Pulang Kampung, Hal yang Paling Menyenangkan Bagi Anak Perantauan

Pulang Kampung,

Hal yang Paling Menyenangkan Bagi Anak Perantauan

Oleh : Romi Rosadi

Sebuah Caption mengingatkanku bahwa “Bulan Ramadhan adalah Bulan Kumpul keluarga”  saya sangat menyutujui caption tersebut, karena menurutku ketika datang waktu lebaran hanya ada satu kata yang akan menggambarkan sebuah arti menyambut  puasa dengan kumpul keluarga yaitu “Kebahagiaan”.

Kebahagiaan saat menyambut datangnya ramadhan itu tidak akan terasa lengkap apabila ada satu saja anggota keluarga yang tidak datang. Hal itu terjadi tahun ini, Abang yang dari Banda Aceh memutuskan mudik sekitar H+4 ramdhan. Itu artinya kami keluarga besar akan merayakan dan menyambut Ramadhan dengan masih ada kurang anggota keluarga yang belum datang. Namun, semoga kami segera bisa berkumpul dan diberi keselamatan

Mengingat masa lalu bersama Abang pertama, aku terngiang masa kecil bersama saudara-saudaraku salah satunya adalah abangku yang kini belum bisa pulang. Kami 5 saudara ketika kecil sangat antusias menyambut Ramadhan. Ada hal unik yang selalu kami lakukan bersama keluarga dan saudara-saudaraku yaitu ketika setiap menjelang buka puasa di bulan Ramadhan. Seperti masak bersama dan melakukan kegiatan lainnya.

 Kampung halaman itu menyimpan semua kenangan masa lalu, segalanya bermula dari kampung, dan ingin sekali mengulang semua cerita masa lalu itu. Pulang kampung seakan mengingatkan kembali betapa seberapa jauh kaki melangkah mencari ladang penghasilan di kota atau bahkan negeri orang, kita akan selalu memiliki rumah tempat singgah yang memiliki kehangatan yang masih sama, bahkan kadarnya tak larut di makan oleh waktu. Semua itu karena orang tua dan saudara kandung lah yang membuat kekuatan dan semangat pulang kampung selalu ada. Mengikuti alunan lagu sambil mengenang masa kecil dalam belaian dan lagu-lagu syahdu tentang masa depan yang telah tergapai sekarang.

Cerita Lain:  INGET KAMPUNG, INGET TRADISI SEREN TAUN

Kini kubahagia, Alhamdulillah kini kusudah berada di Kampung Halaman yaitu di Aceh Timur Tepatnya di Kapung kuala Beukah, Sungai Raya. untuk sampai ke kampong halamanku harus menempuh waktu 8 jam dengan menggunakan Bus dan biaya sebesar Rp.150.000 menjalankan puasa setiap harinya bersama keluarga tercinta #ingetkampung

Leave a Reply