pengenal

 

 

 

  • Uang

Uang dan ATM adalah sesuatu hal yang sangat wajib juga hukumnya untuk dibawa, karena tak akan lucu nantinya ketika pergi ke lokasi perjalanan jika kita tidak membawa uang. Karena segalanya butuh uang. Mengenai uang , uang receh ini juga diperlukan karena biasanya saat perjalanan kita akan membutuhkannya, entah itu untuk bayar toilet ataupun memberi kepada pengamen.

img_20170223_092256_hdr_1487822155266
Uang & ATM

 

 

  • Perlengkapan ibadah

Perlengkapan ibadah juga merupakan keutamaan yang seharusnya dibawa saat perjalanan. Contoh bagi kamu yang muslim wajib hukumnya kamu membawa peralatan ibadah seperti sarung ataupun mukena. Karena sebagai umat yang baik, ibarat membawa peralatan yang lain saja mampu, namun untuk membawa peralatan berdoa kepada Tuhan tidak mampu.

img_20170223_092804_hdr_1487822200427
Sarung atau Mukena

 

  • Note Book

Buku catatan ini merupakan salah satu teman perjalanan bagiku yang penting karena dari buku catatan ini aku menjadikannya sebagai ‘ladang tambahan uangku’, karena ketika aku update tempat bagus dimedia sosialku, maka akan banyaknya pula teman yang ingin menitip tulisan sebagai kartu ucapan yang background nya adalah lokasi bagus, sehingga walaupun aku jalan-jalan (red : menghabiskan uang) namun juga nominal di ATM ku akan bertambah, so kalian jangan khawatir ketika kalian kehabisan uang saat diperjalanan ya!.

Selain itu kegunaan buku catatan disini adalah kamu bisa menuliskan ide yang terlintas atau hal-hal yang menarik apapun dan kapanpun diperlukan agar tidak “menguap” begitu saja. Karena pada dasarnya disepanjang perjalanan, kamu selalu bisa mendapatkan inspirasi dari hal-hal yang kamu temui.

img_20170223_092905_hdr-2
Buku Catatan

 

  • Sleeping bag

Jika kamu memang benar-benar backpacker sejati dan sangat amat membatasi anggaran kamu. Wajib namanya kamu membawa benda ini, karena sleeping bag akan membantu kamu dalam tidur. Sehingga kamu tidak akan kedinginan atau digigit nyamuk ketika kamu tidur di emperan jalan, atau mushola atau mungkin pom bensin.

Sleeping Bag
Sleeping Bag

 

  • Tempat Minum

Benda ini dapat meminimalisir budget perjalanan kamu loh, percaya atau tidak kamu akan lebih menggunakan tempat minum kamu sendiri dibandingkan kamu membeli minum saat diperjalanan.

Tips tambahan adalah tempat minum kamu haruslah tempat minum yang memiliki sifat termos, sehingga ketika perjalanan kamu di lokasi yang suhunya dingin kamu tetap dapat mengawetkan air minum hangat kamu. Sebaliknya jika kamu berada dilokasi yang mempunyai suhu agak terik maka kamu dapat mengisi tempat minum kamu dengan air yang dingin sehingga tetap segar saat diperjalanan.

Tempat Minum
Tempat Minum

 

  • Carrier yang kuat dan nyaman

Saat memilih keril yang akan kamu pergunakan untuk backpacking, pastikan kamu tidak asal memilih. Sesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran tubuh kamu.

Jika kamu hanya akan melakukan satu hari perjalanan, carrier berkapasitas 30-40 liter saja juga sudah cukup kok. Atau jika kamu ingin mendaki lebih dari satu malam, bawalah yang kapasitasnya 50-55 liter. Kalau hampir seminggu? Keril berukuran 65-70 liter, yang bisa di-upgrade ke 100 liter mungkin bisa jadi pilihan. Jangan ragu mencoba lebih dulu untuk memastikan kamu nyaman memanggul sang keril pilihan.

