Pesona Bukit Kapur Bangkalan

Post

IMG_8178
Bukit Jeddih

Pulau Madura yang terkenal dengan garamnya itu ternyata menyimpan pesona wisata yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah bukit kapur. Ada 2 bukit kapur terkenal yang ada di pulau karapan sapi ini. Yaitu Bukit Jaddih dan Bukit Arosbaya. Kedua bukit ini berada di Kabupaten Bangkalan. Kabupaten Bangkalan dapat ditempuh 1,5 jam berkendara dari pusat kota Surabaya melalui jembatan Suramadu. Jalan menuju Bangkalan sangat bagus dan lebar. Jika ingin menuju Bukit Jaddih kita harus belok kiri setelah sampai pusat kota Bangkalan. Sebaliknya, untuk menuju Bukit Arosbaya kita harus belok kanan.

Goa di Bukit Kapur Jeddih img
Goa di Bukit Jeddih

Bukit kapur Jaddih sendiri merupakan kawasan penambangan kapur yang sampai sekarang masih banyak penambang di sana. Karena pemandangannya yang indah, tidak sedikit wisatawan yang datang untuk mengunjunginya. Tempat terbaik untuk melihat pemandangan adalah dari atas bukit. Kita bisa menyaksikan hamparan bukit kapur berwarna putih dengan beberapa lobang bekas penambangan menyerupai kawah. Sangat eksotis dan indah. Tidak direkomendasikan untuk mengunjungi bukit ini di siang hari. Karena matahari sangat terik dan jarang sekali ditemukan pohon di sini membuat suhu menjadi sangat panas.

IMG_8188
Bersama

Saya dan teman-teman mengunjungi tempat ini saat siang hari. Memang, suhu sangat panas membuat kita seakan-akan berada di sebuah savana yang terik. Selain menikmati pemandangan, kita juga bisa eksplorasi goa-goa yang ada di kawasan ini. Ukiran-ukiran yang terbuat dari bekas penambangan sangat menarik. Bila diperhatikan, di dinding atas goa terdapat sesuatu yang menyerupai ikan dengan jumlah yang tidak sedikit. Kami berasumsi mungkin ini dulunya berada di bawah laut.

suasana dalam goa bukit kapur pic
Dalam goa

Saya berkesempatan untuk bertanya kepada salah satu penambang di sana. Rata-rata sehari mereka mendapatkan 200 bata dengan harga jual perbata 500 rupiah. Namun, ternyata jumlah 200 itu merupakan total yang dihasilkan dari 3 orang sekeluarga. Mereka menambang dengan alat seadanya. Menggunakan cangkul dan hanya bermodalkan baju bekas sebagai maskernya. Bahkan ada yang tidak menutup hidung. Semoga ada perhatian dari pemerintah daerah ke depannya.

IMG_8444
Penambang (1)
IMG_8449
Penambang (2)

Berbeda dengan Bukit Jaddih, Bukit Arosbaya sekarang kurang aktif untuk aktivitas penambangan. Hanya sedikit penambang yang kami temui waktu itu. Bukitnya sendiri tidak berwarna putih namun berwarna coklat kemerahan. Menurut saya waktu yang baik untuk datang ke sini adalah siang hari. Karena sinar matahari akan masuk melalui lobang atas goa yang memang banyak terdapat di sini. Sinar ini menambah keeksotisan tempat ini. Kita bisa menjelajah tempat ini dengan berjalan kaki karena sangat luas dan teduh. Banyak lorong-lorong yang akan mengarahkan kita menuju goa-goa eksotis. Sepanjang pathway alami ini kita akan dimanjakan dengan bekas tambang batu kapur yang meninggalkan corak pahatan yang cukup indah. Hampir sama dengan di Bukit Jaddih, hanya beda warna. Namun sayang sekali keindahan ini dirusak oleh tangan-tangan jahil yang mencoret-coret dinding batu dan banyak sampah yang bertebaran.

IMG_8517
Arosbaya (1)
IMG_8554
Arosbaya (2)

Akan sangat bagus apabila ada sentuhan tangan pemerintah agar ke depannya bisa dilakukan pengembangan wisata di 2 bukit eksotis ini. Karena tempat-tempat ini sangat berpotensi untuk dijadikan destinasi wisata unggulan. Selain itu kita juga bisa melihat kota Surabaya dan jembatan Suramadu.

IMG_8433
Narsis di Jeddih (1)
IMG_8420
Narsis di Jeddih (2)
IMG_8247
Narsis di Jeddih (3)
IMG_8337
Narsis di Jeddih (4)
IMG_8502
Narsis di Arosbaya (1)

IMG_8531

How to get there and tips :

  1. Dari Surabaya dengan mengendarai motor/mobil menuju arah utara melewati jembatan Suramadu. Jalan lurus dan aspal mulus akan memudahkanmu. Ikuti saja jalan hingga mentok, lalu belok kiri ke arah Bangkalan. Setibanya di Bangkalan, belok kiri untuk menuju Jeddih dan arah sebaliknya untuk Arosbaya.
  2. GPS akan membantumu, namun jika ragu lebih baik tanya ke orang lokal.
  3. Lebih baik berangkat pagi dan pulang saat sore.
  4. Jika terpaksa berangkat siang, siapkan topi atau lotion dan mantel hujan.

Apa kata heroes lainnya?

You must be logged in to post a comment.