Perkenalkan, Kampung Halamanku Palembang!

“Pempek lenjer oi pempek lenjer, siapo nyingok pastilah ngiler, pempek lenjer oi pempek lenjer, makan sikok pacak kelenger, Mangcek bicek janganlah lupo, ngawak balek oleh-olehnyo, Pempek lenjer samo cukonyo, kito makan besamo-samo….” sepenggal bait dari Lagu Daerah asal Palembang, yang selalu Aku nyanyikan pada saat lelah di tengah letih perjuangan hidup perantauan. Kota Palembang, Ibukota Sumatera Selatan, tempat dimana Aku dilahirkan dan dibesarkan, menempuh pendidikan dan tumbuh serta mengenal teman-teman masa kecil. Tidak terasa sudah satu tahun lebih merantau, meninggalkan kota lahir itu, hanya untuk membahagiakan keluarga khususnya orang tua serta masa depan. Hidup, di nun jauh di kota perantauan, terkadang membuat ku rindu akan kampung halaman. Sejauh apapun Aku merantau, kampung halaman merupakan tempat terbaik untuk pulang.

Palembang Ampera
Kenangan yang tak terlupakan dan penuh keberanian untuk mengambil foto ditengah perjalanan dari Ulu ke Ilir melalui Jembatan Ampera, Kota Palembang.

Kampung halamanku, kota Palembang merupakan kota tertua di Indonesia yang berumur setidaknya 1382 tahun jika berdasarkan Prasasti Sriwijaya yang dikenal sebagai prasasti Kedudukan Bukit.  Makanan khas di sana berupa pempek dengan kuah cuko, makanan yang menjadi primadona dan selalu dicari oleh pengunjung. Selain itu, terdapat Sungai Musi yang membelah kota ini dari Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dihubungkan melalui Jembatan Ampera. Sebagian warga disana, menggantungkan mata pencahariannya dari sungai tersebut, sedangkan budaya gotong-royong dan kebersamaan masih sangat kental.

Walaupun kotanya kecil, sangat disayangkan hanya sebagian kecil orang-orang dari luar kota hanya mengetahui Pempek dan Ampera. Padahal, masih banyak alternatif tempat wisata dan kuliner dengan harga relatif terjangkau dan perlu dicoba. Berikut daftar aneka kuliner dan objek wisata:

 

Aneka Kuliner

  1. Pempek

    Sebagian Tampilan Kuliner Palembang, Sebagian Lagi Cari Tahu Sendiri Ya? hhe.. dijamin kagak nyesel kalau sudah makan.
    Sebagian Tampilan Kuliner Palembang, Sebagian Lagi Cari Tahu Sendiri Ya? hhe.. dijamin kagak nyesel kalau sudah makan dan murah lagi.
  2. Tekwan
  3. Pindang
  4. Mie Celor
  5. Martabak Har
  6. Laksan, Burgo dan Celimpungan
  7. Tempoyak
  8. Lenggang
  9. Munggahan
  10. Duren
  11. Kerupuk dan Kemplang

 

 

Aneka Objek Wisata

  1. Jembatan Ampera
  2. Bundaran Air Mancur
  3. Pulau Kemaro

    Sebagian Kecil Gambar Objek Wisata Palembang
  4. Taman Wisata Punti Kayu
  5. Bukit Siguntang
  6. Benteng Kuto Besak
  7. Rumah Limas
  8. Masjid Agung Palembang
  9. Museum Alquran Al-Akbar
  10. Air Terjun Lematang Indah dan Gunung Dempo Pagar Alam
  11. Air Terjun Bidadari Lahat
  12. Goa Putri Baturaja
  13. Candi Bumi Ayu Kab. Pali
  14. Kebun Kopi Semendo, Kab Muara Enim
  15. Arung Jeram Sungai Manna Bengkulu
  16. Wisata Danau Ranau

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai kota ini, dapat menghubungi langsung ke Aku dan dengan senang hati, memperkenalkan Kota kelahiranku lebih jauh lagi atau  backpacker bareng aku, dijamin lebih murmer karena dari Jakarta ke Palembang hanya butuh transportasi sebesar Rp 130ribu. Dari Pada Rp 130ribu habis buat nongkrong aja, mendingan ke kota ini aja. Kalian bisa belajar culture, wisata dan jelajah kuliner tentunya. Penasarankan? Bisa semurah itu?.  Makanya, Yuk bareng ke Kota Palembang dan Doakanlah ku cepat kembali, di kampung halamanku. Ingat Palembang, Ingat Kampung Halamanku dan ingat Aku ya!.

Cerita Lain: Tanjung Balai Kota Kerang Kota Kelahiranku

Leave a Reply