Tas Carrier
Tas Carrier

 

  • Tas selempang

Walaupun kamu sudah membawa Carrier, Tas yang satu ini penting juga buat kamu bawa, karena kamu tidak mungkin membawa carrier ke mana-mana, kan? Tas selempang bermanfaat untuk menampung barang-barang penting saat menjelajah tempat tujuan. Ini juga berguna jika kamu bepergian dengan pesawat terbang ketika carrier-mu gak bisa dibawa ke dalam kabin pesawat.

Pastikan juga tas selempang yang kamu gunakan cukup kuat dan desainnya benar-benar menjamin keamananmu.

Contoh Tas Selempang
Contoh Tas Selempang

 

  • Merchandise identitas

Bicara perjalanan, maka tidak bisa dipungkiri bahwa kita nantinnya akan menemukan teman baru, bahkan kita bisa saja mempunyai statement bahwa “dunia itu sempit”.

Untuk itu jika kamu memang pernah atau masih tergabung dalam suatu komunitas atau organisasi maka gunakanlah dan pakailah merchandise kamu ( dapat berupa kaos atau gantungan kunci) yang menjadi bukti bahwa kamu tergabung didalamnya. Karena bisa saja ini menjadi bahan obrolan kepada teman baru kamu atau bahkan kamu menemukan orang yang sama juga yang tergabung dalam komunitasmu itu lalu kamu bisa menumpang dirumahnya contohnya. Dan dengan ini kamu bisa berbagi pengalaman, sehingga kamu dapat memilimalisir budget uang kamu karena faktor teman tadi.

Merchandise Identitas
Merchandise Identitas

 

  • Pelindung kepala,topi atau pashmina

Kain ini juga dapat multifungsi loh, karena selain bisa dijadikan pelindung kepala,kerudung atau selimut, pashmina juga dapat digunakan sebagai alas duduk. Sehingga ketika kamu melakukan perjalanan tidak perlu menyewa tiker untuk duduk ( karena hal ini akan menambah pegeluaran kamu). Namun jika kamu tidak mempunyai pashmina ini bukan masalah, kamu dapat menggunakan topi atau buff sebagai media untuk melindungi kepala dan rambut kamu.

Pelindung Kepala
Pelindung Kepala

 

  • Camilan darurat
    Ada banyak kejadian dimana kamu merasa lapar dan tidak bisa menemukan satupun toko makanan. Saat kondisi darurat, camilan seperti roti, biskuit dan cokelat yang kamu simpan di dalam tas, bisa mengganjal perut untuk sementara waktu. Atau mungkin jika perjalanan kamu penuh tantangan dan menguras energi maka kamu dapat membawa gula merah, karena gula merah dapat memberikan stamina yang ekstra dalam perjalanan kamu.
  • Cemilan
    Cemilan

 

  • Pakaian Secukupnya

Kamu dapat membawa pakaian seperti kaos, jaket, celana panjang dan celana pendek misalnya. Namun , jika kamu tipe yang tidak mau repot dan berat membawa banyak barang, kamu dapat menambahkan peralatan cuci , I mean membawa pewangi baju untuk direndam nantinya. Agar bisa gonta-ganti baju tanpa membawa bawaan tas yang berat. Dan tips untuk Pakaian dalam adalah beli pakaian dalam disposable supaya tidak memberatkan bawaanmu serta menghindari cucian berlebihan.

Pakaian
Pakaian

 

  • Kain chamois ( kanebo )

Barang lain yang wajib kamu bawa saat bepergian adalah toiletries alias peralatan mandi ( seperti sabun, shampoo dan sikat gigi )dan perawatan tubuh. Mungkin kalau kamu menginap di hotel berbintang yang menyediakan perlengkapan mandi gratis, tidak perlu membawanya sendiri dari rumah. Tapi bagimana jika kamu harus bepergian sebagai seorang backpacker yang menginap di hostel sederhana yang tidak dilengkapi dengan fasilitas toiletries? Ribet kan?.

Tips dari aku adalah kamu dapat membawa kain chamois atau kain kanebo sebagai pengganti dari handuk, selain dia cepat meresap dan kering. Kain ini juga simple dan kecil jadi tidak memakan tempat yang banyak.

