Pesona Bukit Kapur Jaddih

 

keindahan alam yang digabungkan dengan keteraturan yang diciptakan manusia bisa memberikan definisi keindahan tersendiri

Musim liburan panjang telah tiba! Di keluarga saya ada tradisi, kalo libur sudah dimulai, saatnya kita semua berkemas, siap siap pesan tiket, dan pergi ke tempat yang belum pernah kita kunjungi. Biasanya daerah jajahan keluarga saya mecakup area Jawa Tengah, maklum kampungnya lebih deket ke Solo-Jogja dan disana banyak gunung pegunungan adem. Pokoknya bikin demen! Tapi berhubung buat pulang ke kampung halaman  sudah dijadwalkan untuk lebaran, jadilah kita memutuskan untuk jalan-jalan ke pulau Madura. Dan pada kesempatan ini kita sekeluarga mampir ke bukit Jaddih.

Terletak di Bangkalan Madura, bukit Jaddih merupakan bukit kapur yang sampai sekarang masih aktif digunakan sebagai area penambangan kapur oleh warga setempat. Area nya yang luas membuat bukit ini memiliki banyak atraksi yang mengundang perhatian banyak orang.  Perjalanan kita mulai dari kota Surabaya. Dari Surabaya kita melaju ke arah timur dan melewati jembatan Suramadu untuk sampai ke pulau Madura. Untuk menemukan lokasinya tidak sulit, cukup search di google maps “bukit Jaddih” maka kita akan mendapatkan rute yang mudah untuk diikuti hingga sampai ke bukit Jaddih.

Awalnya saya pribadi tidak mengira  kalau lokasi pertambangan cukup bagus untuk dijadikan lokasi wisata, tapi sestelah melihat bukit Jaddih saya harus bilang bahwa keindahan alam yang digabungkan dengan keteraturan yang diciptakan manusia bisa memberikan definisi keindahan tersendiri. Beberapa lokasi di bukit Jaddih ditata sedemikian rupa sehingga memunculkan kesan yang rapi dan aestetik. Pokoknya cocok buat foto ala ala instagram gitu deh! Landscape bukit Jaddih ditata sangat rapi. Ada 2 bagian di sini : Goa Pote yang berada di bawah, terdapat kolam air dan ruang ruang dinding kapur dan bagian atas terdapat tebing tebing tinggi dan bukit kapur.  Ayah saya menghabiskan waktu lebih dari 3 jam untuk memotret berbagai objek disini, saking banyaknya objek, ayah sampai harus berkeliling kesana kemari. Setelah saya dan adek protes karena kepanasan dan jujur takut kalau kulit semakin belang, akhirnya kita berhasil menarik ayah untuk kembali ke mobil dan pulang ke Surabaya.

Yuk lihat hasil foto yang kami kumpulkan di bukit Jaddih!

salah satu telaga air di kawasan Goa Pote

diantara tebing kapur

kawasan bukit Jaddih dari atas

berdiri di samping telaga air

A girl who loves to have a short getaway

Leave a Reply