Pesona Bahari Di Lampung Selatan

Sebagai negara kepulauan. Tentu kita semua setuju, bahwa indonesia adalah surganya bagi para penikmat wisata bahari. Segala macam aktifitas wisata bahari dapat dilakukan disini, mulai dari snorkling, surfing, diving atau hanya sekedar bersantai menikmati keindahan laut.

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki garis pantai terpanjang nomor dua, setelah Kanada. Menurut data Badan Informasi Geospasial indonesia memiliki luas wilayah perairan 6.315.222 km2 dengan panjang garis pantai 99.093 km2 serta jumah pulau 13.466 pulau yang bernama dan berkoordinat.

Kali ini saya akan membahas salah satu pulau yang memiliki keindahan alam baharinya, yaitu Pulau Pahawang. Pulau ini terletak di provinsi Bandar Lampung, Kecamatan Panduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan.

Untuk perjalanan kali ini, saya menggunakan jasa paket wisata, dengan biaya sebesar rp.585.000,- selama 2 hari 1 malam.

Perjalanan dimulai dari Jakarta. Untuk mecapai kesana, kita bisa naik bus dari terminal Kampung Rambutan, jurusan Jakarta-Merak, tetapi saya menunggu bus tersebut dari Slipi Jaya, karna lebih dekat dari tempat saya bekerja. Biaya yang dikeluarkan untuk bis sebesar Rp.35,000,-. Sepanjang perjalanan Jakarta- Merak saya hanya tertidur, karena jarak yang ditempuh cukuplah lama, sekitar 2,5 jam.

Pukul 23.00 wib saya tiba di pelabuhan Merak , namun perlu anda ketahui kapal yang menyebrang dari pelabuhan Merak sampai pelabuhan bakaheuni ada setiap 1 jam, jadi anda tidak harus berangkat malam karena bisa mengatur sendiri jam keberangkatanya.

Pukul 00:30 wib kapal saya mulai berlayar. Pemandangan laut dan suara ombak , membuat saya ingin segera sampai ketempat tujuan.

Setelah menempuh perjalanan 2 jam, akhirnya kapalnya sayapun berlabuh di Pelabuhan Bakaheuni. Saya pun bergegas dan segera turun dari kapal.

Sampai di Pelabuhan Bakauheni anda jangan senang dulu, karna kita masih harus melakukan perjalanan darat selama 3 jam untuk mencapai ke Dermaga Ketapang. Selama perjalanan saya tidak bisa melihat apa-apa, karena penerangan jalan sangatlah minim, ditambah lagi akses jalan menuju dermaga masih banyak yang berlubang, jadi sangat disarankan untuk anda berhati-hati ketika melintasi jalan tersebut.

“Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian”, pepatah ini sangatlah cocok menggambarkan perjalanan saya kali ini.

dermaga-ketapang
Dermaga Ketapang

Pukul 05.30 wib, saya sampai didermaga. Aktifitas nelayan, udara segar serta barisan perahu adalah pemandangan yang sangat jarang saya jumpai.

Pukul 05.30 wib, saya sampai didermaga. Aktifitas nelayan, udara segar serta barisan perahu adalah pemandangan yang sangat jarang saya jumpai.

Untuk mencapai ke penginapan kita masih harus menempuh perjalanan selama 2 jam dengan menggunakan perahu. Biasanya penginapan yang digunakan adalah rumah warga setempat, namun karena saya menggunakan paket wisata, saya menginap dirumah apung.

Bersenda Gurau Di Pondok Bagoes

This photo is taken by AllWinner's v3-sdv
Bersantai Di Pondok Bagoes

Menginap dirumah apung adalah pengalaman pertama buat saya. Suasana disini sangat nyaman dan tenang.jadi sangatlah cocok untuk anda yang ingin mencari ketenangan dan menjauh dari kebisingan.

Bagian depan dari penginapan bisa digunakan untuk bersenda gurau bersama teman-teman sambil menikmati secangkir kopi.

sunset

Bukan hanya itu, dari sini saya juga bisa menikmati sunset. Pemandangan alam yang sangat luar biasa.

 

Jelajah Pulau

This photo is taken by AllWinner's v3-sdv
Selamat Datang Pulau Pahawang

Yeaahhh…..penjelajahan pulau segera dimulai !!

Hoping island atau istilah dari wisata jelajah pulau menggunakan perahu yang berkapasitas 25 orang.

This photo is taken by AllWinner's v3-sdv

Sepanjang perjalanan mata saya dimanjakan oleh hamparan laut yang sangat bersih. Yang dikelilingi oleh bukit bukit.

Dari atas kapal sangat terlihat jelas karang dan ikan-ikan yang berada dibawah.

Akhirnya saya tiba di spot snorkling, dengan menggunakan alat snorkling seadanya, saya tidak membuang waktu lama untuk menyelam kelaut. Terumbu karang disini sangat indah, kita juga bisa menemui ikan nemo dan masih banyak lagi ikan laut lainnya.

spot-snorkling

Pulau – pulau di kawasan ini juga sangat dijaga kebersihannya, meski ada beberapa pulau yang dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk membuka warung jajanan, anda tidak perlu khawatir tentang kebersihannya. Karena keutuhan dan suasana yang natural masih bisa kita rasakan. Hamparan pasir putih , hutan mangroove dan pohon kelapa yang berjajar mempercantik keindahan panorama pulau-pulau disini.

Nah…untuk anda para penikmat wisata bahari, berwisata ke Pulau Pahawang adalah destinasi yang wajib untuk anda kunjungi. Datang dan nikmati keindahan alam bawah lautnya.

 

Leave a Reply