Pengganti Handuk ( Kain Chamoist)
Pengganti Handuk ( Kain Chamoist)

 

  • Parfum

Ini merupakan benda yang ampuh bin ajaib jika kamu menemukan tempat tidak layak untuk mandi atau bahkan jika kamu malas, namun kamu ingin terlihat tetap wangi maka kamu wajib hukumnya membawa benda ini. Karena kasihan dong jika orang disekeliling kamu dapat mencium aroma mengganggu yang datangnya dari kamu sendiri.

Minyak Wangi
Minyak Wangi

 

  • Jam tangan

Ada beberapa orang yang tidak suka memakai jam tangan, namun menurutku hal ini harus dipaksakan untuk dipakai karena ketika kita memakai jam tangan maka kita akan tau estimasi waktu perjalanan kita tanpa melihat handphone, karena terkadang ada situasi dimana kita tidak dapat menggunakan handphone, baik karena keramaian yang mengkhawatirkan kita untuk mengeluarkannya ataupun ketika alat genggam ini lowbat.

Jam Tangan
Jam Tangan

 

  • Kamera plus charger

Yang satu ini memang wajib dibawa apalagi untuk mengabadikan tempat yang kita kunjungi. Kamera yang dibawa bisa kamera pocket maupun kamera DSLR. Sediakan tripod juga jika kamu mempunyai benda ini.

Kamera beserta Keluarganya
Kamera beserta Keluarganya
  • Handphone plus chargernya dan headseat

Kalau ini juga semua pada tahu karena merupakan sarana telekomunikasi untuk berhubungan dengan keluarga, teman kita. Plus tambah headseat jika ingin mendengarkan musik saat bosan.

Handphone, Charger dan Headset
Handphone, Charger dan Headset

 

  • Memory Card tambahan
    Kamera tentu tidak akan tertinggal saat liburan. Banyak spot-spot cantik bagi para traveler untuk berpose. Oleh karena itu siapkan kartu memori tambahan agar liburan kamu tidak terganggu dengan memori yang telah penuh.
  • Memory Card
    Memory Card

 

  • Power Bank

Power bank juga wajib dibawa saat perjalanan karena tidak lucu kan ketika handphone mati saat di perjalanan. Bisa-bisa keluarga khawatir. Jadi lebih baik membawa power bank.

Power Bank
Power Bank

 

 

  • Kartu Perdana cadangan

Terkadang ada masanya ketika kita mengalami hambatan dalam sinyal, untuk itu kamu dapat pula membawa cadangan nomer untuk handphone mu. Karena bagaimanapun komunikasi terhadap orang rumah sangatlah penting.

 

Kartu Provider
Kartu Provider
  • Madu atau Lip Balm

    Benda kecil ini paling sering disepelekan traveler, namun ternyata memiliki nilai penting saat traveling. Karena perjalanan pesawat yang lama, berada lama di bawah sinar matahari, dan memakan berbagai makanan khas lokal yang asin dapat membuat bibir kamu kering, serta pecah-pecah.

  • Madu dan Lip Balm
    Madu dan Lip Balm

 

  • Hand Sanitizer

Tidak setiap tempat yang kamu kunjungi menyediakan fasilitas air bersih untuk mencuci tangan. Tapi tenang, di saat-saat darurat seperti kamu tiba-tiba lapar tapi tidak bisa menemukan air bersih untuk cuci tangan, hand sanitizer bisa jadi penolong. Membersihkan tangan dengan gel pembersih ini mungkin tidak seperti mencuci tangan menggunakan air, tapi setidaknya bisa mengurangi bakteri dan kuman yang bersarang di tangan kamu.

Hand Sanitizer
Hand Sanitizer
  • Payung

Kalau payung sebenarnya tidak begitu wajib, namun dalam versiku ini menjadi suatu kewajiban karena kita tidak tahu kondisi cuaca yang kadang berubah tidak sesuai aturan.

Payung
Payung

 

  • Kantong plastik

Penting bagi kamu untuk memisahkan pakaian kotor dan baju bersih yang akan dipakai untuk hari esok,karena jika tidak dipisahkan ini bisa menjadi lembab dan bau. Oleh karena itu, masukanlah pakaian yang telah dipakai ke dalam tas pakaian kotor atau setidaknya kantong plastik.

