Pesona Kedung Tumpang Di Selatan Jawa Timur

Siapa yang sangka kalau Tulungagung Jawa Timur menyimpan banyak pantai yang bagus dan keren buat dijadiin destinasi wisata. Pantai yang aku kunjungi adalah Pantai Kedung Tumpang yang berada di Desa Pucanglaban, Tulungagung.

Aku berangkat dari rumah sepupu yang ada di Desa Kalidawir sekitar jam 6 pagi. Selain jauh, jalanan menuju Pantai Kedung Tumpang juga masih sulit ditempuh karena berkelok-kelok.

Kalau dari Kota Tulungagung, para traveler bisa ambil rute ke arah Jepun dan Podorejo sampai ketemu Jalur Lok Songgo. Kemudian ngelewatin desa Demuk sampai ketemu jalan setapak yang menuju Kedung Tumpang.

Setelah sampai di sana, kami masih harus menuruni tebing yang cukup terjal untuk sampai di lokasi utama.
Namun semua itu terbayar saat sudah sampai di lokasi utama Kedung Tumpang.

Setelah melewati medan yang cukup terjal dan sampai di bawah, kami disuguhi pemandangan indah gugusan tebing dan karang. Sebenarnya kurang tepat jika disebut pantai, karena Kedung Tumpang ini memang tidak memiliki hamparan pasir.

Yang menjadi daya tarik wisata Kedung Tumpang ini yaitu adanya laguna atau semacam kolam alami dengan air yang jernih untuk berenang para traveler.
Kolam ini terbentuk akibat gelombang laut yang sangat kuat sehingga melubangi karang dan terbentuklah kolam alami.
Namun para traveler tetap harus berhati-hati, sebab ombak di sana cukup besar.

Oh iya, di Pantai Kedung Tumpang tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Namun kita juga tetap harus menjaga kebersihan dan tidak merusak alam di sana.
Tips buat para traveler yang mau kesana, jangan pakai baju yang ribet, pakai sepatu yang nyaman buat treking karena jalannya agak licin dan jangan lupa siapin air minum.
Jadi, bagaimana?
Sudah siap memasukkan Kedung Tumpang di list destinasi wisata kamu?

Leave a Reply