Pulau Air, Sebuah tempat indah di Jakarta

pulau air

Banyak orang beranggapan bahwa Jakarta tidak punya alam dan tempat wisata  yang indah. Orang-orang beranggapan bahwa di Jakarta hanya ada gedung-gedung pencakar langit, masyarakat yang ramai lalu lalang, serta kemacetan. Tak sedikit orang ingin cepat-cepat berlibur dan meninggalkan Ibu Kota Jakarta ini. Mereka menganggap Jakarta adalah kota yang rawan stress karena tingkat kesibukan kota ini memang sangat tinggi. Orang-orang Jakarta memilih berlibur jauh ke daerah lain untuk menikmati gunung dan laut.

Tapi, tahukah Kamu? Di Jakarta ternyata juga ada tempat wisata yang tak kalah mempesona dibandingkan daerah lain. Di Jakarta juga ada laut yang sangat indah dengan airnya yang biru dan juga ada pulau yang tak kalah dari pulau-pulau indah di Indonesia timur yang memang terkenal akan keindahan lautnya.

Tempat yang saya maksud adalah Pulau Air. Pulau Air termasuk pada kawasan Kepulauan Seribu dimana masih menjadi bagian dari Provinsi DKI Jakarta. Artinya, pulau ini berada tidak jauh dari Ibu Kota Jakarta. Ya benar! Begitu dekat dengan Jakarta. Jadi kamu tidak perlu terbang naik pesawat menuju daerah Indonesia yang jauh untuk menikmatinya.

Perjalanan ke Pulau Air Saya mulai dari pelabuhan Muara Angke. Menumpangi kapal menuju Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu. Biasanya, kapal penumpang berangkat sekitar jam 5 sampai jam 8 pagi dari pelabuhan Muara Angke Jakarta. Jadi, Kamu yang ingin menyeberang ke Kepulauan seribu disarankan untuk datang lebih pagi agar tidak ketinggalan kapal penumpang. Kapal penumpang dari Muara Angke menuju Kepulauan Seribu biasanya adalah kapal Kayu berkapasitas kuranglebih 50-100 orang. Harga tiketnya pun tidak terlalu mahal. Sekitar 40-60 ribu rupiah. Tergantung pulau tujuan kita di Kepulauan Seribu. Selain kapal kayu dari Muara Angke, juga ada alternatif lain yaitu kapal cepat yang berangkat dari Ancol. Tapi tentu saja, harga tiketnya bisa mencapai 3 kali lipat. Cukup mahal untuk seorang backpacker seperti Saya. Makanya Saya memilih untuk berangkat menggunakan Kapal Kayu saja.

Untuk menuju ke Pulau Air, Terlebih dahulu harus menuju Pulau Pramuka. Pulau Pramuka merupakan salah satuu pulau dengan penghuni yang cukup banyak di Kepulauan Seribu. Jadi infrastruktur di Pulau Pramuka sudah cukup lengkap. Saya sarankan Kamu yang ingin mengunjungi Pulau Air Menginap di Pulau Pramuka saja.

Perjalanan pun dimulai. Sekitar 4 jam perjalanan dari Pelabuhan Muara Angke untuk bisa sampai ke Pulau Pramuka. Saya yang biasanya lebih suka ke gunung, merasa perjalanan di kapal ini terasa cukup lama. Kapal kayu yang saya tumpangi cukup penuh dengan penumpang. Tapi bagusnya, mereka sudah menyediakan life jacket atau pelampung untuk para penumpangnya. Jadi saya sedikit lega karena Saya memang tidak jago dalam hal berenang dan cenderung takut air laut.

Dari Pulau Pramuka, Saya menyewa sebuah kapal kecil milik nelayan setempat. Biasanya banyak nelayan yang menawarkan jasa penyewaan kapal. Setelah negosiasi harga menemui kesepakatan, Saya langsung menaiki kapal nelayan dan diantarkan menuju Pulau Air. Saya tidak sendiri kali ini, ada beberapa orang teman yang saya temui di kapal kayu dari Muara Angke yang ternyata tujuannya juga sama dengan Saya.

Pulau Air Kepulauan Seribu
Perjalanan menuju pulau air menggunakan kapal nelayan

Dari Pulau Pramuka, sekitar 30 menit perjalanan dengan kapal, akhirnya kami sampai di Pulau Air. Awalnya saya sedikit tidak percaya kalau ini ternyata berada sangat dekat dengan Jakarta. Airnya berwarna biru muda dan cukup jernih. Pulau Air terdiri dari dua sisi yang ditengahnya kosong dan dilalui kapal. Jadi seperti jalan kapal diantara dua pulau.

Pulau Air Kepulauan Seribu
Air laut berwarna biru muda di Pulau Air. Siapa yang mengira kalau ini ternyata ada di Jakarta

Air yang berwarna biru muda dan jernih ini menggoda Saya untuk menceburkan diri ke laut. Kapten kapal menepikan kapalnya sementara saya mandi dan berenang di Pulau Air ini.

Pulau Air Kepulauan Seribu
Berenang di Pulau Air dengan air yang berwarna biru muda, segar sekali rasanya.
Pulau Air Kepulauan Seribu
Memasang Hammock dan sedikit bersantai di Pulau Air sambil membaca buku
Pulau Air Kepulauan Seribu
Kapal yang lalu lalang diantara dua pulau, perpaduan warna yang bikin mata jadi segar ya.

Nah, sekarang kamu percayakan kalau di Jakarta ternyata jug ada tempat indah yang layak jadi salah satu tujuan wisata kamu. Jangan berpikir di Jakarta hanya ada gedung gedung dan kemacetan saja. Jakarta juga punya laut yang indah lho! Buat kamu yang ingin berkunjung ke tempat indah ini, jangan buang sampah sembarangan ya. Jangan sampai keindahan ini jadi hilang hanya karena sampah yang Kamu buang seenaknya. Tetap jaga keindahan alam kita ini. Salam Lestari! Salam Pejalan (@baratdaya_)

Cerita Lain: Sunset dan Penangkaran Hiu di Kepulauan Seribu

Follow instagram : @baratdaya_ ~ Seorang Pejalan amatir yang tidak tahan untuk tidak menjelajahi setiap jengkal sisi baik dari negeri ini.

Leave a Reply