Kantong Plastik
Kantong Plastik

 

  • Kacamata normal dan sunglasses

Akan ada saatnya perjalanan kamu melewati tempat-tempat yang bagus, namun terlalu banyak debu didalamnya sehingga menyulitkan kamu untuk melihat, untuk itu ada baiknya kamu dapat membawa kacamata normal untuk memudahkanmu dalam menikmati perjalanan. Atau mungkin jika panas dan terlalu terik, maka kamu dapat menggunakan sunglasses.

Kacamata
Kacamata
  • Alas kaki yang nyaman

Jangan sampai kakimu tidak merasakan kenyamanan dalam perjalananmu, untuk itu maka gunakan sepatu yang memang nyaman atau sepatu olahraga, disertai kaos kaki ya jangan lupa. Dan ada baiknya juga kamu membawa sandal jepit karena ini akan memudahkanmu dalam menapakkan langkahmu kemana-mana.

Alas Kaki
Alas Kaki

 

 

  • Gunting kuku

Hal ini dapat menolong kamu, karena ini merupakan alat kecil pengganti pisau serbaguna. Namun perlu diperhatikan jika kamu pergi ke Bandara, jangan sampai membuat barangmu ini malah disita.

Gunting Kuku
Gunting Kuku
  • Barang yang menemani ketika bosan

Aku tipe orang yang mudah bosenan, maka jika aku sudah mulai bosan aku akan mencari suatu kegiatan, seperti contohnya adalah membaca buku, karena itu aku selalu membawa buku bacaan atau bahkan mainan seperti kartu atau benda hiburan lainnya sesuai selera.

Barang yang Menemani ketika Bosan
Barang yang Menemani ketika Bosan

 

  • Obat-obatan
    Perlengkapan P3K berguna bila traveler mengalami kecelakaan kecil. Namun benda ini malas dibawa traveler karena beranggapan apotek dapat ditemukan dengan mudah di kota liburan mereka. Setidaknya bawalah perban, obat merah dan plester untuk mengantisipasi bila terjadi kecelakaan kecil. Karena ujung-ujungnya kalian akan mengeluarkan uang yang banyak juga jika terjadi apa-apa dan kalian tidak membawa P3K sendiri.
  • Obat-obatan
    Obat-obatan

 

  • Tips lainnya

 

Banyak yang tidak tahu dari kegunaannya peniti, jika kamu ragu barang di restlesting kamu dapat mudah dibuka oleh orang, maka gunakanlah peniti di restlesting kamu sehingga ini akan menghambat jika memang ada yang ingin iseng mengambil barangmu. Atau jika kamu mempunyai gembok kecil ini akan lebih baik.

Peniti
Peniti

Selain itu, agar tasmu tidak tertukar dengan tas orang lain yang kebetulan mirip, kamu bisa memasangkan bag charm atau label tag di tasmu.

Label dan Post It
Label dan Post It

Dan jika kamu mau ekstra aman dan hati-hati, kamu bisa melapisi dokumen dan benda berhargamu dengan pelindung tambahan seperti dompet paspor, dompet kartu, pouch, dan sebagainya.

Lindungi gadget dari cipratan air atau benturan selama perjalanan. Untuk melindunginya, kamu bisa memasang casing smartphone atau sarung laptop agar lebih aman.

Inti utama dari berkemas adalah memaksimalkan ruang di tasmmu sembari membuat akses mudah untuk pengambilan barang setiap harinya. Jadi, pastikan kamu membawa barang yang lengkap, namun tidak berlebihan. Selain itu, pastikan kamu juga menyusun barang-barangmu dengan rapi di dalam tas.

Mungkin 30 points tadi sudah dapat membantu kamu ya Sahabat KitaINA dalam berkemas dan semoga penjelasan yang aku berikan dapat meng inspired kamu ya karena ga selamanya berkemas itu menyebalkan kok, kalian dapat mencobanya sekarang!

 

Happy Holiday and Goodluck!

 

Backpackeran saat di Gili Trawangan
Backpackeran saat di Gili Trawangan
Backpacker an saat di Jawa Barat
Backpacker an saat di Jawa Barat
Nusa Tenggara Barat
Bckpacker an di daerah Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Leave a Reply