Pilihan Destinasi di Bali Utara

Baru-baru ini Bali ditetapkan sebagai Destinasi Wisata Terbaik Dunia 2017 Versi Trip Advisor. Tentu saja ini adalah hal yang menggembirakan. Bali tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya namun juga budayanya. Wilayah selatan yang  selalu menjadi pilihan para pelancong serta primadona wisata di Bali.

Tapi Bali masih menyimpan sejuta pesona lainnya. Salah satunya adalah Bali bagian Utara.

Apa saja yang bisa kita kunjungi di Bali Utara. Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi pilihan wisata bila kalian ingin mengunjungi Bali Utara.

  1. Pantai Lovina

Mengawali hari dengan melihat puluhan lumba-lumba di habitat aslinya dijamin akan membuat perasaan kalian bahagia. Hewan lucu ini bisa dijumpai di Pantai Lovina, Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng.

Untuk melihat lumba-lumba, kita akan menaiki jukung yaitu sebuah kapal kecil yang berisi muat untuk 4 orang. Dan jika sedang beruntung kita bisa melihat lumba-lumba melompat-lompat bahkan salto di udara.

Lebih lanjut baca : disini

  1. Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan Bedugul ini sudah tak asing lagi. Kita bisa menemukannya di pecahan uang 50 ribu lama. Di mana terdapat pura terkenal yaitu Pura Ulun Danu di tengah danau.

Berada di pinggir jalan utama Buleleng-Bali membuat lokasi ini mudah ditemukan. Kawasannya yang asri dan berada di ketinggian membuat udara di sekitar Danau sejuk. Ketika berada di sini, kita pasti akan mempertanyakan apakah kita benar-benar sedang berada di Bali. Dikarenakan berbanding terbalik dengan Bali yang terkenal panasnya.

Danau Beratan

Tak jauh dari Danau Beratan kita juga bisa mengunjungi Danau Tamblingan dan Kebun Raya Bali.

Lebih lanjut baca : disini

  1. Desa Pelingpuran Bali

Dinobatkan sebagai salah satu desa terbersih di dunia, Desa Penglipuran ini wajib kamu kunjungi jika sedang mengeksplore Bali Utara.

Kita bisa melihat keunikan desa di mana bangunan rumah di desa berbentuk sama, sangat rapi dan tentu saja sangat bersih. Tidak ada sampah sama sekali.

Tak perlu jauh-jauh ke Arashiyama, Kyoto, Jepang untuk melihat hutan bambu. Kita bisa menjumpai hutan bambu di Desa Penglipuran. Tumbuhan ini tubuh merapat dan melengkung membentuk kanopi indah dan menjadi spot yang instagram-able.

 Lebih lanjut baca : disini

  1. Pulau Menjangan

Keindahan bawah laut Menjangan tidak usah diragukan  lagi. Menjangan yang terletak di dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat terkenal dengan wall diving-nya. Bagi kamu pecinta diving dan snorkeling wajib memasukkan Menjangan ke dalam list.

Biota laut di bawah laut Menjangan sangat kaya, kita bisa menjumpai  koral-koral yang indah dan berbagai jenis ikan, salah satunya si famous Nemo.

foto oleh : setapakkecil

Bila sempat mampirlah, ke Pulau Menjangan. Pulau yang tak berpenghuni ini hanya dihuni rusa yang dilindungi keberadaannya. Kita juga bisa melihat Pura Kwam Im dengan Patung Ganesha yang berdiri kokoh di ujung pulau.

Setelah asyik diving atau snorkeling kita bisa mengunjungi Bali Tower. Di Bali Tower kita bisa melihat keindahan Taman Nasional Bali Barat secara 360 derajat dari atas. Bali Tower berada di Menjangan Resort.

Lebih lanjut baca : disini

  1. Pemuteran

Tak jauh dari Menjangan kita juga bisa menyambangi Desa Pemuteran. Pemuteran juga bisa menjadi pilihan untuk diving dan snorkeling. Desa Pemuteran terkenal dengan Biorock-nya, yaitu ekosistem buatan transplantasi karang yang dialiri dengan listrik. Dan Biorock di Pemuteran adalah yang terbesar di dunia.

Strukrur Biorock Pemuteran (foto oleh: Eunjae)

Di bawah laut Pemuteran kita bisa melihat berbagai bentuk struktur biorock yang dipenuhi dengan karang-karang. Susunan ini indah sekali.  Selain itu juga bisa dijumpai patung arca di dasar laut.

Bila air sedang surut kita bisa singgah ke pulau Gosong Pasir. Pulau ini hanya timbul bila air tengah surut dan hilang bila pasang.

Pulau Gosong

Lebih lanjut baca : disini

  1. Air Terjun Sekumpul

Bali yang terkenal dengan bibir pantai dan keindahan lautnya ternyata masih menyimpan pesona lain. Terletak di daerah pegunungan Desa Sekumpul, Air Terjun Sekumpul tersembunyi. Tak hanya satu kita bisa menjumpai 7 air terjun sekaligus.

Air Terjun Gerombong

Berada di dalam hutan, membuat kita harus treking untuk melihat keindahan air terjun ini. Tapi semua rasa lelah akan terbayar ketika melihat air terjun ini di depan mata. Jutaan kubik air yang jatuh dan partikel air yang beterbangan menjadi sensasi yang luar biasa.

Air Terjun Pamuatan

Lebih lanjut baca : disini

Di atas adalah beberapa pilihan rekomendasi yang bisa kamu kunjungi bila ke Bali Utara. Rasakan pesona lain keindahan Bali di sisi utara.

Kenapa utara? Kenapa tidak. Tunggu apalagi! Let’s explore and travel!

Masih belajar membaca. Membaca dunia.

Leave a Reply